Thursday, February 2, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga InggrisLoris Karius Pindah ke Jerman dan Tinggalkan Liverpool

Loris Karius Pindah ke Jerman dan Tinggalkan Liverpool

Kabar terbaru yang beredar menyebutkan bahwa Loris Karius telah meninggalkan Liverpool dan bergabung ke Bundesliga. Kiper berkebangsaan Jerman tersebut akhirnya bermain bersama Union Berlin dengan status pemain pinjaman.

Sudah dua musim berlalu dan Karius tidak lagi mengenakan seragam Liverpool. Namun, bukan berarti dirinya vakum di lapangan. Tercatat Karius ikut memperkuat Besiktas dan tampil dalam 67 pertandingan di semua ajang dalam kurun waktu tersebut.

Sepak Terjang Karir Loris Karius

Loris Karius merupakan seorang pemain sepak bola berkebangsaan Jerman yang bermain sebagai penjaga gawang dengan pengalaman yang cukup mumpuni. Karir seniornya dimulai sejak tahun 2012 saat bergabung dengan FSV Mainz 05. Sebelumnya, Karius juga pernah memperkuat tim Manchester City dan Stuttgart pada saat karir juniornya.

Pemain berusia 27 tahun yang lahir pada tanggal 22 Juli tersebut terbukti merupakan salah satu kiper pilihan pertama untuk Bundesliga sebelum akhirnya pindah pada tahun 2016 ke Liverpool dengan mahar 4,75 milion Euro. Selama dua tahun Karius bermain di Besiktas klub Liga Turki sebagai pemain pinjaman.

Debut pertama Karius di Liverpool dimulai saat timnya berhasil menangi di Piala EFL melawan Derby County dengan skor akhir 3 – 0. Sepanjang karirnya sebagai penjaga gawang, Karius berhasi lmempertahankan rekor tanpa kebobolan pertamanya di Liga Premier dengan hasil imbang 0 – 0 saat melawan Manchester United.

Bahkan Jurgen Klopp sendiri pernah menegaskan pada tanggal 24 Oktober 2016 bahwa Karius merupakan kiper pilihan pertama Liverpool dan berhasil mengungguli Simon Mignolet. Sayangnya karirnya di Liverpool tidaklah selalu mulus, Karius pernah mengakibatkan kekalahan bagi Liverpool dengan skor akhir 3 – 1 saat bermain melawan Real Madrid.

Ancaman dengan komentar yang tidak mengenakkan harus diterimanya di media online, terutama Twitter. Faktanya, petugas medis menyimpulkan bahwa Karius menderita gegar otak akibat berbenturan dengan Sergio Ramos beberapa menit sebelum kesalahannya tersebut terjadi. Sehingga diperkirakan kekalahan yang terjadi juga dipengaruhi oleh gegar otak yang menimpanya.

Meskipun sudah dua tahun memperkuat skuad Besiktas, hingga sekarang klub tersebut masih belum cukup yakin untuk mengubah status Karius agar menjadi pemain tetap. Di sisi lain, Liverpool sendiri sepertinya sudah tidak membutuhkan jasa Karius lagi mengingat sudah ada Adrian dan Alisson Becker.

Hal tersebut semakin diperkuat dengan pertunjukan horor yang dilakukan Karius pada saat babak final Liga Champions. Publik pun masih mengingat dengan jelas bagaimana penjaga gawang tersebut melakukan dua blunder fatal pada saat pertandingan.

Keputusan Union Berlin untuk menerima Karius diiringi dengan kepercayaan bahwa sang kiper bakal membantu klub untuk bisa meraih target yang telah ditentukan oleh klub tersebut. Sehingga permasalahan momen pertunjukan horor semasa karir Karius di Liverpool pun tak lagi menjadi masalah bagi klub asal Jerman tersebut.

“Artinya kami telah mengamankan seorang penjaga gawang dengan pengalaman besar baik di tingkat nasional maupun internasional dengan merekrut Karius,” ungkap Olivier Ruhnert, direktur Union Berlin.

“Bagi Karius, kesempatan ini menjadi penawaran untuknya agar fokus lagi ke Bundesliga dengan lingkungan yang stabil dan bertahan di liga bersama Union Berlin,” imbuhnya lagi.

Kesempatan terbuka lebar bagi Karius untuk memperbaiki performanya dengan debut pertamanya bersama Union Berlin pada akhir pekan ini. Klub asuhan Urs Fischer tersebut dijadwalkan bakal berhadapan dengan Mainz yang merupakan mantan klub Karius sebelumnya.

Karius sendiri merasa bangga dan beruntung bisa bergabung dengan Union Berlin lantaran selama ini klub hanya menginginkan jasanya sebagai pemain pinjaman. Sehingga tanpa berpikir panjang, pemain berusia 27 tahun tersebut mantap untuk bergabung dengan Union Berlin dan bertolak ke Jerman.

Sejak tahun 2016, ini adalah kali pertamanya mendaratkan kakinya kembali di Jerman dan membela klub negara asalnya tersebut. Karius mengakui bahwa kesempatan tersebut adalah yang dinantikan selama ini dan dirinya meenegaskan senang bisa bermain kembali di Bundesliga.

Bagi Loris Karius, Union Berlin adalah klub yang spesial dan merupakan klub yang mendapatkan penghormatan besar tidak hanya karena berhasil promosi ke Bundesliga saja. Karius semakin bersemangat dan berjanji akan menampilkan permainan terbaiknya selama bergabung dengan Union Berlin nantinya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments