Thursday, April 25, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeHot NewsPengaruh Persib dan Persija, Muluskan Langkah PSM Makassar Juara Liga 1

Pengaruh Persib dan Persija, Muluskan Langkah PSM Makassar Juara Liga 1

Datangnya gelar juara PSM Makassar tak terlepas dari pengaruh Persib dan Persija. Kedua tim papan atas yang bertempur semalam akhirnya memuluskan langkah Juku Eja untuk meraih gelar kampiun Liga 1 Indonesia.

Pengaruh Persib dan Persija

Kemenangan Persija Jakarta atas Persib Bandung akhirnya memuluskan langkah pemuncak klasemen untuk meraih gelar musim 2022/2023. Duel Persija Jakarta vs Persib Bandung pada Jumat, 31 Maret 2023 malam, berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan tuan rumah.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Macan Kemayoran mendominasi pertandingan yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga kontra Persib Bandung. Kendati demikian, tuan rumah sempat menemui jalan buntu, meski trio Riko Simanjuntak, Aji Kusuma, dan Witan Sulaeman beberapa kali memberikan ancaman di awal.

Tim asuhan Thomas Doll cukup sering menemukan jalan buntu dalam beberapa laga terakhir, namun kembali pada jalur yang tepat saat berhadapan dengan Maung Bandung. Pasalnya, mereka tampil lebih gacor saat menghadapi anak asuh Luis Milla.

Walau begitu, titik kebuntuan baru dipecah menjelang akhir babak pertama, tepatnya di menit 45+2′. Penyerang timnas Indonesia, Riko Simanjuntak sukses membuka keunggulan bagi Macan Kemayoran di Stadion Patriot. Skor 1-0 untuk Persija mengantar kedua tim ke ruang ganti.

Di babak kedua, Thomas Doll barulah mengeluarkan kartu AS-nya. Menarik keluar Witan Sulaeman dan Aji Kusuma, serta memasukkan Hanif Sjahbandi dan Michael Krmencik, Macan Kemayoran menemukan celah di gawang Reky Rahayu dalam waktu singkat.

Adalah umpan Riko Simanjuntak di menit 72′ – hanya beberapa saat setelah pergantian dobel itu – yang menjadi petaka bagi tim tamu. Michael Krmencik sukses menggandakan kedudukan setelah menyambut umpan Simanjuntak hanya du amenit setelah dia masuk ke lapangan.

Skor 2-0 Persija vs Persib akhirnya menutup laga. Hasil itu turut memengaruhi langkah PSM untuk meraih gelar juara.

Baca Juga: Inkonsistensi Persija Jakarta Jelang Lawan Persib Bandung, Tantangan Thomas Doll

Baca Juga: Persik Kediri Siap Menerkam Dewa United, 7 Kali Menang Beruntun

PSM Makassar Kalahkan Madura United

Di laga lainnya, sang pemuncak klasemen akhirnya memastikan gelar juara musim ini setelah menumbangkan Laskar Sappe Kerrap. Pengaruh Persib dan Persija adalah hal lain yang memang patut diperhitungkan, namun kemenangan atas Madura United membuat kepastian gelar juara itu semakin mantap terasa.

Penyerang asal Belanda, Wiljan Pluim mencetak brace cepat yang membuat tuan rumah terperangah di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan. Pluim mencetak gol bagi Juku Eja ketika laga baru memasuki menit ke-4, disusul gol gandanya di menit 10′. Skor langsung 0-2.

Madura United sempat mampu menahan gempuran keras PSM Makassar yang dilesakkan beruntun terus-menerus. Alhasil, babak pertama di Madura ditutup dengan keunggulan ganda PSM Makassar.

Sayangnya, itu tak berlaku di babak kedua, sebab Kenzo Nambu dengan cepat membuat Rendy Oscario Sroyer harus memungut bola dari gawangnya untuk ketiga kalinya. Pemain asal Jepang itu merobek gawang MU di menit 48′.

Madura United sempat merespons cepat kebobolan itu dengan lesakan dari Hugo Gomes dos Santos Silva atau dikenal dengan Jaja. Pemain asal Brasil itu mencetak gol di menit 51′ untuk memberi asa Madura United mengejar ketertinggalan.

Sayang, upaya itu akhirnya kandas karena tidak ada gol tercipta setelah menit 51′. Skor 1-3 pun akhirnya membawa PSM Makassar pada kemenangan tandang.

Baca Juga: 8 Pemain Chelsea Akan Dipangkas, Siapa Saja?

Baca Juga: Spanyol Dikalahkan Skotlandia, Scott McTominay Man Of The Match

Pastikan Kemenangan

Juku Eja memastikan kemenangan di kompetisi Liga 1 Indonesia musim ini di pekan ke-32. Dalam prosesnya, mereka mengumpulkan 72 poin dari 21 kemenangan dan 9 kali seri. Selain itu, hanya dua kekalahan menjadi penguat pijakan mereka di puncak klasemen meski musim belum berakhir.

Di sisi lain, pengaruh Persib dan Persija yang harus bersaing ketat mengejar posisi runner up juga membantu memuluskan langkah PSM Makassar.

Persib dan Persija kini tertaut dua poin, dengan Maung Bandung lebih unggul. Persib Bandung sekarang masih mengemas 59 poin setelah kekalahan di Stadion Patriot Candrabhaga. Sementara itu, Persija Jakarta kian dekat usai kemenangan dengan mengumpulkan 57 poin.

Kedua tim ini – meski tak lagi bisa meraih gelar juara – masih sama-sama punya peluang untuk mengantongi nomor dua. Selisih dua poin cukup dekat untuk kedua kesebelasan saling bersaing.

Pengaruh Persib dan Persija dalam laga semalam juga akan berdampak pada peluang Borneo FC dan Bali United untuk mengejar poin. Kedua tim itu sama-sama mengumpulkan 51 poin dengan Pesut Etam unggul selisih gol.

Selebrasi PSM Makassar usai memastikan diri menjadi juara Liga 1 Indonesia musim 2022/2023.

Simak berita bola lainnya di asia9sports.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments