Monday, July 22, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeHot NewsJadwal Indonesia vs Burundi, Skuad Garuda Siap Tanding?

Jadwal Indonesia vs Burundi, Skuad Garuda Siap Tanding?

Jadwal Indonesia vs Burundi di ajang persahabatan saat FIFA Matchday 2023 akan berlangsung pada 25 dan 28 Maret 2023 mendatang. Pertandingan itu akan berlangsung pukul 20.00 WIB di Stadion Patriot Candrabhaga.

Menjelang laga, sejumlah persiapan di kubu Skuad Garuda telah dilakukan. Bahkan, Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong juga melakukan sejumlah pergantian pemain menjelang pertemuan di Bekasi tersebut.

- Advertisement -
asia9QQ

Ubah Taktik dan Ganti Pemain

Satu di antara hal menarik jelang duel FIFA Matchday yang mulai berlangsung akhir pekan ini adalah dengan adanya pergantian pemain. Shin Tae-yong selaku pelatih Skuad Garuda telah mencoret Egy Maulana Vikri dari skuad. Sebagai gantinya, Stefano Lilipaly masuk ke barisan lini depan Garuda.

Pencoretan Egy dan masuknya Lilipaly ini dilakukan bukan tanpa alasan. Ditambah lagi jika mengingat kedua pemain sama-sama memiliki kemampuan mumpuni di lini depan Timnas Indonesia yang tentu akan sangat berguna untuk melawan Burundi. Kedua pemain juga punya pengalaman yang cukup bergabung di Skuad Garuda.

Shin Tae-yong mengutak-atik pemain yang sudah masuk dalam daftar 28 nama yang telah dia pilih. Nama-nama itu telah diumumkan pada 13 Maret 2023 lalu. Namun, Coach Shin tak memasukkan nama Stefano Lilipaly dalam daftar itu. Padahal, gelandang yang bisa diplot sebagai penyerang dari Borneo FC itu kenyataannya memiliki kemampuan yang cukup mumpuni. Alhasil, keputusan yang dibuat pelatih asal Korea Selatan itu pun akhirnya berubah.

Untuk informasi tambahan, Lilipaly merupakan satu di antara pilar penting di Borneo FC. Penyerang itu juga menjadi playmaker menjanjikan di tim asal Samarinda.

Dalam musim ini, Lilipaly memainkan 28 pertandingan bersama Pesut Etam. Dalam periode itu, dia telah mencatatkan 6 gol dan 8 assist untuk Borneo FC. Peran tersebut turut membawa Pesut Etam berada di jajaran papan atas klasemen Liga 1.

Klasemen

Tim asuhan Pieter Huistra sementara berada di posisi keempat di klasemen Liga 1 Indonesia. Mereka sejauh ini telah mengoleksi 50 poin dari 29 laga yang sudah mereka mainkan. Liipaly dan kawan-kawan kini hanya terpaut empat poin dari Persija Jakarta di posisi ketiga. Mereka juga cuma selisih enam poin dari Persib Bandung – meski saat ini selisih 19 poin dari PSM Makassar yang berada di puncak tabel klasemen. Hal itu berarti
Borneo FC masih punya peluang untuk mengakhir musim di posisi kedua atau ketiga.

Baca Juga: Panasnya Derby della Capitale: Lazio 1-0 AS Roma, 3 Kartu Merah

Baca Juga: PSS Kalahkan Borneo FC, Akhiri Paceklik Kemenangan usai Kalah 7 Kali Beruntun

Di sisi lain, penyerang sayap Dewa United, Egy Maulana Vikri saat ini tengah kesulitan. Mantan pemain Lechia Gdansk itu bahkan harus absen di dua laga terakhir karena masalah fisil meninggalkan posisi di lapangan Tangsel Warriors karena cedera yang dia alami. Oleh karena itu, mengingat jadwal Indonesia vs Burundi yang kian dekat, pelatih Shin Tae-yong akhirnya mengambil keputusan cepat. Pelatih asal Korea Selatan itu lantas mencoret rekan tandem Witan Sulaeman di FK Senica tersebut.

Dengan adanya perubahan pemain di kubu Indonesia, secara otomasit bisa mengarahkan pelatih Korea Selatan itu mengubah taktiknya. Hal itu mengingat, meski Lilipaly dan Egy sama-sama pemain bertipe menyerang, keduanya punya gaya bermain yang cukup berbeda.

Baca Juga: Persik Kediri Sekarang Makin Ngeri, Lupa Cara Kalah?

Persiapan Jelang Laga

Jelang timnas Indonesia vs Burundi, Skuad Garuda turut mematangkan persiapan. Laga yang akan berlangsung di Stadion Candrabahga ini akan mempertemukan dua tim dengan selisih ranking FIFA yang tidak begitu jauh – dengan Indonesia di 151 dan Burundi 141.

Kedua tim diyakini sudah mematangkan persiapan jelang laga, termasuk Indonesia yang sudah rutin melakukan latihan jelang melawan tim asal Afrika itu. Shin ter-yong, seperti diketahui, punya cukup banyak taktik yang bisa diterapkan pada para pemainnya. Pola-polanya juga cocok dan pas untuk dimainkan Skuad Garuda.

Dalam beberapa laga sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu telah menerapkan beberapa skema yang berbeda. Coach Shin bisa mengandalkan beberapa pola untuk mengatur permainan timnya. Selain itu, perubahan taktik saat pertandingan yang dilakoni timnas Indonesia juga memungkinkan.

Ada beberap taktik yang sudah diterapkan Shin Tae-yong selama menangani timnas Indonesia. Misalnya, 4-3-3 dan 4-2-3-1 – yang bisa dikatakan paling sering digunakan. Namun, dia juga permain memainkan formasi 4-5-1 atau 3-4-3 yang cukup dikenal pada Kualifikasi Piala Asia.

Indonesia juga telah mengalahkan lawan cukup tangguh di FIFA Mathday sebelumnya, menumbangkan Curacao di Jakarta. Meski demikian, persiapan jelang lawan Burundi juga harus matang dan skuad tak boleh lengah.

Baca Juga: AC Milan Dikalahkan Udinese tapi Ibrahimovic Bikin Rekor Ini

Baca Juga: Daftar Tim Lolos 8 Besar Liga Europa, Siapa Saja?

Kapan Jadwal Indonesia vs Burundi?

Duel ini akan berlangsung dua kali, yakni pada 25 Maret 2023 dan 28 Maret 2023, dengan rincian sebagai berikut:

1. Indonesia vs Burundi
25 Maret 2023
Pukul 20.00 WIB

2. Indonesia vs Burundi
28 Maret 2023
Pukul 20.00 WIB

Lihat jadwal Indonesia vs Burundi di sini!

Daftar Pemain Timnas Indonesia Lawan Burundi

Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons)
Witan Sulaeman (Persija Jakarta)
Nadeo Argawinata (Bali United)
Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC)
Elkan Baggott (Cheltenham Town)
Jordi Amat (Johor Darul Ta’zim)
Fachruddin Aryanto (Madura United)
Rizky Ridho (Persebaya Surabaya)
Rachmat Irianto (Persib Bandung)
Ricky Kambuaya (Persib Bandung)
Marc Klok (Persib Bandung)
Muhammad Ferrari (Persija Jakarta)
Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta)
Hansamu Yama (Persija Jakarta)
Syahrul Trisna (Persikabo 1973)
Dzaky Asraf (PSM Makassar)
Ramadhan Sananta (PSM Makassar)
Edo Febriansyah (RANS Nusantara FC)
Page 2 of 3
Daffa Fasya (Borneo FC)
Stefano Lilipaly (Borneo FC)
Doni Tri (Persija Jakarta)
Yance Sayuri (PSM Makassar)
Yacob Sayuri (PSM Makassar)
Dimas Drajad (Persikabo 1973)
Riko Simanjuntak (Persija Jakarta)
Shayne Pattynama (Viking FK)
Saddil Ramdani (Sabah FC)
Pratama Arhan (Tokyo Verdy)

Baca Juga: Jelang Indonesia vs Burundi, Bagaimana Persiapan Timnas?

RELATED ARTICLES

2 COMMENTS

Comments are closed.

- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments