Monday, April 22, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga Indonesia5 Faktor yang Bikin Timnas Indonesia U20 Kalah dari New Zealand U20

5 Faktor yang Bikin Timnas Indonesia U20 Kalah dari New Zealand U20

Timnas Indonesia U20 harus mengalami kekalahan setelah menghadapi New Zealand U20 dalam turnamen persahabatan internasional di Stadion Gelora Bung Karno pada Ahad, 19 Februari 2023 malam.

Laga Indonesia vs Selandia Baru berakhir dengan skor 1-2 untuk kemenangan tim tamu, meski tuan rumah mendominasi pertandingan sejak awal.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Collety berhasil membukukan gol di menit 58′ disusul Herdman di menit 70′. Sementara itu, Skuad Garuda memperkecil ketertinggalan lewat Muhammad Ferarri di menit 90+3′.

Faktor Berpengaruh

Di sini akan dibahas lima faktor yang membuat anak asuh Shin Tae-yong kalah dari lawannya. Apa saja?

Penyelesaian Akhir

Secara keseluruhan, gaya bermain Indonesia sudah berkembang jauh lebih bagus ketimbang sebelumnya. Namun, Coach Shin masih punya PR di penyelesaian akhir.

Di babak pertama, lebih dari tiga peluang terbuang sia-sia, sehingga skuad ini gagal mencetak satu pun gol ke gawang lawan.

Ambil contoh, Arkhan Kaka sempat mendapat peluang emas ketika berhadapan dengan kiper Selandia Baru. Sayangnya, upaya itu masih melambung.

Indonesia juga sempat mendapat peluang emas ketika sepakan jarak jauh membentur mistar gawang lawan. Sayangnya, keberuntungan masih belum berpihak pada Rabbani Tasnim dan kolega.

Di sisi lain, alih-alih banyak menyerang, New Zealand justru lebih banyak memanfaatkan peluang-peluang kecil dengan potensi gol lebih besar.

Alhasil, meski mengandalkan Cahya Supriadi yang notabenenya merupakan andalan di bawah antara dua tongkat, gawang Timnas Indonesia U20 tetap berhasil dibobol lawan.

Kesalahan yang tidak Perlu

Meski mengambil alih permainan secara keseluruhan, bobolnya gawang Indonesia tidak terlepas dari kesalahan yang tidak perlu dilakukan. Alih-alih membuat aman, justru apa yang terjadi berakibat fatal.

Lini belakang Skuad Garuda sebenarnya dikawal pemain-pemain yang punya pengalaman cukup baik. Walau begitu, kesalahan yang berakibat fatal membuat tim asuhan Shin Tae-yong harus menelan pil pahit.

Miskomunikasi

Kesalahan yang tidak perlu dilakukan para pemain Indonesia tidak terlepas dari miskomunikasi antarpemain. Disokong kemampuan pemain yang mumpuni, komunikasi tim muda Indonesia acap kurang efektif.

Alhasil, dengan kesalahan-kesalahan yang ada, timnas New Zealand berhasil mencuri gol dan membobol gawang yang dikawal Cahya. Kondisi ini kemudian berdampak pada kekalahan tim.

Kebugaran

Bermain dengan skuad yang terbatas membuat kebugaran pemain tim Indonesia turut terdampak. Skuad Shin Tae-yong punya beberapa pemain kunci, namun sebagian tak bisa memperkuat tim.

Terlepas dari itu, permainan Timnas Indonesia U20 sejatinya sudah cukup bagus. Beberapa pemain juga sudah mulai menemukan chemisrtry meski ada beberapa kesalahan di beberapa momen.

Tekanan Mental

Kekalahan Skuad Garuda Nusantara tak terlepas dari tekanan mental yang dihadapi pemain. Masih berusia muda dan disaksikan jutaan pasang mata, baik di stadion mau pun melalui layar kaca, anak-anak muda Indonesia itu harus berjuang untuk memberikan yang terbaik.

Namun, terlepas dari hasil tersebut, upaya para pemain Indonesia sejatinya sudah maksimal. Beberapa kesalahan akan menjadi PR dan evaluasi pelatih Shin Tae-yong, dan bisa diperbaiki ke depannya.

Lihat skor akhir Timnas Indonesia U20 vs New Zealand di sini

Jalannya Pertandingan

Skuad Indonesia mendominasi pertandingan sejak menit awal ketika menjamu New Zealand U20 di Stadion gelora Bung Karno pada 19 Februari 2023 kemarin. Mengandalkan kecepatan dan kemampuan umpan yang bagus, tim muda ini berkali-kali mengancam gawang lawan.

Langkah para pemain untuk mengandalkan umpan demi umpan pendek–meski sesekali bermain umpan lambung–cukup membuahkan hasil karena Garuda sukses mengambil alih penguasaan bola. Namun, kembali pada masalah di lini depan yang belum mumpuni menjadi PR yang harus diselesaikan.

Upaya yang dilakukan juga cukup efektif, meski keberuntungan masih memihak pada lawan. Sepakan-sepakan tim Garuda juga sukses menggetarkan gawang New Zealand, namun masih belum berbuah gol.

Di sisi lain, New Zealand bermain dengan pola yang cukup baik, menyadari keunggulan mereka dari postur dan kekurangan dari segi kecepatan bermain. Itu pula yang akhirnya membuat mereka berhasil mencuri gol.

Jadwal Timnas Indonesia Selanjutnya

Setelah menang telak atas Fiji dengan skor 4-0, disusul kekalahan dari New Zealand dengan skor 1-2, Timnas Indonesia akan menghadapi Guatemala.

Dalam pertandingan lainnya kemarin, Guatemala U20 berhasil menumbangkan Fiji U20 dengan skor 3-1. Hasil itu sama dengan yang mereka bukukan ketika mengalahkan New Zealand U20.

Timnas Indonesia U20 akan menghadapi Guatemala U20 pada Selasa, 21 Februari 2023 pukul 19.30 WIB.

 

Simak berita bola lainnya di asia9sports.com

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

Comments are closed.

- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments