Thursday, February 22, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga IndonesiaPersija Jakarta Mundur, Kandidat Juara Liga 1 Tinggal PSM Makassar dan Persib...

Persija Jakarta Mundur, Kandidat Juara Liga 1 Tinggal PSM Makassar dan Persib Bandung

Persija Jakarta mundur dari kandidat juara Liga 1 Indonesia setelah tumbang dari Persita Tangerang. Tim Ibu kota takluk dengan skor tipis 1-0 saat bertandang ke Indomilk Arena pada Selasa, 28 Maret 2023.

Duel itu sekaligus membuat persaingan papan atas di klasemen Liga 1 semakin ketat antara PSM Makassar dan Persib Bandung. Berikut ulasannya.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Persija Jakarta Dikalahkan Persita Tangerang

Persija harus mengakui keunggulan Persita Tangerang dalam duel tunda pekan ke-23 kemarin. Seperti disampaikan di atas, Macan Kemayoran takluk 1-0 saat berhadapan dengan Pendekar Cisadane.

Secara keseluruhan, pertandingan Persita vs Persija sebenarnya cukup berimbang. Bahkan, tim tamu melakukan beberapa ancaman yang membahayakan gawang tuan rumah sejak awal.

Tim asuhan Thomas Doll membuat sejumlah gebrakan yang membuat pertahanan Persita cukup kelabakan. Akan tetapi, barisan pertahanan tim asuhan Luis Duran berhasil menahan gempuran klub ibu kota.

Persita dan Persija menyajikan pertarungan alot di sepanjang pertandingan. Bahkan, babak pertama berakhir tanpa gol alias skor kacamata 0-0.

Di babak kedua, pertempuran besar di Indomilk Arena terus berlanjut. Persita dan Persija terus melancarkan gempuran atas lawan masing-masing. Meski demikian, serangan kedua kesebelasan masih gagal membuahkan gol di Tangerang.

Gol baru tercipta menjelang menit akhir, di mana pemain bertahan Javlon Guseynov menjadi petaka bagi tim tamu. Berawal dari kemelut di muka gawang yang dijaga Andritany Ardhiyasa, bek tengah itu melesakkan bola yang mengubah kedudukan.

Ternyata, gol dari Guseynov menjadi satu-satunya yang terjadi dalam laga itu, sehingga skor 1-0 tak berubah hingga akhir.

Baca Juga: 10 Pemain Bali United Tumbangkan Arema FC 3-1

Baca Juga: Statistik PSIS Semarang: Kalah Beruntun Bikin Posisi Klasemen Turun

Persija Jakarta Mundur

Hasil kekalahan ini secara tidak langsung membuat Persija Jakarta secara tidak langsung mundur dari perburuan gelar. Pasalnya, jarak poin tim asuhan Thomas Doll kian jauh dari dua tim di atasnya.

Saat ini Persija berada di posisi ketiga klasemen Liga 1 Indonesia dengan masih mengumpulkan 54 poin. Mereka telah memainkan 30 laga sejauh ini – sisa satu pertandingan di tangan.

Dalam torehannya, Persija Jakarta telah mencatatkan selisih gol yang terbilang cukup bagus, meski tidak begitu maksimal. Mereka saat ini menjebol gawang lawan 38 kali dan kebobolan 27 kali untuk membuat surplus 11 gol.

Secara kolektif, Persija telah mencatatkan 16 kemenangan sejauh ini, imbang 6 kali, dan kalah 8 kali dalam prosesnya. Hasil itu membuat mereka akan semakin jauh mengejar PSM Makassar dan Persib Bandung.

Baca Juga: Prediksi Persita vs Persija di Liga 1, Jadwal 28 Maret 2023

Perburuan Juara Mengerucut

Kalahnya Persija Jakarta dari Persita Tangerang membuat perburuan juara Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 mengerucut menjadi dua tim. PSM Makassar sejatinya hampir pasti meraih gelar juara untuk musim ini, namun mereka masih bisa dikejar Persib Bandung yang berada di posisi kedua.

Bali United – yang menjadi juara bertahan setelah kembali menjuarai kompetisi tahun lalu – sementara berada di posisi kelima klasemen. Serdadu Tridatu asuhan Stefano Cugurra kini baru mengumpulkan 51 poin, tiga poin di bawah Persija Jakarta. Torehan itu sebenarnya sama banyak dengan yang dikumpulkan Borneo FC di posisi keempat.

Borneo FC dan Bali United berada di posisi keempat dan kelima sejauh ini, sama-sama mengumpulkan 51 poin dan memainkan 31 laga. Hanya saja keduanya punya catatan selisih skor yang berbeda, di mana Pesut Etam lebih unggul di sini.

Borneo FC memenangkan 14 laga, imbang 9 kali, dan kalah 8 kali, dengan membobol 55 kali dan kebobolan 34 kali. Bali United, sementara itu, menang 15 kali, imbang 6 kali, dan kalah 10 kali dan menjadi tim tersubur. Mereka membobol gawang lawan 63 kali sejak kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 berlangsung dengan kebobolab 44 kali untuk membuat surplus 19 gol.

Torehan tiga dari lima tim teratas itu jauh dengan yang telah dikumpulkan PSM Makassar dan Persib Bandung. Dengan begitu, perburuan juara Liga 1 musim ini akan semakin mengerucut.

Lihat klasemen Liga 1 di sini!

PSM Makassar dan Persib Bandung Bersaing

Dapat dikatakan, satu-satunya tim yang bisa mencegah PSM Makassar menjadi juara musim ini hanyalah Persib Bandung. Oleh karena itu, Maung Bandung akan berjuang untuk mengejar gelar juara dengan peluang kecil yang terisa.

Pasalnya, jarak poin kedua tim besar (PSM dan Persib) ini juga terbilang cukup jauh.

Juku Eja (julukan PSM Makassar) unggul 10 poin dari Persib Bandung dan 15 poin dari Persija Jakarta. Mereka mengumpulkan 69 poin, sementara Maung Bandung 59 poin sejauh ini.

Persija Jakarta mundur dari perburuan gelar juga membuat hanya dua tim itu yang bersaing memperebutkan gelar kasta tertinggi sepak bola Indonesia musim ini. Siapakah yang bakal jadi juara?

Simak berita bola lainnya di asia9sports.com

RELATED ARTICLES

1 COMMENT

Comments are closed.

- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments