Thursday, April 25, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeHot NewsSwiss Hajar Belarus 5-0, La Nati di Puncak Klasemen Kualifikasi Euro 2024

Swiss Hajar Belarus 5-0, La Nati di Puncak Klasemen Kualifikasi Euro 2024

Swiss hajar Belarus dengan skor telak 5-0 dalam pertandingan pembuka Grup I Kualifikasi Euro 2024 pada Minggu, 26 Maret 2023 dini hari WIB. Lima gol itu dilesakkan Renato Steffan – tiga gol atas namanya – Granit Xhaka, dan Zeki Amdouni.

Hasil itu membuat Switzerland berhasil menempati puncak klasemen, mengumpulkan selisih gol terbesar, di mana mereka juga difavoritkan untuk lolos lebih awal dari grup yang dihuni Rumania, Kosovo, Israel, Andorra, dan Belarusia.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Ulasan Pertandingan

Bertandang ke Karadorde Stadium tim besutan Murat Yakin membawa ambisi kuat setelah kekalahan telak 6-1 di Piala Dunia 2022 Qatar akhir tahun lalu. Bermain dengan skema 4-3-2-1, Swiss sebenarnya tidak diperkuat beberapa pemain. Apa lagi, skema itu terbilang tidak begitu menyerang.

Akan tetapi, dalam prosesnya, mereka beberapa kali berubah dalam skema 4-1-2-3 atau 4-2-1-3 untuk melakukan serangan ke tim yang tak berkandang di negara sendiri itu.

Dengan tidak adanya Breel Embolo dalam skuad, Cedric Itten ke posisi penyerang tunggal. Namun, titik serangan ternyata tak terpaku pada pemain Young Boys tersebut, karena Renato Steffen lebih diandalkan di sektor serang untuk kali ini.

Di sisi lain, Belarusia bermain lebih bertahan, memaikan formasi 5-4-1 untuk menahan gempuran La Nati (julukan Swiss). Tak heran jika mereka juga akhirnya tak mendominasi serangan.

Secara kolektif, Swiss unggul dari segala aspek dalam pertandingan ini, di mana mereka menguasai 71 persen bola sepanjang laga, melepaskan 680 operan dengan akurasi 87 persen. Sementar Belarusia cuma 29 persen dengan 278 kali operan dengan akurasi hanya 70 persen.

Selain itu, dari sektor serangan, tim tamu juga mendominasi dengan 14 kali melakukan tembakan – 6 di antaranya mengarah ke gawang. Di kubu tuan rumah, 9 tembakan mereka hanya berbuah 1 shot on target, yang membuat tim Belarusia hampir tak melakukan serangan sama sekali.

Tidak heran jika Swiss hajar Belarus jika menilik catatan statistik tersebut. Tim besutan Murat Yakin juga terus menggempur lini pertahanan lawan mereka.

Baca Juga: Prediksi Indonesia vs Burundi Malam Ini, Duel Panas di Bulan Puasa

Baca Juga: Daftar Rating Pemain Portugal, Kalahkan Liechtenstein 4-0 di Kualifikasi Euro 2024

Jalannya Pertandingan

Renato Steffan menjadi bintang Swiss dalam laga kontra Belarus, mencetak tiga gol dalam prosesnya. Penyerang Lugano 31 tahun itu membuka skor bagi tim tamu pada menit 4′ untuk membuat publik stadion bersorak lebih awal.

Memasuki paruh babak pertama, dia kembali mencatatkan namanya di papan skor, tepatnya di menit 17′ untuk membuat kedudukan ganda bagi tim tamu. Tak lama kemudian, dia mencetak hat-trick di menit 29′ untuk membuat tim tamu unggul tiga gol sebelum memasuki ruang ganti.

Penyerang itu tidak bermain begitu lama, karena dia diganti sebelum memasuki paruh babak kedua dengan Zeki Amandouni. Akan tetapi bukan berarti Swiss mengendurkan serangan atas Belarisua. Pasalnya, mereka menambah gol lagi melalui Granit Xhaka di menit 62′, sebelum pemain pengganti Zeki Amdouni mencetak gol di menit 65′ – sekaligus menjadi gol penutup dalam laga tersebut.

Baca Juga: Benarkah PSG Proyek Gagal? Cuma Gacor di Ligue 1, tapi Gugur di UCL

Baca Juga: Romelu Lukaku Masih Tajam, Hat-trick saat Belgia Hajar Swedia 3-0

Swiss Hajar Belarus, Kini di Puncak Klasemen

Kemenangan La Nati ini mengantarkan mereka ke puncak klasemen sementara dengan torehan 3 poin dari laga pembuka. Mereka bersaing dengan Rumania yang ada di posisi kedua dengan jumlah poin yang sama.

Namun demikian, jika menilik selisih gol, Swiss jelas lebih unggul dengan surplus lima gol, sementara Rumania hanya mencatatkan surplus dua gol – mereka menang 2-0 atas Andorra.

Di posisi ketiga, ada Kosovo dan Israel yang berbagi angka setelah laga berakhir imbang 1-1. Kedua tim bertanding sengit, meski hasil sama-sama satu gol untuk keduanya menjadi yang paling adil.

Sementara di posisi dua terbawah, Andorra dan Belarusia mengumpulkan 0 poin. Andorra mencatatkan defisit dua gol, sementara Belarusia lebih parah dengan defisit lima gol.

Lihat highlight di sini!

Swiss Diunggulkan

Meski mengecewakan dalam pertandingan terkahir mereka di Piala Dunia 2022 – kalah 6-1 dari Portugal di babak 16 besar – Swiss cukup diunggulkan untuk lolos sebagai juara Grup I. Mereka menjadi tim yang cukup cakap dalam kualifikasi Euro, termasuk untuk kompetisi yang akan berlangsung pada 2024 ini.

Menghadapi tim-tim seperti Rumania, Kosovo, Israel, Andorra, dan Belarus, La Nati punya catatan lebih unggul, baik dari statistik maupun ranking FIFA. Tidak heran, jika lima tim lain diperkirakan akan memperebutkan posisi runner up – untuk lolos ke putaran final Euro tahun depan – mengingat Swiss unggul jauh dari banyak aspek.

 

Simak berita bola lainnya di asia9sports.com

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments