Saturday, January 28, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga IndonesiaShin Tae-yong Tiba di Indonesia, Ini Menu Latihannya untuk Timnas U-19

Shin Tae-yong Tiba di Indonesia, Ini Menu Latihannya untuk Timnas U-19

Shin Tae-yong Tiba di Indonesia, Ini Menu Latihannya untuk Timnas U-19 – Shin Tae-yong akhirnya tiba di Jakarta, Jumat (11/12/2020). Ia langsung bergegas untuk memimpin Timnas Indonesia U-19 lagi.

Timnas U-19 sangat gembira dengan kedatangan pelatih asal Korea Selatan tersebut. Mereka sudah menanti kedatangannya sejak lama agar persiapan sebelum melanjutkan TC di Spanyol bisa segera dituntaskan.

Eks Pelatih Korea di Piala Dunia 2018 sebenarnya dijadwalkan untuk kembali ke Indonesia pada 1 Desember. Namun, ia tidak kunjung datang ke Tanah Air sehingga rencana terbang ke Spanyol bersama Timnas harus diundur.

Sebelumnya, Shin Tae-yong diduga menunda kepulangannya karena tidak sepakat dengan rencana PSSI. Federasi bersikukuh untuk mengirim skuad Garuda Muda ke Spanyol sedangkan Shin Tae-yong ingin tim asuhannya tersebut berlatih di Negara kelahirannya.

Beberapa waktu silam, sebuah laman media Korea juga pernah memberitakan bahwa Pemerintah Kota Daegu telah bersiap-siap menyambut kedatangan Timnas U-19. Shin Tae-yong bahkan sudah melakukan berbagai jenis survey seperti mengecek fasilitas di Daegu.

Indra Sjafri sempat emosi perihal keterlambatan pelatih tersebut. Menurutnya, ia harus datang tepat waktu sesuai dengan jadwalnya, yaitu pada 1 Desember. Dia berharap Shin Tae-yong lebih profesional dan disiplin.

Untungnya, Shin Tae-yong tiba di Indonesia sepuluh hari kemudian dari jadwal yang sudah ditentukan.

“Coach Shin Tae-yong sudah datang malam tadi. Siang ini juga, ia bergegas untuk memimpin latihan Timnas Indonesia U-19,” kata Asisten Pelatih Timnas U-19 Nova Arianto kepada wartawan.

Keterlambatan Shin Tae-yong tiba di Indonesia menciptakan konflik baru antara sang pelatih dan PSSI. Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri pun secara terang-terangan merasa kecewa dengan perbuatan pelatih asal Korsel itu.

Ini adalah komentar pedas yang kesekian kalinya dari Indra Sjafri pada eks pemain dan pelatih Seongnam Ilhwa Chunma itu. Sebelumnya, Indra Sjafri juga pernah melayangkan komentar pedas karena masalah yang sama.

PSSI akan segera menjadwalkan keberangkatan Timnas U-19 ke Negeri Matador. Garuda Muda kabarnya akan melanjutkan program latihan di Negeri Matador hingga Januari 2021.

“Semoga saja skuad Garuda Muda sudah sampai di Spanyol sebelum tahun baru. Semoga saja beberapa negara di Eropa dan sekitar Spanyol bisa berpartisipasi di program laga uji coba melawan Timnas U-19,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi, Kamis (10/12).

Menu Latihan Pertama untuk Garuda Muda Setelah Shin Tae-yong Tiba di Indonesia

Latihan Timnas Indonesia U-19 sudah dimulai pada, Sabtu (12/12/2020). Shin Tae-yong tiba di Indonesia satu hari sebelumnya dan langsung menyodorkan pertandingan internal sebagai menu pertama untuk timnas.

Shin Tae-yong membagi 33 pemain menjadi dua tim, yaitu tim biru dan tim ungu. Determinasi skuad Garuda Muda dalam laga ini cukup membuat Shin Tae-yong puas.

Shin Tae-yong pertama kali memimpin Timnas U-19 secara langsung setelah sebelumnya pulang ke Korea Selatan. Pria yang pernah membobol Persik Kediri di Liga Champions Asia 2004 itu menggelar latihan virtual bersama tim, dan ia memantaunya dari jarak jauh.

Sebelum Shin Tae-yong tiba di Indonesia, Timnas U-19 sudah menginjakan kaki di Jakarta sejak 13 November. Mereka langsung latihan di lapangan sejak 16 November. Saat pelatih Korsel itu absen, Nova Arianto dijadikan pelatih sementara.

“Latihan kali ini saya yang memimpin langsung. Ini tentu saja sangat berbeda dengan memantaunya secara virtual seperti kemarin-kemarin,” kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI.

Timnas U-19 tidak lama lagi akan segera terbang ke Spanyol untuk menuntaskan program latihan di luar negeri. Namun, tanggal keberangkatan Bagas Kaffa dkk masi belum dipastikan.

Proses administrasi dan dokumen para pemain masih dalam proses. PSSI memilih Spanyol agar tim garuda Muda bisa latihan di Eropa lagi. Untung saja Shin Tae-yong tiba di Indonesia pada 11 desember kemarin, jadi tanggal keberangkatan kemungkinan bisa dirilis dalam waktu dekat ini.

“Masih ada yang harus dievaluasi pada TC kali ini. Kami harus memastikan fisik pemain bisa meningkat. Selain itu, mental pemain juga perlu diperhatikan,” ucap Shin Tae-yong.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan sebisa mungkin skuad asuhan Shin Tae-yong bisa diberangkatkan bulan Desember ini.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments