Sunday, January 29, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga IndonesiaPemain Senior di Shopee Liga 1 2020, Apakah Jadi Musim Terakhir?

Pemain Senior di Shopee Liga 1 2020, Apakah Jadi Musim Terakhir?

Shopee Liga 1 2020 akan segera berlanjut pada 1 Oktober 2020 mendatang. Banyak klub yang sudah mempersiapkan kembali untuk beraksi melanjutkan liga. Walaupun begitu ada beberapa pemain yang melakukan perubahan dalam komposisi tim.

Perubahan yang begitu dignifikan adalah beberapa tim yang tidak menampilkan pemain asing dari awal musim. Banyak dari pemain asing memilih mundur dari kompetisi karena berbagai alasan, terutama malasah kesehatan. Alasan paling utama adalah renegoisasi kontrak yang harus disesuaikan dengan aturan PSSI.

Situasi ini membuat para pemain muda lokal bisa unjuk gigi dalam kompetisi. PSSI dan PT LIB memastikan bahwa setiak klub akan mendaftarkan pemain U-20 masuk dalam susunan pemain. Walaupun tidak mewajibkan untuk menurunkan saat pertandingan.

Dilain sisi, sejumlah pemain berperngalaman dan senior juga akan jadi andalan untuk klubnya. Termasuk para pemain yang bisa digolongkan veteran dan yang mungkin akan gantung sepatu.

Seperti Ismed Sofyan dkk, pemain yang sudah berkepala empat ini masih menjadi bek kanan dari Persija Jakarta. Bahkan, dalam Liga 1 2020 ini dia masih akan jadi andalan sayap pertahanan untuk tim Persija.

Tidak hanya Ismed Sofyan sebenarnya, ada beberapa pemain yang memiliki kategori sama. Pada pembahasan kali ini akan dibahas secara lebih detail. Siapa saja mereka?

Ismed Sofyan Sebagai Lini Pertahanan Persija

Pada tahun 2020 ini Ismed Sofyan masih terdaftar menjadi pemain yang cukup diandalkan dari Tim Macan Kemayoran. Namun pada Shopee Liga 1 2020 ini, pemain yang kerap disapa bang haji belum mendapatkan kesempatan untuk bertanding dalam dua laga.

Sebelum memulai musimnay pada tahun 2020 ini, Persija memang sudah mendatangkan Alfath Faathir sebagai regenerasi sisi kanan pertahanan. Kemampuan untuk bermain di beberapa posisi pertahanan ini menjadi alasan dipasangnya pemain dari Madura United tersebut.

Tidak hanya itu saja, Persija juga sempat mendatangkan Marco Motta pemain asal itali yang pernah berseragam Juvetus. Motta datang dan dimainkan di posisi bek kanan dalam pertandingan pertama Liga 1 2020.

Dari sini bisa dilihat jika Ismed Sofyan memang mulai diberikan kesempatan untuk beristirahat. Maklum usia dari pemain ini sudah 41 tahun. Namun, dalam Lanjutan Liga 1 2020 ini, Bang Haji masih mungkin mendapatkan kesempatan untuk tampil. Pasalnya, aka nada 32 pertandingan yang harus dijalin dan Pesija harus melakukan rotasi pemain.

Daftar Pemain Shopee Liga 1 2020 Senior

Tidak hanya Ismed Sofyan saja, namun masih ada beberapa nama yang mungkin akan menjadikan Liga 1 2020 menjadi musim terakhir. Seperti Supardi Nasir, kapten dari Persib bandung ini memang masih berusian 37 tahun.

Kendati dengan umur yang menjelang senjakalan, pemain ini masih mampu untuk memebrikan kontribusi besar untuk Persib. Dalam tiga pertandingan pertama, pemain ini selalu mendapatkan kesempatan untuk tampil.

Sama halnya dengan Leonard Tupamahu, pemain ini masih menjadi kunci dari Bali United. Bek tengan yang kini berusia 37 tahun ini mendapatkan kepercayaan untuk tampil dalam 22 pertandingan pada musim 2019.

Ditambah lagi dalam dua musim sebelumnya, pemain ini merupakan andalan di lini pertahanan Borneo FC. Meski tidak muda lagi, namun Leonard bermain lebih dari 20 pertandingan dalam setiap musimnya.

Kini saat Liga 1 2020 berlangsung pemain ini bersama Bali United. Dalam awal laga 2020 ini, dia masih menjadi kepercayaan pelatih Teco di lini pertahanan.

Berbeda dengan pemain naturalisasi Herman Dzumafo. Pemain asal Kamerun ini memperlihatkan usia senja dengan memperlihatkan skillnya dalam dua musim terakhir.

Dalam usia yang sudah 38 tahun saat itu, Herman Dzumafo berhasil mendapatkan kesempatan untuk tampil di 33 pertandingan. Bahkan dari 22 pertandingan, dia bermain pada menit pertama.

Dalam tiga laga pertama di Shopee Liga 1 2020 ini dia memperkuat tim Bhayangkara FC dengan usia 40 tahun. Memasuki usia ini membuatnya mulai digeser menjadi pelapis saat pertandingan berlangsung. Sudah tiga kali Herman Dzumafo duduk dibangku cadangan, dan masuk lapangan dalam dua pertandingan.

Mungkin saja ketiak liga ini berlangsung pemain lanjut seperti Herman Dzumafo akan mendapatkan kesempatan kembali. Hal ini dikarenakan pada lanjutan Shopee Liga 1 2020 ini dia akan terus menjadi pelais dan sebagai supersub.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments