Saturday, January 28, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga IndonesiaPemain Persija, Marc Klok, Resmi Jadi WNI!

Pemain Persija, Marc Klok, Resmi Jadi WNI!

Marc Klok akhirnya bisa mengakhiri proses naturalisasi. Setelah menyelesaikan pengambilan sumaph, pemain Persija Jakarta itu resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Persipa mengumumkan hal ini di situs resminya. Klok sah menjadi WNI pada Kamis (12/11/2020).

“Akhirnya status Klok berubah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah penantian panjang. Pemain berusia 27 tahu tersebut suah menjalani pengambilan sumpah WNI di Kantor Kementerian Hukum dan Ham Wilayah DKI Jakarta, Kamis (12/11),” tulis pernyataan di situs resmi Persija.

Saat itu, Marc Klok lengkap dengan jas dan peci, sudah tiba di kantor Kemenkumham DKI Jakarta yang terletak di Cawang. Pemain kelahiran Amsterdam itu bisa dengan sumpah menyatakan sumpahnya untuk menjadi Warga Negara Indonesia.

“Demi Tuhan, saya bersumpah untuk melepaskan kekuasaan asing dan tunduk kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” ucap Marc Klok.

Klok pun merasa lega dengan status WNI-nya saat ini. Pemilik nomor punggung 10 di Persija itu sangat bersyukur dan bersemangat untuk bermain lebih baik lagi untuk Indonesia.

“Saya sangat berterima kasih pada Persija dan semua pihak yang sudah mendukung. Akhirnya saja bisa jadi WNI dan bermain untuk Timnas. Semoga saja saya bisa memberikan yang terbaik dan prestasi gemilang untuk Tanah Air ini,” kata Klok, yang juga eks penggawa Oldham Athletic, Dundee, dan PSM Makassar itu.

Marc Klok sudah bermain di Indonesia sejak tiga tahun yang lalu, tepatnya pada 2017, sejak ia membela PSM Makassar. Selain itu, kakeknya juga memiliki darah keturunan Indonesia yang berdarah Makassar.

Ini yang Terjadi Jika Marc Klok Gabung Timnas Indonesia

Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok akhirnya resmi menjadi WNI. Pada Kamis 12 November 2020 kemarin, ia sudah mengucap sumpah dengan lancar di Kantor Kementerian Hukum dan Ham Wilayah DKI Jakarta.

Proses ini sudah ia jalani sejak tahun lalu. Setelah resmi menjadi WNI, pemain kelahiran Amsterdam itu memiliki KTP yang bertempat tinggal di Jakarta Selatan.

Ia sangat senang bisa menyelesaikan proses naturalisasi ini. Dia ingin menjadi bagian dari Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

“Saya sangat berharap bisa bergabung dengan Timnas Indonesia, bermain untuk Indonesia dan berprestasi disana. Saya juga ingin berbagi dengank para pemain muda di sini,” tuturnya mengutip laman Persija, Jumat (13/11/2020).

Saat ini, dia juga tidak bermain untuk bergabung di Timnas bersama pemain naturalisasi lainnya. Menurutnya, ia akan lebih mudah beradaptasi di Timnas karena ada banyak pemain yang sudah dikenalnya.

“Saya sudah sering bertemu dengan pemain naturalisasi lainnya dan kemungkinan besar saya tidak akan mengalami masalah saat adaptasi nanti. Pokoknya saya akan tampil maksimal jika bergabung dengan Timnas Indonesia,” tambah Klok.

Jika Marc Klok bergabung dengan Timnas Indonesia, kualitas lini tengah skuad Garuda akan semakin kuat. Dia bisa bekerjasama dengan pemain keturunan Indonesia-Inggris, Elkan Baggott yang selalu bermain di Timnas Indonesia U-19.

Timnas sendiri belum memiliki agenda berlatih. Paa Maret 2021 nanti, pasukan Shin Tae-yong akan berduel di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Jika Klok diikutsertakan, ia bisa ditempatkan di posisi gelandang bertahan untuk menahan serangan lawan. Formasi Timnas Indonesia diperkirakan akan seperti ini jika Klok dan Elkan Baggott tergabung di dalamnya.

Formasi yang sering digunakan Shin Tae-yong saat melatih Korea Selatan adalah skema 4-2-3-1 atau 4-3-3. Jika Klok ikut, kemungkinan besar formasi terakhir yang lebih cocok untuknya. Formasi tersebut dinilai lebih pas untuk memutus serangan dan melancarkan aksi serangan pada lawan.

Di sisi lain, Naeo Argawinata dipercaya Shin Tae-yong untuk mengisi poisi kiper. Meski belum berpengalaman di Timnas senior, kiper Bali United pernah menjadi kiper utama Timnas U-22 di SEA Games 2019.

Sedangkan Ryuji Utomo dan Elkan Baggott bisa menempati posisi lini tengah pertahanan. Ryuji dinilai sebagai bek yang agresif, dan Elkan dipercaya mampu membantunya dengan permainannya yang apik. Keduanya memiliki postur yang tinggi sehingga pas untuk duel udara.

Prediksi Formasi Timnas

4-3-3: Nadeo Argawinata, Elkan Baggott, Ryuji Utomo, Asnawi Bahar, Johan Alfarizi, Evan Dimas, Marc Klok, Adam Alis, Osvaldo Haay, Febri Hariyadi, Illija Spasojevic.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments