Saturday, January 28, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga Eropa LainnyaPemain Keturunan Indonesia Jay Idzes Mengudara Dengan Jam Terbang Tinggi di Belanda

Pemain Keturunan Indonesia Jay Idzes Mengudara Dengan Jam Terbang Tinggi di Belanda

Salah satu pemain muda keturunan Indonesia, Jay Idzes berhasil mengepakan sayapnya sebagai pemain sepak bola berbakat yang berkarir bersama klub Eropa. Pemain kelahiran Mierlo tersebut rupanya telah banyak makan asam garam di kasta kedua Liga Belanda. Idzes memulai karirnya sejak 2017 lalu bersama FC Eindhoven.

Ia ditempatkan sebagai gelandang bertahan dan tercatat telah tampil sebanyak 53 kali bersama dengan FC Eindhoven. Postur tubuhnya mencapai 184 cm membuatnya sangat mudah tampil gemilang dengan berlari cepat dan mencetak gol. Musim 2020-2021 ini, ia telah resmi hijrah untuk membela GO Ahead Eagles.

Bersama klub barunya itu, Idzes tidak hanya sekedar berperan sebagai pelengkap saja namun juga diandalkan sebagai pemain utama. Dari total 10 pertandingan, ia mampu berhasil tampil penuh hingga 90 menit. Tercatat ia menyumbangkan satu gol dan assist untuk klub sepanjang penampilannya yang telah mencapai 900 menit.

Jay Idzes Pemain Serba Bisa

Masuk sebagai pemain utama, Idzes terlihat piawai tampil sebagai gelandang bertahan. Selain itu ia juga kompeten memainkan perannya di posisi lain. Tampil sebanyak 10 kali bersama FC Eindhoven, pemain 20 tahun ini juga pandai menempati posisi bek tengah dari 2018 hingga 2020.

Berkat penampilannya itu ia dianggap sebagai pemain serba bisa yang bisa diandalkan. Alih-alih masih mempunyai keturunan garis Indonesia, ia rupanya dilirik oleh Timnas Indonesia. Namun sangat disayangkan ia tidak akan bisa masuk sebagai pemain Timnas U19 sebab usianya kini mencapai 20 tahun.

Padahal kemampuannya tersebut sangat diharapkan bisa memperkuat Timnas Indonesia untuk berlaga di Piala Dunia 2021. Di satu sisi lain harapan Indonesia sendiri harus kandas mengingat periode kontrak Jay Idzes bersama Go Ahead Eagles masih panjang selama tiga musim. Sehingga apabila Indonesia ingin dirinya merumput di tanah air paling tidak harus menunggu hingga akhir 2023.

Tampil cukup sering bersama tim Belanda membuat kemampuannya semakin meningkat. Terlebih di usianya yang masih muda, Idzes berpeluang menjadi pemain muda berbakat bahkan bisa melebarkan sayapnya untuk menjadi pemain dunia. Seperti di ketahui jika Idzes mempunyai keturunan darah Indonesia dari nenek sang ibu.

Jika memang nanti ia berkenan datang ke tanah air maka klub sepakbola Indonesia akan menyambutnya dengan senang hati. Bahkan kedatangannya itu bakal menjadi peluang emas untuk klub sepakbola Indonesia untuk bisa tampil lebih berkualitas dan berjaya.

Berharap Menjadi Bagian Liverpool

Idnez mengakui jika dirinya berharap bisa menjadi salah satu bagian dari klub Liverpool. Bahkan bintang sepakbola asal Belanda tersebut digadang-gadang akan menjadi pemain sempurna dibawah asuhan Jurgen Klopp. Sementara Liverpool sendiri telah mendapatkan berita bahagia dari Belanda jika gelandang Go Ahead Eagles itu berminat untuk bermain di Anfield Stadium.

Impiannya untuk menjadi bagian tim Liverpool memang sudah sejak lama ia dambakan. Tepatnya setelah ia pindah dari FC Eindhoven 2018 lalu. Berhasil masuk di skuat Go Ahead Eagles membuatnya semakin termotivasi untuk mewujudkan impiannya tersebut. Bahkan berbekal kemampuannya itu, Idzes berpeluang benar-benar menjadi bagian pasukan Jurgen Klopp suatu hari nanti.

Apabila Idzes berhasil menjadi pemain The Reds, ia dinilai bakal menjadi pemain andalan untuk Klopp. Mengingat ia merupakan pemain dinamis yang bisa mensuplai kekuatan besar untuk Liverpool di lini tengah. Akan tetapi raksasa Liga Inggris sendiri belum hingga saat ini belum mempunyai keinginan untuk memboyongnya ke Anfield.

Setidaknya pihak manajemen Go Ahead Eagles telah secara resmi memberikan sinyal yang bakal menjadi rencana jangka panjang untuk Idzes bergabung bersama mereka. Go Ahead Eagles sendiri merupakan klub terkenal Belanda yang banyak ditempati oleh pemain keturunan Indonesia.

Selain Idzes juga ada nama pemain lain berdarah Indonesia yang bergabung dengan klub tersebut yaitu Diego Michels dan Joey Suk. Kemudian pada promosinya untuk Eredivise Belanda tahun 2013-2014 lalu, Go Ahead Eagles juga pernah merekrut pemain berdarah Indonesia Jeffrey Rijsdijk.

Tahun ini Jay Idzes berhasil menjadi pemain berprestasi yang memperkuat skuat tersebut tepatnya sejak 20 Juli 2020. Setelah melewati proses transfer yang cukup berlarut-larut, ia berhasil teken kontrak selama tiga musim kedepan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments