Thursday, February 2, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga JermanKejamnya Bundesliga: Baru Dua Pekan Berjalan, 2 Pelatih Jadi Korban

Kejamnya Bundesliga: Baru Dua Pekan Berjalan, 2 Pelatih Jadi Korban

Bundesliga memang terkenal keras dan kejam, baru saja berjalan dua pekan sudah ada dua pelatih yang dipecat. Pelatih pertama yang diberhentikan secara paksa yaitu David Wagner. Mantan manajer Huddersfield Town tersebut dipecat setelah Schalke 04 mengalami kekalahan skor 1-3 di kandang mereka sendiri, Veltins Arena.

Kekalahan tersebut bukanlah kegagalan pertama yang dialami Schalke, sebab sebelumnya klub itu telah dibantai habis Bayern Munich dengan skor telak 8-0. Awal musim ini mereka mengalami dua kekalahan beruntun dan menjadi catatan untuk Schalke telah absen menjadi juara selama 18 pertandingan yang telah mereka jalani.

Terakhir kali Schalke berhasil membawa trofi yakni pada 17 Januari 2020. Rupanya hasil tersebut kini justru membuat mereka turun dari posisi lima besar yang semula diduduki. Kini mereka harus puas finis di posisi ke 12. Oleh karena itu, Schalke gagal lolos ke kompetisi Eropa hingga menimbulkan efek buruk pada kondisi finansial mereka ditengah pandemi covid-19.

Komentar Direktur Olahraga Schalke di Bundesliga 2020-2021

Jochen Schneider, Direktur Olahraga Schalke, memberikan komentarnya. Ia mengatakan bahwa mereka berharap bisa bangkit bersama David. Namun sangat disayangkan performa tim selama menjalani dua laga di awal musim ini tidak memuaskan, begitu pun hasilnya. Dia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada David atas kerjasama selema ini.

Seperti diketahui jika David Wagner hanya bertahan selama satu musim saja mengasuh Schalke. Dia dikontrak sejak awal musim 2019-2020 lalu. Kegagalannya membawa Schalke menang di awal pekan Bundesliga harus membuatnya rela hengkang dari klub. Mantan pelatih 48 tahun ini memiliki latar belakang cukup menarik.

Ia lahir di Jerman namun pernah menjadi timnas Amerika Serikat. Namanya semakin tenar ketika dia berhasil membawa Huddersfield Town melaju ke babak promosi di Liga Premier Inggris tahun 2017 silam. Usai dipecat, David Wagner kini menganggur dan mengakui belum memiliki rencana apapun terkait karirnya di dunia sepak bola selanjutnya.

Pihak manajemen Schalke kini tengah dikabarkan mencari pengganti pelatih untuk klubnya. Menurut berita yang dituliskan Bild dan Diario AS, Schalke tengah mengincar pelatih Raul Gonzalez Blanco. Nama tersebut memang tidak datang secara tiba-tiba. Dia meninggalkan Real Madrid 2010, kemudian berlabuh di Schalke namun hanya bertahan dua tahun saja.

Setelah itu dia kembali melanjutkan karirnya menggarap Castilla sejak Juni 2019. Castilla merupakan tim cadangan Real Madrid yang bermain di tiga divisi Spanyol atau Segunda Division B. Musim 2019-2020 kemarin, Castila menempati posisi ke tujuh. Total 28 laga yang mereka jalani, Catilla berhasil menang 10 kali, imbang 10 kali dan kalah 8 kali.

Senasib Dengan David Wagner

Pelatih kedua yang mengalami nasib sama dengan David Wagner yakni Achim Beierlorzer, pelatih Mainz 05. Ia resmi dipecat setelah timnya mengalami dua kali kekalahan yakni saat berhadapan dengan RB Leipzig dan tim promosi VFB Stuttgart akhir pekan lalu. Mainz 05 dibantai RB Leipzig dengan skor 1-3 sementara mereka kalah dari Stuttgart 1-4.

Dibalik kekalahan tersebut, Beierlorzer telah berhasil membawa Mainz bertahan di kompetisi bergengsi Jerman setelah mampu finis ke 13. Setidaknya mereka telah unggul sebanyak enam poin dari zona playoff. Akan tetapi pihak manajemen rupanya merasa tidak puas dengan hasil pertandingan dua partai awal musim ini.

Untuk sementara manajeman Mainz memutuskan menempatkan Jan-Moritz Lichte sang asisten untuk menempati posisi Beierlorzer. Direktur Olahraga Rouven Schroeder memberikan komentarnya terkait pemecatan Beierlorzer, mereka mengakui jika mantan pelatih itu berhasil membawa klub lolos degradasi.

Selain itu mereka juga telah berkerja sama di masa-masa sulit. Achim Beierlorzer memang patut mendapatkan penghormatan atas seluruh jasa dan usahanya. Namun manajemen telah bicara bersama dan mencoba mencari bagaimana menyelamatkan tim untuk jangka pendek dan jangka panjang.

Pemecatan Beierlorzer, rupanya juga dilatarbelakangi aksi mogok latihan pemain pada Rabu 23/09 kemarin. Pemogokan tersebut sebenarnya tidak berlangsung lama, sebab satu hari setelahnya klub kembali berlatih untuk mempersiapkan pertandingan melawan VFB Stuttgart. Walaupun pada laga terebut, Mainz mengalami kekalahan kedua di Bundesliga awal musim ini.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments