Sunday, January 29, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga JermanLoris Karius Pulang Kampung ke Jerman Gabung Klub Bundesliga

Loris Karius Pulang Kampung ke Jerman Gabung Klub Bundesliga

Loris Karius telah resmi meninggalkan Liverpool, dirinya kini akan melanjutkan masa peminjaman untuk klub lain. Musim ini pemain tersebut tidak akan lagi berseragam Liverpool dan bakal menerima pinangan Union Berlin, klub Bundesliga. Selama kurun waktu dua musim ia memang menyandang status pemain yang dipinjamkan.

Saat memperkuat Besiktas, dia mampu menjalani 67 penamilan di seluruh ajang kompetisi. Sangat disayangkan Besiktas tidak ingin mengubah statusnya dari pemain pinjaman menjadi pemain tetap. Sementara The Reds sudah merasa cukup dengan kehadiran Alisson Becker dan Adrian, hingga Karius tidak lagi dibutuhkan.

Kini Liverpool bermaksud untuk melepasnya, namun klub justru mengalami beberapa kendala terkait hal itu. Sebab drama horror yang pernah dilakukan oleh Karius di babak final Liga Champions 2018 lalu. Publik masih mengingat bagaimana Karius melakukan dua blunder cukup fatal. Rupanya hal itu membuat klub yang berminat merekrutnya hanya ingin sang kiper menjadi pemain pinjaman saja.

Loris Karius Segera Gabung Union Berlin

Pemain 27 tahun itu segera pulang menuju Jerman. Kedatangannya disebut-sebut sebagai langkah awal untuk bergabung bersama Union Berlin. Sejak 2016 lalu, musim ini menjadi tahun pertama bagi Loris Karius menginjakan kakinya kembali di Jerman. Saat itu ia merintis karir sebagai pesepakbola bersama Mainz 05.

Berlaga dengan Mainz 05, Karius sempat bertahan selama empat musim. Pengakuan yang ditulisnya di situs resmi Berlin Union bahwa dia sangat menantikan kesempatan bermain di Berlin dan ia juga bahagia bisa kembali bermain di Bundesliga. Baginya Berlin Union merupakan klub spesial, klub yang pantas ia beri penghormatan besar.

Bukan hanya berhasil melakukan promosi ke Bundesliga saja, ia ingin perannya semakin berkembang positif dan membantu klub meraih target besar untuk bertahan di Bundesliga, ujar Karius. Union Berlin memang membuka pintu lebar-lebar untuk Karius. Mereka tidak begitu mempermasalahkan masa lalunya ketika di Liverpool dulu.

Klub Union yakin jika sang kiper bakal memperkuat klub untuk meraih target. Sementara Olivier Ruhnert, Direktur Union Berlin memberikan penegasannya bahwa merekrut Karius berarti mereka telah melakukan pengamanan penjaga gawang yang telah mempunyai pengalaman besar di level nasional dan internasional.

Dia menyebut Karius akan memberikan kesempatan serta membuka jalan fokus tim menuju Bundesliga dengan stabil dan mampu membuat mereka bisa bertahan bersama. Kabarnya Karius akan segera memulai debutnya bersama Union Berlin di Bundsliga tepat akhir pekan ini. Klub garapan Urs Fischer ini akan menghadapi Mainz, mantan klub Karius.

Rekam Jejak Karir Klub Karius

Awalnya Karius mulai terjun ke dunia sepakbola bersama tim lokal SG Mettenberg dan SSV Ulm 1846. Setelah itu ia resmi bergabung dengan VfB Stuttgard. Bergabung bersama Stuttgart, dia mampu tampil apik dan menjadi salah satu anggota tim nasional U-16 Jerman. Pada September 2008 ia berlaga melawan Makedonia.

Karius juga sempat bergabung dengan Manchester City. Saat itu ia sengaja diundang setelah menjalani pertandingan melawan Azerbaijan. Ia resmi teken kontrak dengan Manchester City sejak 1 Juni 2009. Pengalamannya di timnas Jerman, membuat dirinya kembali dipercayakan untuk memperkuat tim U-18 dan tim U-21 Manchester City, akan tetapi ia gagal menjadi tim senior saat berada di Manchester.

Berlanjut mengembangkan karir bersama Mainz 05. Ia dipinjamkan ke mainz 05 Agustus 2011. Saat itu Karius hanya duduk dibangku cadangan kemudian ikut terjun untuk berlaga dipertandingan Bundesliga berhadapan dengan Hannover 96. Saat itu ia menggatikan Shawn Parker setelah kiper sebelumnya Christian Wetklo resmi dikeluarkan.

Ia menjadi kiper Bundesliga paling muda dengan usia 19 tahun 5 bulan. Musim 2015-2016, Karius tercatat mampu membuat 9 clean sheet, menepis dua penalti serta berhasil terpilih sebagai kiper terbaik kedua dalam jumlah polling 235 pemain Bundesliga. Prestasinya itu tidak terpaut jauh dari peringkat Manuel Neuer.

Di tahun 2016 tepatnya bulan Mei, Karius teken kontrak dengan Liverpool selama lima tahun. Mengenakan jersey nomor 1, dia menjalani debutnya bertanding di Piala EFL berhadapan dengan Derby County. Pada laga itu ia berhasil menang 3-0. Karius juga sempat bermain di Final Liga Champions UEFA 2018, saat itu Liverpool melawan Real Madrid.

Namun pada laga tersebut Loris Karius dianggap sebagai penyebab kekalahan Liverpool. Sebab gol pertama yang diblokir Karim Benzema justru dibelokan ke gawang. Sementara gol ketiga dibelokan ke Gareth Bale hingga 40 yard. Kejadian tersebut menjadi pengalaman pahit baginya hingga dihujat habis oleh pendukung Liverpool.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments