Saturday, January 28, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga IndonesiaIni Kata Jack Brown Tentang Peluang Timnas Indonesia U-19

Ini Kata Jack Brown Tentang Peluang Timnas Indonesia U-19

Striker Timnas Indonesia U-19 Jack Brown membeberkan peta persaingan Piala Asia U-19 yang akan diselenggarakan awal tahun depan, khususnya di Grup A.

Jack Brown adalah salah satu dari 38 pemain yang sedang menjalani pemusatan latihan di Stadion Madya, GBK, sejak 13 November lalu.

Selama persiapan, pemain blasteran Indonesia-Inggris turutberbicara tentangi peluang Timnas U-19 di ajang single event terbesar di Asia yang diselenggarakan dua tahun sekali. Timnas U-19 tergabung bersama Kamboja, Iran, dan tuan rumah, Uzbekistan.

“Saya melihat pemain-pemain di grup ini sangat apik. Indonesia bergabung dengan Uzbekistan, Iran, dan Kamboja. Uzbekistan kemungkinan besar akan tampil impresif karena mereka bermain di kandangnya sendiri,” kata Jack Brown ketika dihubungi pewarta.

“Pertandingan kedua, Indonesia akan berduel dengan Iran. Banyakorang yang sudah tahu dengan performa pemain Timnas Iran, yang menjadi tim terbaik di Asia. Terakhir ada Kamboja. Tim yang satu ini tentu saja tidak bisa diremehkan begtiu saja. Semangat pemainnya sangat membara dan tentunya bisa mengejutkan pemain kita,” dia menambahkan.

Timnas U-19 berlatih lebih intens dan ekstra agar bisa tampil maksimal saat melawan tiga negara tersebut. Apalagi PSSI menargetkan agar tim Garuda Muda bisa menempati posisi empat besar. Timnas sejauh ini sudah melakukan training camp di Kroasia selama kurang lebih dua bulan, dan TC tersebut dilanjutkan di Jakarta.

Berkaitan dengan hal tersebut, Jack Brown juga akan mati-matian berlatih agar bisa ditempatkan di lini depan.

“Jika dilihat-lihat, persaingan di lini depan tidak ada masalah. Saya tentu saja akan tetap bersaing agar bisa menempati slot kosong di posisi tersebut. Saya rasa semua pemain bersaing degan sehat agar bisa mendapatkan posisi itu,” ujarnya.

“Piala Asia U-19 pun sebentar lagi akan segara diselenggarakan, dan semua pemain bisa saja diturunkan ke langan karena performanya yang bagus-bagus. Pokoknya saya akan berlatih lebih keras dan serius agar bisa menempati slot kosong di Timnas Indonesia U-19,” pemain Lincoln City ini menegaskan.

Sudah Latihan Sepekan, Pemain Timnas Indonesia U-19 Masih Ada yang Belum Maksimal

Progres latihan Timnas Indonesia U-19 sejauh ini mengalami perkembangan yang positif setelah satu minggu menjalani pemusatan latihan. Namun, beberapa pemain masih ada yang belum sesuai dengan harapan.

David Maulana dan pemain lainnya di Jakarta sejak Jumat (13/11/2020). Tiga hari kemudian, mereka baru melaksanakan Training Camp (TC) di lapangan. Nova Arianto ditunjuk untuk menjadi pelatih sementara saat Shin Tae-yong mudik ke Korea Selatan. Pelatih asal Koresel terseut cukup memantau skuad Garuda Nusantara secara virtual.

Meski kepelatihan Timnas belum lengkap di lapangan, namun pemain menunjukan keseriusannya di TC kali ini. Menurut Nova, para pemain terus menunjukan perkembangan positif setiap harinya.

Meskipun demikian, Masih ada beberapa pemain yang belum sesuai dengan ekpektasi. Namun, eks pemain Persib Bandung itu tidak menyebutkan nama-nama pemain tersebut.

“Memang benar, masih ada pemain yang masih belum tampil maksimal. Semua progress latihan dan nama-nam apemain yang dinilai masih pas-pasan sudah dilaporkan ke coach Shin Tae-yong. Informasi selanjutnya nanti saya kabari lagi,” kata Nova kepada detikSport, Minggu (22/11/2020).

“Hasil laporan akhirnya nanti diumumkan, ya!” lanjut dia soal nama-nama pemain tersebut.

Dilansir dari laman PSSI, Timnas U-19 diberi materi latihan yang sangat padat sebanyak tiga kali sehari. Pada pagi hari, timnas U-19 diberikan materi sekaligus latihan mengenai strength endurance. Mereka harus naik turun tangga dan skipping.

Sedangkan pada sore hari, mereka diberikan latihan permainan atau teknik dengan bola di lapangan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ketahanan fisik pemain. Dan malam harinya mereka harus latihan di gym agar massa otot dan kekuatannya semakin meningkat.

“Shin Tae-yong yang membuat materi ini yang berfokus pada level endurance pemain. Selain itu, mental pemain juga diuji selama latihan. Jadi, pemain mau tidak mau harus ekstra lebih keras saat latihan,” Nova menjelaskan.

TC Timnas Indonesia U-19 di Jakarta akan diselenggarakan sampai TC selanjutnya. Kegiatan ini termasuk ke dalam rangkaian persiapan Timnas U-19 untuk mengikuti ajang Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments