Thursday, February 29, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga SpanyolDeretan 5 Bek Sayap Dengan Assist Terbanyak, Dani Alves Nomor Satu

Deretan 5 Bek Sayap Dengan Assist Terbanyak, Dani Alves Nomor Satu

Pemain yang banyak mendapat sorotan setelah penyerang yakni bagian bek sayap. Keberadaanya dalam sebuah tim memang sangat diperlukan sebab peranan mereka begitu besar. Bek sayap terlibat aktif untuk menyerang pertahanan lawan. Bahkan terkadang pemain tersebut juga bergeser ke posisi tengah dan berpeluang menciptakan assist terbanyak.

Pada dua sisi melebar, bek sayap harus berkosentrasi membetengi lini pertahanan. Seperti strategi permainan yang selalu ditonjolkan oleh Jurgen Klopp. Pelatih tersebut selalu mengutamakan peran duo full-back. Ketika dirinya menjadi pelatih Borussia Dortmund, Klopp mengkolaborasikan Marcel Schmelzer dan Lukasz Piszczek sebagai amunisi dari lini pertahan melebar.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Sementara Liverpool, Jurgen Klopp juga menduetkanTrent-Alexander Arnold dengan Andres Robetson. Duet tersebut mampu membawa Liverpool berhasil menduduki puncak penyuplai assist paling banyak di lima liga top Eropa 2019 lalu. Hingga menciptakan banyak peluang bagi tim untuk mencetak gol kemenangan.

Daftar Pemain Penyumbang Assist Terbanyak

Dilansir dari Sportskeeda, ada lima pemain yang berhasil menyumbangkan assist paling banyak selama mengarungi lapangan hijau yaitu sebagai berikut:

Lukasz Piszczek

Pria berusisa 35 tahun ini tercatat mampu menghasilkan assist hingga 49 kali selama berkarir sebagai penyerang tengah bersama Zaglebie Lubin. Pemain asal Polandia ini sebelumnya masuk pada klub Herta Berlin yang menjalani kompetisi Bundesliga tahun 2007 silam.

Permainan yang ditunjukannya sebagai gelandang memang luar biasa. Sebelum cedera, Arne Friedrich menempatkannya sebagai pemain sayap kiri, kemudian ia pindah haluan menjadi bek kanan. Musim 2010 Bourssia Dormund berhasil membawanya pulang. Dibawah asuhan Jurgen Klopp ia berkembang dengan pesat dan mampu menjadi gelandang box-to-box.

Jordi Alba

Jordi Alba bergabung menjadi anggota tim muda Barcelona. Pemain ini berhasil melakukan debutnya dengan cemerlang untuk Valencia sebelum kembali menuju klub masa kecilnya 2012 lalu. Sejak saat itu ia resmi menjadi salah satu pemain Blaugrana. Ketika diduetkan dengan Dani Alves, Alba menjadi pemain andalan di sisi kiri.

Keduanya mampu tampil ofensif untuk Barcelona. Setelah Alves keluar dari Camp Nou 2016 silam, rupanya Alba tetap bermain dengan sempurna hingga mampu memberikan dorongan cukup kuat dari sayap kiri. Pemain berusia 31 tahun ini tercatat telah memberikan 54 assist selama bergabung dengan Blaugrana.

Roberto Carlos

Roberto Carlos dianggap sebagai bek kiri terbaik dunia yang telah menyumbangkan assist terbanyak. Dirinya berkarir didunia sepakbola selama lebih dari dua dekade. Pemain asal Brasil itu memulai karirnya sebagai striker kemudian seiring berjalannya waktu ia berubah menjadi pemain bek sayap. Diposisinya yang baru, Roberto Carlos mampu bersinar.

Terutama saat ia bergabung bersama Real Madrid. Kemampuan pria 47 tahun itu menggiring bola sangat cepat dan gesit. Hingga ia mampu menghasilkan umpan silang sangat baik dan berhasil dimanfaatkan oleh para penyerang. 11 tahun bersama Real Madrid ia berhasil mencetak 70 gol dan 88 assist, 53 diantaranya ketika bermain di La Liga.

Marcelo Vieira

Marcelo Vieira bergabung bersama Real Madrid pada musim panas 2006 silam ketika karir Roberto Carlos mulai meredup. Rupanya kedatangannya mampu menjadi penerus seniornya. Saat tampil sebagai pemain sayap ia bermain dengan atribut menyerang dan defensive. Diasuh oleh pelatih asal Portugal, Jose Mourinho, Marcelo berpindah menjadi bek kiri.

Pada kompetisi La Liga ia berhasil mencetak satu gol dan satu assist. Performanya yang begitu cepat, lincah dengan crossing serta kecakapan mencetak gol, membuat pemain 32 tahun itu lekad bersaing dengan Cristiano Ronaldo. Total jumlah assist yang berhasil ia kumpulkan selama berkarir sebagai pesepak bola yakni sebanyak 68 assist.

Dani Alves

Salah satu bek kanan terbaik di dunia yaitu Dani Alves. Pemain ini telah memberikan perannya di 5 klub liga teratas di tiga negara yaitu Spanyol, Italia dan Prancis. Rupanya karir paling produktifnya yakni saat bersama dengan Barcelona. Sejarah mencatatkan Dani Alves berhasil membukukan 100 assit bersama 5 liga teratas.

Alves menghasilkan 83 assist saat bersama Sevilla dan Barcelona berlaga di La Liga, 3 assist ketika bermain untuk Serie A dengan Juventus dan 14 kali di Ligue 1 bersama Paris-Saint Germain. Bergabung selama delapan musim bersama rakasa La Liga, pemain dengan assist terbanyak tersebut berhasil memenangkan dua treble continental kemudian sebelum memutuskan pindah ke Juventus.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments