Wednesday, February 1, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga ItaliaDaftar Staf Kepelatihan Juventus di Bawah Andrea Pirlo

Daftar Staf Kepelatihan Juventus di Bawah Andrea Pirlo

Daftar staf kepelatihan Juventus akhirnya mencuat ke permukaan. Diantara daftar jajaran tersebut, masih ada yang sempat bekerja di bawah kepemimpinan Maurizio Sarri.

Pirlo sudah ditentukan sebagai pelatih kepala oleh Juventus. Kabarnya poisinya menggantikan Maurizio Sarri yang dipecat setelah Juventus kalah di babak 16 besar Liga Champions.

Sebenarnya, Pirlo belum pernah melatih sebuah tim. Oleh karena itu, Juventus merekrut Igor Tudor sebagai asisten Pirlo. Tudor memiliki segudang pengalaman menjadi seorang pelatih, yaitu di Hadjuk Split, PAOK, Karabukspor, Galatasaray, dan Udinese.

Di bawah Tudor ada Roberto Baronio dan Antonio Gagliardi yang berpengalaman menjadi pelatih di tim nasional Italia. Baronio sebagai pelatih U-19 dan Gagliardi pernah bekerja sebagai analis pertandingan di tim senior, sementara Paolo Bertelli berperan sebagai kepala pelatih fisik dan sebelumnya ia pernah di Juventus mulai 2011 hingga 2014.

Andrea Pertusio dan Enrico Maffei akan membantu Bertali. Keduanya masuk ke jajaran staf kepelatihan Sarri di musim sebelumnya.

Sedangkan Duccio Ferrari Bravo diangkat sebagai kepala sport science. Posisi tersebut sebelumnya diisi oleh Roberto Sassi. Untuk jajaran analisis pertandingan Si Nyonya Tua, Juventus masih mempercayai orang-orang lama.

Di daftar jajaran staf kepelatihan Pirlo, Nama Alessandro Nesta tidak ada. Pelatih Frosinone sekaligus mantan rekan Pirlo di AC Milan itu disebut-sebut sempat menjadi incaran.

Musim 2020/2021 Juventus dimulai pada 24 Agustus. Juventus memulai persiapannya dan akan berkumpul di JTC pada Senin sore.

Daftar Jajaran Staf Juventus

Berikut ini adalah daftar lengkap staf teknis tim utama, yaitu:

  • Pelatih: Andrea Pirlo
  • Asisten Pelatih: Igor Tudor
  • Kolaborator Teknis: Roberto Baronio
  • Kolaborator Teknis: Antonio Gagliardi
  • Kepala Pelatih Fisik: Paolo Bertelli
  • Pelatih Fisik: Andrea Pertusio
  • Pelatih Fisik: Enrico Maffei
  • Kepala Sport Science: Duccio Ferrari Bravo
  • Kolaborator Sport Science: Antonio Gualtieri
  • Pelatih Kiper: Claudio Filippi
  • Kolaborator Pelatih Kiper: Tommaso Orsini
  • Kepala Analisis Pertandingan: Riccardo Scirea
  • Kolaborator Analisis Pertandingan: Domenico Vernamonte
  • Kolaborator Analisis Pertandingan: Giuseppe Maiuri

Pirlo Sempat Tertarik Menggandeng Nesta?

Pirlo akhirnya dipercaya sebagai juru taktik anyar klub Juventus setelah dipecatnya Maurizio Sarri. Dengan terpilihnya pelatih baru tersebut, Juventus merombak staf jajarannya untuk performa yang lebih maksimal lagi
Alessandro Nesta disebut-sebut pernah diincar Si Nyonya Tua. Pirlo menginginkan dia untuk masuk ke staf jajarannya yang baru.

Untuk mempersiapkan laga di musim depan, Pirlo melakukan perombakan di skuad Juventus. Ia berencana mendepak pemain-pemain yang tidak dibutuhkan lagi. Blaise Matuidi adalah salah satunya, sementara Gonzalo Higuain dan Sami Khedira dikabarkan sedang dalam proses.

Namun bukan itu saja yang akan dilakukan Pirlo. Dalam debut perdananya sebagai allenatore, ia juga ingin merekrut staf-staf handal sekaligus yang lebih berpengalaman. Oleh karena itu, ia merekrut beberapa orang terdekat yang dipercayainya.

Roberto Baronio merupakan salah satunya yang sudah gabung di jajaran staf. Antonio Gagliardi direkrut dari Timnas Italia untuk menjadi analis. Ada juga, Igor Tudor, yang merapat ke Turin. Perekrutan ini tentu tidak sampai disitu saja.

Menurut Corriere dello Sport, Nesta sudah dihubungi Pirlo untuk menjadi bagian dalam tim pelatih Juventus. Bahkan katanya ia diminta menjadi asisten pelatih atau wakil Pirlo sendiri.

Pirlo dan Nesta diketahui memang akrab. Mereka pernah bermain bersama di AC Milan selama periode 2002-2011 dan memboyong trofi menjuarai Piala Dunia 2006. Saking akrabnya, Pirlo menyebut dalam autobiografinya ia masih ingin bermain bersama Nesta dan menolak ajakan Pep Guardiola bergabung dengan Barcelona pada 2010 .

Pirlo ingin menggandeng Nesta masuk ke dalam daftar staf kepelatihan Juventus tentu saja karena beberapa alasan tertentu. Ini dikarenakan Nesta memiliki pengalaman lebih banyaksebagai pelatih dibandingkan dengan dirinya. Saat ini, Nesta melatih klub Serie B, Frosinone. Sebelum melatih Frosinone, sebelumnya Nesta pernah melatih Miami FC (2015-2017) dan Perugia (2018-2019).

Saat ini, status Nesta masih sebagai pelatih Frosinone yang bermain di Serie B. Mereka baru saja kalah di final play-off Serie A dari Spezia. Nesta juga memiliki karier di dunia kepelatihan yang lebih lama dibanding Pirlo. Sebelum Frosinone, ia sudah pernah melatih Miami FC (2015-2017) dan Perugia (2018-2019).

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments