Sunday, June 16, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga InggrisDaftar Pemain Terbaik Besutan Jurgen Klopp

Daftar Pemain Terbaik Besutan Jurgen Klopp

Suksesnya seorang pemain sepak bola tentu tidak terlepas dari peran pelatih yang selama ini membimbingnya. Tidak hanya pemain, pelatih yang handal juga sering diperebutkan klub-klub yang ingin meningkatkan kapabilitasnya. Salah satu pelatih yang dikenal memiliki jejak karir yang gemilang adalah Jurgen Klopp.

Pelatih yang kini tengah mengasuh klub besar Liverpool ini dulunya pernah berhasil mendapatkan gelar juara bersama Borussia Dortmund. Pelatih yang lahir di Stuttgart ini dikenal sebagai seseorang yang cerdik dalam memanfaatkan potensi pemain. Bagaimana sepak terjang karir sang pelatih ulung ini?

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Sepak Terjang Karir Jurgen Klopp

Jurgen Klopp merupakan pelatih sepak bola asal Jerman yang dulunya juga merupakan pemain sepak bola profesional. Karirnya sebagai pemain sepak bola dimulai sejak tahun 1989 hingga 2001 sebagai striker dan beralih menjadi bek sejak tahun 1995.

Potensinya yang luar biasa di bidang sepak bola membuat pelatih yang berusia 53 tahun ini didapuk untuk menjadi manajer tim senior FSV Mainz 05 selama tujuh tahun. Kemudian bergabung dengan Borussia Dortmund pada bulan Mei 2008 dengan kontrak selama dua tahun.

Berkat kemampuannya, Dortmund berhasil menjuarai DFB-Supercup 2008 mengalahkan Bayern Munchen. Sejak 8 Oktober 2015, Klopp akhirnya pindah menjadi pelatih Liverpool hingga sekarang.

Pelatih handal ini kerap dikenal dengan filosofi sepak bola heavy metal. Klopp mengajarkan kepada timnya untuk selalu menekan lawan di lapangan dan memaksa mereka untuk melakukan kesalahan agar bisa mencetak gol dalam waktu singkat. Taktik menekan balik juga dilakukan dengan sangat baik oleh tim milik Klopp sehingga mereka bisa menguasai bola secepat mungkin sebelum lawan sempat berkonsolidasi.

Daftar Pemain Besutan Klopp

Pecinta sepak bola dunia tentu mengenal Robert Lewandowski dan Mohamed Salah yang populer dengan kemampuannya sebagai pencetak gol ulung. Kedua pemain tersebut adalah hasil gemblengan dari Jurgen Klopp. Selain itu, beberapa pemain lainnya yang juga berhasil menjadi rekrutan terbaik Klopp di antaranya adalah:

1. Alisson Becker, Kiper

Dampak instan langsung ditunjukkan Alisson Becker di Anfield. Lini belakang menjadi sangat solid dengan catatan 47 clean sheet dalam 96 pertandingan di semua kompetisi untuk Liverpool. Alisson Becker pun dikenal sebagai kiper dengan ketenangan dan kemampuannya menghentikan tembakan serta memainkan bola dari belakang.

2. Virgil van Dijk, Bek Tengah

Virgil van Dijk berhasil menjadi salah satu bek tengah terbaik sejak bergabungnya dari Southampton ke Liverpool pada tahun 2018. Pemain asal Belanada ini memiliki kesadaran posisi yang sangat sempurna sebagai jantung pertahanan Liverpools ehingga sulit untuk dilewati pemain lawan. Meskipun cetakan gol yang berhasil diraih baru 13 gol dalam 130 pertandingan, kehebatan udara Van Dijk tidak terelakkan lagi.

3. Marco Reus

Marco Reus yang sempat absen di Piala Eropa 2012 ini semakin berkembang di bawah asuhan Klopp saat dirinya bergabung dengan Borussia Dortmund. Reus memiliki kemampuan fleksibilitas yang tinggi sehingga bisa ditempatkan di berbagai posisi baik di tengah maupun sepertiga terakhir lini serang.

Kelincahan, kecakapan mengoper, kemampuan menembak, dan kemampuannya mencetak gol menjadikannya sebagai salah satu pemain kelas dunia.

4. Mohamed Salah

Siapa yang tidak mengenal Salah, salah satu bintang utama Liverpool yang langsung moncer sejak bergabungnya pada tahun 2017 lalu. Mohamed Salah dikenal sebagai pencetak gol yang produktif dan bermain dengan sangat baik di posisi sayap kanan.

Total sudah ada 103 gol dan 42 assist yang berhasil dicetak dalam 163 pertandingan untuk Liverpool. Kehebatannya dalam menciptakan gol, kecepatannya dalam berlari, dan keterampilannya menggiring bola semakin meningkat sejak diasuh Klopp.

5. Robert Lewandowski, Penyerang Tengah

Saat ini, Robert Lewandowski disebut-sebut sebagai salah satu striker terpanas di dunia. Namanya semakin menanjak naik sejak performanya saat memperkuat Borussia Dortmund yang saat itu masih di bawah asuhan Klopp.

Selain menjadi penyerang tengah yang handal, Lewandowski juga berkembang menjadi salah satu lini pertahanan dalam tim. Kemampuannya untuk mengintimidasi para pemain lawan untuk melakukan kesalahan menjadi satu bukti filosofi heavy metal yang dipegang Klopp.

Selain pemain-pemain bintang di atas, masih banyak lagi pemain-pemain lainnya yang juga semakin berkembang kemampuannya sejak diasuh oleh Jurgen Klopp. Predikat sebagai pelatih terbaik memang layak diberikan kepada mantan striker profesional tersebut.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments