Saturday, January 28, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga IndonesiaCarlos Oliveira Pelatih Arema FC Cukup Getol Jelang Liga 1 2020

Carlos Oliveira Pelatih Arema FC Cukup Getol Jelang Liga 1 2020

Pelatih baru dari Arema FC, Carlos Oliveira sudah bertugas dua kali dalam sesu latihan. Pelatih asal Brasil ini tergolong cepat untuk menyatu dengan tim. Bahkan sudah mampu menciptakan suasana yang bagus dalam tim.

Pelatih ini kerap melihat ada beberapa hal yang harus sering diterapkan dalam sesi latihan. Terutama untuk membuat skema agar berjalan lebih sempurna. Dalam sesi latihannya, Carlos menerapkan beberapa program latihan.

Ada tuga program yang diterapkan dalam semua sesi latihan ini. Mulai dari tendangan bebas, tendangan sudut dan small side games dengan dua kali sentuhan. Mantan pelatih Becamex Binh Doung ini memperhatikan dua hal dalam latihan, yaitu akurasi tendangan sudut dan tendangan bebas.

Pelatih ini terus mengamati akurasi para pemain Arema, sementara untuk small side games diserahakan kepada asistennya. Dalam laihan ini Carlos masih menemukan beberapa pemain yang memiliki akurasi umpan silang yang lemah.

Seperti pemain sayap, Feby Eka Putra yang masih banyak melepaskan umpan yang tidak tepat sasaran. Walaupun begitu bukan berarti kualitas dari Feby tidak bagus. Saat latihan pun Fevy mampu memberikan umpan dengan kai kiri, padahal secara skill dia kuat di kaki kanan.

“Saya yakin mereka mampu untuk memperbaiki hal tersebut, dengan terus mengulang latihan, maka akurasi bisa menjadi lebih baik,” ungkap pelatih Arema.

Soroti Tendangan Bebas yang Melenceng Jauh

Sementara dalam sesi tendanga bebas, masih banyak para pemain yang tidak membuat gol. Padahal tidak ada pagar betis yang menghalanginya. Sehingga program latihan ini difokuskan untuk mencetak gol dalam tendangan bebas saat pertandingan.

Saat ada tendangan bebas yang melenceng jauh, Carlos tampak kurang puas. Namun dia yakin bahwa pemain Arema FC akan terus lebih baik untuk beberapa pertandingan mendatang.

“Bayangkan saja melakukan tembakan ini dalam pertandingan yang sesungguhnya, banyangkan pula ini merupakan kesempatan terakhir untuk mencetak gol,” pacing Carlos saat latihan.

Untuk saat ini juga, Arema tidak memiliki sosok pemain yang kuat untuk tendangan bebas. Bila pada musim lali Arema msih memiliki Makan Konate, namun musim ini mereka sudah kehilangan Oh In-kyun yang bisa menjadi andalan bola mati. Pemain asal Korea Selatan ini memilih untuk pensiun dan tidak melanjutkan kontrak.

Keunikan Pelatih Arema FC Pada Setiap Sesi Latihan

Sosok pelatih asal Brasil ini juga sudah membaur dengan para pemain Arema. Bahkan tim Arema yang sudah memiliki kekeluargaan yang kental ini mampu diadaptasi. Walaupun cukup serisu saat latihan, dia masih sempat untuk ikut bercanda dengan pemain.

Seperti contoh saat melakukan tos sebelum dan usai latihan. Ada tradisi satu pemain atau tim pelatih yang ditempatkan ditengan untuk ditendang atau dipukul saat high five. Biasanya tradisi ini tidak ada saat hadirnya pelatih baru karena tim pelatih masih segan untuk bercanda.

Namun hal ini berbeda dengan Carlos, tos ala Arema tidak dihilangkan karena dia juga bisa membaur dalam suasana penuh canda.

“Tadi saya dikerjai ditengah, Coach Carlos pun ikut memukul. Begitu saya lihat dia langsung menyembunyikan tangannya seolah tidak ikutan,” Canda Kuncoro selaku asisten pelatih.

Dilain sisi, pelatih Arema ini akan memiliki mata yang serius saat latihan dimulai. Sejak diperkenalkan sebagai pelatih baru, Carlos menegaskan tidak akan main-main untuk menyiapkan tim jelang lanjutan Shopee Liga 1 2020.

Kuncoro selaku asisten pelatih menegaskan bahwa, melatih di Arema itu berbeda. Tidak hanya sekedar melatih, namun juga menjadi bapak dari pemain. Baik didalam maupun diluar lapangan. Kuncoro memandang bahwa sosok Carlos bisa melakukan hal tersebut. semakin kuat karena komunikasi dengan tim pelatih serta pemain sudah bagus.

Sejak tahun 2012 memang Kuncoro kerap menjadi asisten pelatih di Arema Malang. Namun dari deretan pelatih ini, baru Carlos yang berasal dari Brasil. Dia berharap ini akan menjadi keberuntungan untuk prestasi dari Arema.

Latihan yang cukup serius untuk meningkatkan performas dari pemain memang akan dibuktikan pada laga yang sebentar lagi dimulai. Mulai dari ini perjalanan dari Arema FC akan dimulai dan dipertaruhkan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments