Sunday, March 26, 2023
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga JermanBastian Schweinsteiger Minta Timnas Jerman Panggil Muller dan Boateng

Bastian Schweinsteiger Minta Timnas Jerman Panggil Muller dan Boateng

Usai kekalahan mengejutkan timnas Jerman vs Spanyol pada Rabu 18 November 2020 dini hari lalu membuat timnas yang pernah menjuarai Piala Dunia ini memendam kekecewaan yang mendalam. Bukan tanpa alasan, pertandingan pada laga UEFA Nations League benar-benar membuat Jerman dibantai habis-habisan oleh Spanyol dengan skor akhir 6 – 0.

Tak hanya para pemain dan Joachim Loew yang tertunduk lesu usai kekalahan memalukan yang baru terjadi setelah 89 tahun tersebut. Mantan pemain tim nasional Jerman seperti Bastian Schweinsteiger pun turut geram bahkan ikut angkat bicara. Schweinsteiger meinta sang pelatih untuk mempertimbangkan Jerome Boateng dan Thomas Muller agar dipanggil menjadi bagian dari tim inti Jerman.

Timnas Jerman Butuh Panggil Pemain Veteran

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Sebagai mantan pemain timnas Jerman dari tahun 2004 hingga 2016, Bastian Schweinsteiger turut prihatin sekaligus kesal dengan hasil yang sangat mengecewakan dengan pertandingan melawan Spanyol beberapa hari lalu. Menurutnya komposisi pemain yang diusung Joachim Loew masih kurang tepat.

Setidaknya ada dua pemain yang harusnya dipanggil untuk memperkuat skuad tim nasional Jerman. Jerome Boateng dan Thomas Muller merupakan pemain yang saat ini masih menjadi bagian dari tim inti klub besar asal Jerman, Bayern Munchen. Menurut Schweinsteiger menilai kedua pemain tersebut sangat pantas untuk bermain bersama timnas karena keduanya masih sama-sama berada di level atas.

Sejak kegagalan total pada Piala Dunia tahun 2018 lalu, Jerman mengalami periode yang sulit hingga puncaknya adalah kekalahan terbesar setelah hampir satu abad saat melawan Spanyol di UEFA Nations League. Tidak main-main, skor yang dihasilkan Spanyol dengan cetakan 6 gol tidak berhasil dibalas satu pun oleh tim Jerman.

Kekalahan Jerman pada laga Liga A Grup 4 UEFA Nations League di Estadion Olimpico de Sevilla lalu membuat pemenang Piala Dunia 2014 ini disebabkan lantaran kurang kompaknya pemain tim nasional dari berbagai lini. Manuel Neuer selaku kapten tim harus kelabakan menerima enam gol tanpa balasan ke gawang lawan.

Baik dari lini pertahanan maupun penyerang, sama-sama dalam keadaan yang lemah dan tak berdaya. Hingga tak ada satupun gol yang berhasil dicetak setidaknya untuk memberi balasan ke Spanyol. Kurangnya koordinasi dan komunikasi antar tim juga menjadi penyebab lain kekalahan timnas ini.

Thomas Muller dan Jerome Boateng sendiri sudah tidak masuk dalam rencana Joachim Loew sejak pertandingan Piala Dunia 2018 lalu. Menurutnya pada musim 2018/2019 keduanya tampil tidak cukup bagus sehingga cukup menjadi alasan kuat untuk tidak memanggil kedua pemain tersebut.

Namun, pada musim 2019/2020 lalu baik Boateng maupun Muller keduanya berhasil menampilkan performa terbaiknya hingga menjadi pilar penting Bayern Munchen. Sehingga mantan pemain timnas Jerman, Schweinsteiger merasa yakin keduanya masih bisa membela timnas.

Schweinsteiger mengaku antara dirinya dan pelatih timnas memang tidak satu pendapat, seperti yang dikutip SportBible. Namun, mantan pemain tim nasional Jerman ini merasa yakin terhadap kedua pemain tersebut lantaran Boateng dan Muller sama-sama pernah memenangkan treble winner di Bayern Munchen. Mereka memiliki kualitas yang bagus sehingga layak menjadi tim utama klub kenamaan sekelas Bayern Munchen.

Jerman Bermain Tanpa Karakter

Seperti diketahui bahwa kegagalan yang dialami tim nasional Jerman sangat mengejutkan berbagai pihak. Selaku mantan pemain, Schweinsteiger mencoba memberi pendapat terhadap apa yang telah dilakukan para pemain di timnas. Menurutnya tidak ada karakater yang tepat di timnas negaranya tersebut. Sehingga Schweinsteiger merasa benar-benar kecewa dengan pasukan yang dibawa Joachim Loew.

Menurutnya skor kekalahan 6 – 0 adalah skor yang sangat memalukan bagi Jerman. Meskipun harus kalah dengan Spanyol, namun setidaknya tidak dengan skor seperti itu. Hal tersebut benar-benar mengganggu mantan pemain gelandang timnas ini.

Schweinsteiger juga mengungkapkan bahwa pemain-pemain di dalam tim seperti tidak memberikan perlawanan dan merasa tidak seperti sebuah tim. Tak heran jika Spanyol akhirnya bisa mengungguli timnas Jerman. Para pemain harusnya bisa menampilkan nilai-nilai tertentu yang harus diwakili oleh timnas dan sayangnya hal tersebut tidak ditunjukkan di lapangan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments