Wednesday, February 1, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga SpanyolBarcelona tanpa Lionel Messi, Semakin Terpuruk?

Barcelona tanpa Lionel Messi, Semakin Terpuruk?

Pertandingan La Liga dan Liga Champions baru berjalan beberapa pekan. Masih sekitar 1 bulan lagi untuk istirahat dan memasuki bursa transfer pertengahan musim 2020-2021. Menarik, membicarakan nasib Lionel Messi untuk musim selanjutnya.

Seperti diketahui akhir musim 2019-2020 prestasi Barcelona terpuruk. Saat itu, tim raksasa Spanyol ini tidak dapat meraih gelar satupun. Quique Setien sebagai pelatih langsung dipecat manajemen Barcelona sesaat setelah kekalahan di perempat final Liga Champions melawan Bayern Munchen. Klub yang menjadi juara liga tersebut di musim lalu.

Digantikan oleh Ronald Koeman. Seorang yang dipilih oleh manajemen dan pernah menjadi pemain Barcelona di masa lalu dia juga pernah melatih Valencia. Terakhir, karirnya sebagai pelatih timnas Belanda.

Koemann yang baru datang, menghadapi beberapa masalah di Barca. Dia harus sesegera mungkin menyusun Squad untuk menghadapi jadwal pertandingan di musim selanjutnya.

Masalah yang paling besar dihadapi pelatih asal Belanda ini adalah transfer pemain. Dengan kondisi klub yang sedang menghadapi masalah keuangan karena pandemi, dia harus benar-benar dapat mengatur pemain. Saat itu, langkah yang pertama kali dilakukan yaitu membentuk kuat muda resikonya beberapa nama harus dihilangkan.

Dengan terpaksa manajemen mengeluarkan Luis Suarez, Ivan Rakitic, dan Arturo Vidal dari tim. Pelepasan yang sangat disayangkan oleh fans Barca. Namun, klub mengatakan bahwa hal tersebut dilakukan untuk keuangan.

Yang paling disayangkan, tentu saja pelepasan Luis Suarez yang kontroversial. Apalagi di waktu sama, Messi juga berkeinginan untuk keluar klub.

Keberadaan Lionel Messi di Barcelona

Lionel Messi, bintang la blaugrana asal Argentina, sudah lebih dari 10 tahun membela klub tersebut. Namun, di musim transfer lalu dia berkeinginan untuk keluar. Dalam perkiraan, dirinya bisa keluar bebas transfer sesuai perjanjian.

Presiden Josep Maria Bartomeu, menyangkal klausul bebas transfer. Menurutnya klausul tersebut sudah kadaluarsa karena hanya berlaku sampai akhir musim di bulan Juni 2020. Sementara itu, laga baru berakhir bulan September karena ditunda dengan alasan pandemi covid 19. Manajemen meminta 700 juta Euro sebagai syarat transfer. Jumlah yang cukup besar bagi klub manapun yang ingin meminang La Pulga. Apalagi tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi menyebabkan masalah ekonomi bagi hampir semua klub di dunia.

Akhirnya, Messi memutuskan untuk tetap berada di Barca minimal 1 musim selanjutnya. Itu berarti pada tanggal 30 juni 2021 ketika masa transfer berakhir dia bisa pergi dengan status bebas transfer.

Banyak orang memperkirakan, kiprah Messi selama 15 tahun di El Barca benar-benar akan berakhir.

Gerard Pique, sang penjaga gawang andalan Los Clues, berharap Messi mau tetap bertahan di klub. Menurutnya, Selama ada La Pulga selalu ada harapan bagi Barcelona. Bahkan, Pique berani menyatakan itu yang akan dilakukannya jika menjadi Presiden Barca selanjutnya.

Prestasi Barcelona pasca 100 hari Romald Koemann memang masih terseok-seok, khususnya di Liga Spanyol.

Dengan gaya permainan baru dari pelatih, Barcelona kini berada di peringkat 13 klasemen sementara dengan raihan 11 poin.

Messi sendiri baru menyumbangkan 6 gol. Lima di antaranya merupakan tendangan penalti.

Legenda Barcelona Rivaldo, dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa klub tersebut harus membiasakan bermain tanpa Messi. Apalagi sampai hampir pertengahan musim belum ada tanda-tanda positif dari pemain ini.

Laga terakhir anak-anak Camp Nou di Liga Champions saat melawan Dynamo Kiev membuktikan hasil positif. Ronald Koemann tidak memainkan bintangnya dengan alasan harus istirahat.

Trik yang jitu karena di Liga Champions La Blaugrana bermain tanpa beban. Mereka sudah memenangkan 3 pertandingan sebelumnya. Namun, mereka berhasil mengalahkan Kiev dengan skor telak, 4-0.

Siapa yang akan mengambil keuntungan dari berakhirnya masa kontrak Messi? Manchester City menjadi klub singgah yang paling banyak diperbincangkan. Apalagi di sana ada Pep Guardiola, pelatih sekaligus sahabat sang bintang. Sejak transfer musim panas lalu, Etihad Stadium disebut-sebut akan menjadi tempat Messi merumput setelah keluar dari Camp Nou.

Di balik itu, ternyata ada klub lain yang diisukan juga sudah melakukan penawaran kepada Lionel Messi. Chelsea, siap membayar penuh gajinya yang sangat tinggi.

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments