Saturday, January 28, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga IndonesiaYakin Shopee Liga 1 2020 Akan Lanjut, Ini Persiapan PT LIB

Yakin Shopee Liga 1 2020 Akan Lanjut, Ini Persiapan PT LIB

Shopee Liga 1 2020 kabarnya akan tetap diselenggarakan, sehingga PT Liga Indonesia Baru (LIB) mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Namun, apakah hal tersebut sudah mendapatkan izin?

Perundingan mengenai Shopee Liga 1 dihadiri oleh PT LIB, PSSI, dan 18 klub kontestan Liga 1 di Royal Ambarukmo, Selasa (13/10/2020) sore WIB. Hasilnya, mereka setuju untuk menyelenggarakan liga kembali mulai 1 November.

Oleh karena itu, operator liga langsung melakukan penyusunan ulang jadwal pertandingan.

“Jadwal harus segera disiapkan sekaligus dengan protokol kesehatan juga,” kata Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita usai pertemuan sore ini.

“Ini harus dipersiapkan sedini mungkin agar liga lanjutan nanti bisa berjalan sesuai dengan harapan tanpa harus mengalami hal-hal yang tidak diinginkan,” sambungnya.

Shopee Liga 1 2020 Optimis Diselenggarakan November

Kompetisi Shopee Liga 1 2020 kabarnya akan segera diselenggarakan awal November nanti. Hal ini sudah mendapatkan kesepakatan dari PT LIB, PSSI , dan seluruh klub Liga 1 2020. Klub berharap pihak kepolisian menyetujui permohonannya tersebut.

Rapat tersebut diselenggarakan di Ambarrukmo Hotel, Selasa (13/10/2020) sore WIB. Hasil dari rapat tersebut adalah kesepakatan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang akan dilanjutkan 1 November mendatang.

Ini tentu saj amenjadi kabar baik bagi para pencinta sepakbola Indonesia. Masyarakat harus absen terlebih dahulu dari tayangan pertandingan sepakbola selama kurang lebih tujuh bulan akibat kassu Covid-19 yang terus meradang.

Meskipun laga lanjutan tersebut akan diselenggarakan tidak lama lagi, sampai saat ini perizinan dari pihak kepolisian belum ada titik terang. Ini tentu saja menjadi pertimbangan yang sempat terlupakan, mengingat saat ini pihak kepolisian masih berfokus pada penanganan COVID-19.

“Kami masih menunggu izin dari kepolisian. Jika diizinkan, Liga akan diselenggarakan 1 November nanti,” ujar GM Borneo FC Firman Achmadi selaku perwakilan 18 klub Liga 1 yang hadir dalam pertemuan di Royal Ambarukmo, Sleman,” Selasa (13/10/2020).

Langkah Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun mendapat apresiasi karena sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian. Dia sangat berharap pihak kepolisian akan memberikan izin terkait kompetisi lanjutan tersebut.

“Langkah ketum PSSI layak untuk diapresiasi. Sejauh ni mereka sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait kompetisi Liga lnajutan tersebut. Kita semua optimis,” tegasnya.

Mochamad Iriawan akan terus mengupayakan agar lanjutan Shopee Liga 1 bisa segera dipentaskan. Menurutnya, penularan COVID-19 sudah mulai mereda terutama di daerah DKI Jakarta dan relatif bisa dikondisikan.

“Semoga saja perizinan bisa langsung keluar. Dalam konpres, saya mengajukan permohonan pada pihak kepolisian agar bisa mengeluarkan izin untuk Liga Shopee 1 nanti,” kata Iwan Bule usai meminpin extraordinary club meeting.

“Kasus COVID-19 saat ini sudah tidak meradang. Bahkan Jakarta saat ini tidak PSBB dan ini bisa jadi pertimbangan pihak kepolisian,” tutupnya.

Pihak Kepolisian Masih Belum Berikan Izin?

Sayang, mimpi PSSI untuk menyelenggarakan lanjutan Shopee Liga 1 2020 tidak bisa diwujudkan. Pihak kepolisian belum memberikan izin terkait penyelenggaraan kompetisi tersebut.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) masih tetap pada aturan mereka di awal. Kasus pandemi COVID-19 di Indonesia masih tinggi, sehingga tidak akan ada izin bagi kegiatan yang berpotensi mengundang keramaian.

Di sisi lain, Polri masih berfokus pada pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada akhir tahun. Ini tentu saja atas dasar perintah pemerintah agar Pilkada tetap diselenggarakan di tengah pandemi virus corona, sehingga Polri mengutamakan hal tersebut.

“Polri kan sudah jelas menyampaikan kalau selama Pilkada-Pandemi tidak akan mengeluarkan izin keramaian,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono.

Sebelumnya, Argo sudah menyatakan sikap Polri ini saat mengumumkan tidak mengeluarkan izin pementasan Shopee Liga 1 yang seharusnya sudah dimulai 1 Oktober lalu. PSSI tetap bersikukuh Liga ini harus diselenggarakan.

Setelah mengetahui larangan tersebut, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan langsung memasang target bahwa kompetisi Shopee Liga 1 2020 sebisa mungkin bisa diselengarakan November mendatang.

Namun, keinginan ini nampaknya harus bertepuk sebelah tangan, meskipun PT LIB dan PSSI terus mengusahakannya. Oleh karena itu, kompetisi ini kemungkian besar tidak bisa diselenggarakan November nanti.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments