Wednesday, February 1, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga SpanyolUji Coba Tim Asuhan Koeman di Pertandingan Persahabatan

Uji Coba Tim Asuhan Koeman di Pertandingan Persahabatan

Baru mulai melaksanakan sesi latihan pramusim minggu lalu, tim asuhan Koeman langsung uji coba dalam pertandingan persahabatan. Ini dilakukan karena Blaugrana akan segera bertanding di laga perdana La Liga pekan depan.

Laga pertama Barcelona dilakukan di stadion Johan Cryuff, Minggu dini hari melawan tim divisi tiga Liga Spanyol, Gimnastic Tarragona.

Di pertandingan ini Lionel Messi, sang bintang yang dikatakan akan hengkang sebelumnya, nampak bermain meski hanya satu babak saja. Ini menjadi bukti nyata kepada seluruh fans Barca bahwa dia benar-benar tetap bertahan di Camp Nou minimal sampai musim 2020-2021 berakhir.

Formasi Tim Asuhan Koeman

Tidak seperti perkiraan banyak pengamat, dalam pertandingan dini hari tadi Ronald Koeman menggunakan formasi yang cukup aneh, yaitu 4-3-2-1 di mana pada babak pertama Messi ditempatkan sebagai ujung tombak.

Selain itu, berdasarkan hasil voting seluruh pemain, La Pulga kembali memegang ban Kapten setelah sebelumnya digantikan oleh Gerard Pique.

Selain memainkan Messi, laga pertama Barcelona setelah kekalahan telaknya dari Bayern Munchen juga menampilkan beberapa pemain baru, seperti Fransisco Tricao dan Pedri. Sesuai dengan janji Koeman yang akan menggunakan Coutinho, pemain mahal yang sebelumnya seperti disia-siakan, juga terjadi. Coutinho diturunkan pada babak kedua dan berhasil menyumbangkan 1 gol dari kemenangan 3-1.

Jalannya Pertandingan Persahabatan Barcelona Vs Gimnastic Tarragona

Meski formasi yang digunakan pelatih Koeman belumlah fix dan masih terkesan coba-coba, kedua skuat yang tampil dalam pertandingan berusaha optimal. Mereka tidak main-main dengan jalannya pertandingan.

Barcelona berhasil menyarangkan gol ke gawang lawan lewat tendangan Ousmane Dembele, Antoine Griezman, dan Philippe Coutinho.

Di babak pertama, Koeman bahkan menurunkan semua skuat terbaiknya. Di lapangan terlihat Lionel Messi, Moussa Dembele, Antoine Griezmann, Gerard Pique, dan Jordi Alba.

Dengan komposisi yang dapat dikatakan pemain terbaik, di lima menit pertama Barcelona langsung dapat mengungguli lawan. Gerakan Dembele berhasil mengelabui bek lawan dan berhasil melakukan tendangan mendatar ke gawang lawan. Barcelona langsung unggul 1-0 atas Tarragona.

Tidak harus menunggu waktu lama, 12 menit kemudian, Antoine Griezman yang berposisi seagai penyerang, mencatatkan namanya di papan skor. Dia juga berhasil mengeksekusi bola di kakinya pada saat tendangan penalti. Keunggulan bertambah untuk barcelona menjadi 2-0.

Skuat Gimnastic tidak langsung patah arang karena ketinggalan 0-2. Mereka tetap berusaha optimal. Hasilnya cukup signifikan. Pada menit ke-30, berarti sekitar 13 menit dari gol Barca, Javi Bonilla berhasil memperkecil kekalahan menjadi 1-2.

Dengan kegigihannya, skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Koeman mencoba kombinasi baru.

Jika di babak pertama, mayoritas pemain senior yang diturunkan, yaitu: Neto; Alba, Pique, Lenglet, Roberto; Alena, Busquets; Pedri, Messi, Dembele; dan Griezman, maka babak kedua semua pemain senior diganti oleh pemain muda.

Koeman menurunkan Pena; Semedo, Araujo, Cuenca Firpo; De Jong, Puig, Coutinho; Trincao, Braithwaite, dan Konrad.

Dengan komposisi baru, Barcelona tetap memimpin jalannya pertandingan. Bahkan, di lima menit pertama tim Catalana ini berhasil memperoleh tendangan penalti. Coutinho yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugas dan menambah kemenangan menjadi 3-1.

Namun, Gimnastic tetap berusaha dan bekerja keras memperkecil kekalahan. Terbukti, sampai pertandingan berakhir Barcelona tidak dapat menambah kemenangan, walaupun Gimnastic juga tidak berhasil membuahkan gol.

Koeman menyatakan bahwa cukup sulit menyiapkan tim hanya dalam waktu dua minggu dan baru benar-benar fix seminggu terakhir. Hal ini berbeda dengan tim yang disiapkan dalam waktu enam minggu atau langsung ketika musim berakhir.

Untuk mememaksimalkan performa tim, Barcelona masih mempunyai 2 pertandingan persahabatan atau pertandingan pramusim. Rabu nanti, Bara akan berhadapan dengan Girona. Sedangkan pertandingan melawan Elche masih dalam pembicaraan manajeman kedua klub.

Dalam jadwal La Liga sendiri, tim asuhan Koeman dijadwalkan akan bertanding melawan Villareal pada tanggal 27 September. Sebuah pertandingan yang cukup dinanti. Pertandingan akan menjadi ajang pembuktian pertama Barcelona yang sudah move on. Apalagi Villareal juga bukan tim yang dapat dikatakan mudah. Selama ini, tim bakal lawan ini terbilang beruntung dengan pemain-pemain pinjaman yang dimilikinya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments