Saturday, January 28, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19 Masih Menunggu Kepulangan Shin Tae-yong

Timnas Indonesia U-19 Masih Menunggu Kepulangan Shin Tae-yong

Tiga staf pelatih Timnas Indonesia U-19 asal Korea Selatan sudah kembali ke Tanah Air. Namun, Shin Tae-yong tidak terlihat dalam rombongan tersebut.

Kim Hae-woon, Lee Jae-hong, dan Kim Woo-jae menginjakan kaki di Jakarta pada Senin (7/12/2020). Mereka turut berpartisipasi dalam latihan Timnas Indonesia U-19 sesampainya di Jakarta.

Sebelumnya, Nova Arianto menjadi pelatih sementara Timnas U-19 saat Shin Tae-yong beserta para stafnya pulang kampung. Para staf pelatih diberi izin pulang ke Korea setelah hampir dua bulan membersamai Timnas U-19 TC di Kroasia.

“Tiga pelatih dari Korsel sudah bergabung dengan pelatih lokal pada Senin, 7 Desember 2020. Mereka langsung latihan hari itu juga,” tulis PSSI dalam laman resmi.

Shin Tae-yong diharapkan bisa segera kembali ke Indonesia pada 11 Desember. Sebelumnya, pelatih 51 tahun tersebut akan pulang 1 Desember kemarin.

Sementara itu, Timnas U-19 sudah mengikuti latihan virtual sejak 5 November. Pemain lalu berkumpul di Jakarta pada 13 November, dan langsung latihan di lapangan tiga hari setelahnya.

“Progres pemain dari hari ke hari semakin bagus. Pemain selalu mendapatkan beragam materi baru. Semoga saja mereka bisa lebih semangat, disiplin, dan fokus,” kata Nova Arianto.

Dari 37 pemain yang dipanggil, 26 diantaranya merupakan pemain dari skuad TC di Kroasia dan sisanya adalah pemain-pemain baru. Lima diantaranya tidak ikut serta, yaitu Brylian Aldama, Beckham Putra, Risky Sudirman, Yudha Febrian, dan Serdy Fano.

Brylian bergabung dengan klub Kroasia HNK Rijeka, dan Beckham Putra serta Risky Sudirman sedang dalam pemulihan cedera. Sedangkan Yudha dan Serdy dikeluarkan dari Timnas U-19 karena tersangkut masalah indisipliner.

Latihan yang diselenggarakan di Jakarta ini ditujukan sebagai program persiapan latihan lanjutan di luar negeri. Kemungkinan besar skuad Garuda Muda akan lanjut latihan di Spanyol.

Latihan berlangsung sangat baik dan teratur meskipun itu hanya bentuk persiapan saja. Jack Brown cs diforsir untuk latihan tiga kali sehari.

“Stamina tim sejauh ini masih prima dan beberapa pemain yang sebelumnya dalam proses pemulihan cedera sudah sudah bisa ikut latihan. Namun, ada juga beberapa pemain yang belum maksimal dari sisi fisik, teknik dan mental. Jadi, pemain tidak bisa dimanjakan begitu saja. Mereka harus kerja keras, fokus, dan disiplin,” ujar Nova Arianto.

Timnas Indonesia U-19 Belum Cari Pengganti

Timnas Indonesia U-19 masih belum mendapatkan penggantiS erdy Ephy Fano dan Yudha Febrian. Keduanya tidak lagi diikutsertakan dalam tim karena masalah indisipliner.

Serdy dan Yudha dicoret dari Timnas U-19 karena mereka datang terlambat ke latihan tim pada, Senin (23/11/2020). Kabarnya, mereka datang tidak tepat waktu saat latihan karena keluyuran tengah malam dan kembali ke hotel pukul 03.00, dini hari, WIB.

Untuk itu, skuad Timnas U-19 saat ini hanya berjumlah 35 pemain setelah keduanya didepak. Namun, tim pelatih masih belum ada rencana untuk mencari penggantinya.

“Coach Shin Tae Yong yang nantinya akan memutuskan penambahan pemain baru di tim. Sejauh in, jumlahnya masih 35 pemain,” kata Asisten Pelatih Timnas U-19 Nova Arianto kepada wartawan.

Timnas U-19 juga akan kehilangan satu pemain lain setelah Serdy dan Yudha dicoret. Brylian Aldama akan bergabung dengan klub Kroasia, HNK Rijeka.

Timnas Indonesia U-19 sudah menyelenggarakan latihan di Jakarta sejak 16 November. Pelatih sementara, Nova Arianto, memimpin latihan tersebut saat Shin Tae-yong masih mudik ke kampung halamannya, Korea Selatan.

Sejak 13 November, Skuad Garuda Muda sudah tiba di Jakarta setelah sebelumnya mengikuti latihan virtual. Kepulangan Shin Tae-yong masih dinanti PSSI agar kepastian keberangkatan ke luar negeri untuk lanjutan pemusatan latihan bisa segera terlaksana.

“Program latihannya sama seperti pekan kemarin, namun ada sedikit perubahan saja. Kami masih tetap dengan tujuan yang sama, yaitu menjaga dan meningkatkan kondisi fisik pemain. Dengan adanya persiapan ini, pemain menjadi lebih siao saat Coach Shin Tae Yong tiba di Tanah Air,” ujar Nova.

“Semua program bisa terlaksana sesuai dengan ekpektasi. Hanya saja kami belum mempraktekan taktikal karena Coach Shin Tae-yong belum datang,” pungkas eks pemain Persib Bandung.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments