Wednesday, February 1, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga IndonesiaTidak Ada Agenda, Bagaimana Nasib Timnas Indonesia?

Tidak Ada Agenda, Bagaimana Nasib Timnas Indonesia?

Banyak agenda yang dibatalkan atau ditunda, membuat Timnas Indonesia dipastikan tidak memiliki jadwal apapun sampai akhir tahun. Mulai dari diundurnya jadwal kualifikasi piala dunia hingga pembubaran TC oleh ketua PSSI. Lalu bagaimana nasib dari timnas untuk tahun ini?

Seperti yang sudah dijadwalkan, seharusnya Timnas sudah mempersiapkan pertandingan untuk kualifikasi piala dunia. Sesuai jadwal maka Indonesia akan melawan Thailand (8/10), Uni Emirat Arab (13/10) serta Vietnam (12/11) pada tahun ini.

Kekosongan ini membuat Timnas menjadi bingung dengan kegiatan yang akan diadakan. Lalu bagaimana nasib selanjutnya? Dan apa lagi kendalanya?

AFC Tunda Kualifikasi Piala Dunia

Tiga pertandingan yang sudah dijadwalkan sudah pasti akan ditunda hingga tahun 2021. Dalam kualifikasi ini Indonesia akan melawan Thailand, Vietnam dan Uni Emirat Arab. Namun AFC telah resmi menunda karena alasan Pandemi Corona.

Sudah dipastikan untuk saat ini AFC dan FIFA telah menunda laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Penundaan ini dikarenakan belum meredanya Virus Corona.

Menurut pernyataan resmi dari AFC, “Dalam situasi Covid19 dibanyak negara, AFC dan FIFA sudah setuju pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 akan dijadwalkan ulang ke tahun 2021, yang sebelumnya akan dilakukan ditahun 2020.”

Sesuai dengan pernyataan ini maka dipastikan bahwa Timnas Indonesia ttidak memiliki jadwal hingga akhir tahun 2020. Sebelumnya juga, AFF sudah memutuskan menunda Piala AFF 2020 dengan alasan yang sama.

Dilain sisi, sebenarnya Timnas sudah memulai persiapan untuk menghadapi kualifikasi di tahun ini. Bahkan sudah berkumpul di Jakarta sejak tanggal 23 Juli. Namun sampai saat ini belum lagi ada jadwal agenda untuk Timnas Senior Indonesia.

TC Timnas Indonesia Dibubarkan PSSI

Training Center (TC) Timnas senior Indonesia telah dibubarkan oleh PSSI. Ketua Umum PSSI beralasan karena timnas tidak memiliki agenda hingga akhir tahun ini.

Terkait dengan penundaan AFF, Piala Asia 2023 dan Piala Dunia 2022 maka PSSI telah memutuskan memulangkan kembali pemain timnas. Totalnya ada 29 pemain yang sudah dipanggil pelatih Shin Tae-yong dipulangkan ke klub masing-masing.

“Untuk Timnas Senior Indonesia, mulai hari ini PSSI akan mengembalikan mereka ke klub masing masing. Hal ini dikarenakan, pada bulan Oktober akan ada kompetisi Shopee Liga 1 2020 yang kan bergulir.”

Pernyataan ini pun sudah menjelaskan bahwa nasib dari pemain timnas akan dipulangkan dan kembali berliga di Indonesia. Sembari menunggu AFC menentukan jadwal baru untuk sisa kualifikasi Piala Dunia 2022.

Nasib Timnas U-16 dan U-19 Indonesia

Selain Timnas Senior Indonesia, U-16 dan U-19 juga memiliki nasib yang sama. Banyak sekali jadwal yang akhirnya diundur karena Pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Timnas U-16 sudah dijadwalkan akan bertanding di Piala Asia U-16 2020 di Bahrain. Jika sesuai jadwal maka akan berlangsung pada bulan September hingga Oktober. Namun, ditunda menjadi bulan November hingga Desember 2020.

Sementara untuk Timnas U-19 akan tampil pada gelaran Piala Asia U-19 2020, pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.

Dari kedua ajang yang dikelola AFC ini, PSSI menyatakan bahwa tidak ada perubahan jadwal sesuai yang sudah ditentukan terakhir. Sejauh ini PSSI belum mendengar kabar jika Piala Asia akan mengalami penundaan jadwal.

Setiap negara dan federasi anggota AFC akan diperbolehkan memberikan masukan untuk kedua turnamen tersebut. Kabar baik untuk Indonesia karena Endri Erawan (Exco PSSI) merupakan anggota dari Komite Kompetisi AFC.

Dari kabar ini maka Timnas U-16 sudah melakukan persiapan sejak bulan Juli. Latihan dilakukan di Stadion Patriot Chandrabhga, Bekasi oleh anak asuh dari Bima Sakti.

Dilain sisi, Timnas U19 juga telah berkumpul di Jakarta sejak Juli. Para pemain ini pun sudah mendapatkan banyak materi latihan dari pelatih Shin Tae-yon sejak Agustus di Stadion Madya.

Memang pada akhirnya Pandemi Covid telah menunda banyak jadwal yang akan dilakukan Timnas khususnya Timnas Senior Indonesia. Namun dilain sisi, para pemain senior tetap bisa berlaga di Liga Indonesia.

Kemudian untuk U16 dan U19 sudah melakukan persiapan menghadapi Piala Asia 2020. Semoga semua akan berjalan lancar demi kemajuan Timnas Indonesia agar lebih baik.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments