Thursday, July 25, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeHot NewsRekapan Pertandingan Korea Selatan U-23 vs Timnas Indonesia U-23: Skor 2-2 (Pen....

Rekapan Pertandingan Korea Selatan U-23 vs Timnas Indonesia U-23: Skor 2-2 (Pen. 10-11)

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 dan Korea Selatan U-23 dalam perempat final Piala Asia U-23 2024 memang menjadi pertarungan yang sangat menegangkan. Skor imbang 2-2 selama 120 menit menunjukkan betapa ketatnya persaingan antara kedua tim. Rafael Struick menjadi sosok kunci bagi Timnas Indonesia U-23 dengan mencetak dua gol, namun Korea Selatan U-23 tetap berhasil menyamakan kedudukan berkat own goal Komang Teguh dan gol Jeong Sang-bin.

Adu penalti menjadi babak penentu yang sangat dramatis, di mana kedua tim saling balas hingga mencapai putaran tendangan kedua. Kemenangan akhirnya diraih oleh Timnas Indonesia U-23 dengan skor 11-10 setelah Pratama Arhan berhasil mencetak gol penentu.

- Advertisement -
asia9QQ

Kemenangan ini tentu menjadi prestasi yang luar biasa bagi Timnas Indonesia U-23 dan membawa mereka ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Kini, mereka akan menantikan hasil dari pertandingan antara Uzbekistan dan Arab Saudi untuk mengetahui siapa lawan mereka di babak selanjutnya.

Babak Pertama

Babak pertama pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 dan Korea Selatan U-23 dalam perempat final Piala Asia U-23 2024 dimulai dengan tempo yang sangat tinggi. Meskipun Korea Selatan diunggulkan, Timnas Indonesia U-23 mengejutkan dengan mengambil inisiatif untuk menguasai bola, sementara Korea Selatan terlihat lebih memilih bermain defensif.

Di menit ke-7, Korea Selatan hampir saja membuka skor melalui tendangan jarak jauh yang menghujam gawang Ernando Ari. Namun, gol tersebut dianulir oleh VAR karena pemain Korea Selatan tersebut berada dalam posisi offside.

Tidak lama kemudian, tepatnya di menit ke-15, Timnas Indonesia U-23 berhasil mencetak gol pertama dalam pertandingan ini. Serangan dari sisi kiri menciptakan peluang bagi Rafael Struick, yang dengan cermat mengarahkan bola melalui tendangan melengkung yang indah ke pojok jauh gawang, membawa Indonesia unggul 1-0.

Permainan terus berlangsung dengan intensitas tinggi, dan di menit ke-30, Marselino hampir saja menggandakan keunggulan Timnas Indonesia U-23 melalui kombinasi serangan dengan Struick di sisi kiri lapangan. Namun, usaha tersebut tidak membuahkan hasil karena tendangan Marselino masih melebar dari sasaran.

Korea Selatan kemudian memberikan respons kuat, dan di menit ke-45, mereka berhasil menyamakan kedudukan. Umpan lambung dari sisi kanan disambut dengan tandukan oleh Jisung yang membentur Komang Teguh sebelum akhirnya masuk ke gawang Ernando Ari, sehingga skor menjadi 1-1.

Namun, Timnas Indonesia U-23 tidak tinggal diam dan berhasil kembali unggul di masa injury time babak pertama. Umpan lambung yang dikirimkan oleh Ivar Jenner ke dalam kotak penalti disambut oleh Rafael Struick, yang dengan cerdik mampu menembakkan bola melewati kiper lawan, menjadikan skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai dengan kedua tim tampil lebih berhati-hati, dengan tempo pertandingan yang belum terlalu tinggi. Meskipun demikian, Timnas Indonesia U-23 tetap mempertahankan gaya permaina ofensif mereka, dengan Pratama Arhan dan Struick menciptakan beberapa peluang di 10 menit awal babak kedua.

Korea Selatan menghadapi kesulitan besar di menit ke-70 ketika Young-jun, yang baru saja masuk di awal babak kedua, harus meninggalkan lapangan lebih cepat setelah mendapat kartu merah langsung karena pelanggaran yang dilakukan terhadap Hubner.

Dengan bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-70, Korea Selatan terpaksa bertahan dengan lebih rapat. Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 semakin meningkatkan tekanan mereka, mengurung pertahanan Korea Selatan, namun sayangnya terlalu banyak peluang yang terbuang sia-sia.

Korea Selatan berhasil membuat kejutan di menit ke-84 dengan mencetak gol penyama kedudukan. Melalui skema serangan balik cepat dari sisi kiri, Jeong Sang-bin melepaskan tembakan mendatar yang sulit dijangkau oleh Ernando Ari, sehingga membuat skor menjadi 2-2.

Meskipun kedua tim berusaha mencetak gol tambahan di sisa waktu normal, namun tidak ada tambahan gol yang tercipta. Skor tetap imbang 2-2, sehingga pertandingan berlanjut ke waktu tambahan 10 menit sebelum akhirnya akan diputuskan lewat adu penalti. Pelatih Korea Selatan, Hwang Sun-hong, bahkan harus meninggalkan area teknis setelah menerima kartu merah karena protes berlebihan.

Babak Tambahan

Masuk ke dalam babak tambahan dengan durasi tambahan 2×15 menit, kedua tim terlihat sudah mulai kelelahan setelah pertarungan sengit sepanjang pertandingan. Meskipun Timnas Indonesia U-23 memiliki keunggulan jumlah pemain setelah Korea Selatan kehilangan Young-jun karena kartu merah, namun Korea Selatan tetap mampu mengimbangi permainan.

Pada 15 menit pertama babak tambahan, Marselino memiliki peluang emas namun sayangnya tidak berhasil mengonversinya menjadi gol. Skor masih tetap 2-2, dan pertarungan pun berlanjut ke 15 menit kedua dengan kedua tim terus mencoba mencetak gol.

Timnas Indonesia U-23 terlihat lebih aktif dalam menyerang, dengan Nathan melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti di menit ke-115, namun sayangnya bola masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Meskipun kedua tim berusaha keras, namun tidak ada gol tambahan yang tercipta dalam dua periode tambahan waktu tersebut. Dengan demikian, pertandingan 120 menit berakhir dengan skor imbang 2-2, dan langkah selanjutnya akan ditentukan melalui adu penalti, di mana ketegangan dan tekanan semakin meningkat bagi kedua tim.

Babak Adu Penalti

  1. Min-woo gol. Korsel 1-0 Indonesia
  2. Sananta gol! Korsel 1-1 Indonesia
  3. Kang-hee gol. Korsel 2-1 Indonesia
  4. Arhan gol! Korsel 2-2 Indonesia
  5. Jae-won gol. Korsel 3-2 Indonesia
  6. Struick gol! Korsel 3-3 Indonesia
  7. Sang-hoon gol. Korsel 4-3 Indonesia
  8. Marselino gol! Korsel 4-4 Indonesia
  9. Jun-soo gol. Korsel 5-4 Indonesia
  10. Hubner gol. Korsel 5-5 Indonesia
  11. Sang-yoon gagal! Korsel 5-5 Indonesia
  12. Arkhan gagal. Korsel 5-5 Indonesia
  13. Sang-bin gol. Korsel 6-5 Indonesia
  14. Kelly gol! Korsel 6-6 Indonesia
  15. Yun-sang gol. Korsel 7-6 Indonesia
  16. Ridho gol! Korsel 7-7 Indonesia
  17. Hyun-taek gol. Korsel 8-7 Indonesia
  18. Ferarri gol! Korsel 8-8 Indonesia
  19. Baek gol. Korsel 9-8 Indonesia
  20. Ernando gol! Korsel 9-9 Indonesia
  21. Min-woo gol! Korsel 10-9 Indonesia
  22. Sananta gol! Korsel 10-10 Indonesia
  23. Kang-hee gagal! Korsel 10-10 Indonesia
  24. Arhan gol! Korsel 10-11 Indonesia
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments