Sunday, January 29, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga IndonesiaPSSI Lebih Hati-hati dalam Memilih Lokasi TC Timnas Indonesia U-19

PSSI Lebih Hati-hati dalam Memilih Lokasi TC Timnas Indonesia U-19

Lokasi latihan Timnas Indonesia U-19 di luar negeri masih belum ditentukan juga oleh PSSI. Federasi ingin lebih berhati-hati agar kesehatan dan keselamatan pemain tetap terjaga.

Keselamatan dan kesehatan Pemain Timnas U-19 harus jadi fokus utama. Jangan sampai kondisi pemain memburuk saat berada di lokasi latihan akibat situasi pandemi virus Corona yang belum mereda.

Kabarnya, Spanyol menjadi tujuan utama PSSI untuk mengirim pasukan Garuda Muda. Sementara itu, pelatih Shin Tae-yong menginginkan skuadnya untuk latihan di Korea Selatan.

Menurutnya, keamanan disana cenderung lebih ketat karena pemerintahnya sangat serius dalam menangani COVID-19. Salah satu kebijakannya adalah memberlakukan karantina selama dua minggu untuk pendatang dari luar negeri, salah satunya Timnas U-19.

Di sisi lain, kasus positif virus corona di Spanyol cenderung masih tinggi. Negeri Matador tersebut saat ini tercatat ada 1,5 juta lebih kasus positif.

“Lokasi TC Timnas U-19 masih dibicarakan karena keselamatan dan kesehatan pemain harus diutamakan. Jadi, kami tidak bisa asal-asalan dalam menentukan tempat TC,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan kepada wartawan.

“Oleh karena itu, sepertinya kami akan memilih lokasi TC yang ada di zona hijau. Selain itu, lawan-lawan uji coba dan fasilitas latihannya akan kami pertimbangkan juga,” ujarnya menambahkan.

Untuk sementara, Timnas U-19 menjalankan latihan di Jakarta sebelum diberangkatkan ke luar negeri. Timnas U-19 sudah mulai berlatih di Jakarta sejak, Senin (16/11/2020).

Untuk sementara, asisten pelatih Nova Arianto yang akan mengawasi latihan Timnas U-19. Shin Tae-yong sedang pulang kampung ke Korea Selatan dan tetap memantaunya secara virtual.

Tanpa kehadiran Shin Tae-yong, latihan Timnas U-19 bisa berjalan dengan baik dengan intensitas tinggi. Bahkan, dilaporkan ada lima pemain Garuda Muda yang sampai kewalahan dalam latihan tersebut.

“Bukan masalah jika pemain mengalami cedera di TC. Kami sudah menyediakan tim medis dan fisio yang bisa mengatasi masalah tersebut,” ucap Iriawan.

PSSI Melarang Timnas Indonesia U-19 Makan Gorengan dan Pecel Lele?

Sambil menunggu keberangkatan ke luar negeri, Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengunjungi latihan Timnas Indonesia U-19, Sabtu (21/11/2020). Ia lantas melarang skuadnya makan pecel lele.

Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, memberikan wejangan di sela-sela latihan Timnas U-19. Dari sekian banyak nasihatnya, satu-satunya yang ia tegaskan adalah larangan pemain Timnas makan sembarangan.

Iriawan berpesan agar pemain timnas hanya mengonsumsi makanan yang disediakan hotel saja. Untuk TC sementaran ini, Timnas U-19 menginap di Hotel Fairmont, Jakarta.

“Saya ingin kalian tetap disiplin dalam menjaga asupan makanan. Pokoknya, jangan coba-coba iseng keluar dari hotel untuk makan pece lele,” kata Iriawan di akun Youtube pribadi miliknya.

“Negara yang membayar kalian saat ini. Kalian harus bisa fokus dan hanya mengonsumsi makanan yag disediakan hotel saja. Pokoknya pemain harus tetap profesional. Jangan coba-coba makan sembarangan. Selain pecel lele, jangan makan goreng-gorengan juga. Besok pagi kalian makan bersama,” ujarnya menambahkan.

Selain itu, ia juga berpesan agar timnas U-19 tetap mematuhi protokol kesehatan. Pemain harus tetap patuh pada prokes saat berada di luar hotel dan sekitarnya.

Eks Kapolda Jawa Barat juga berpesan agar citra pemain sepakbola harus tetap dijaga. Apapun yang dilakukan pemain Timnas akan memberikan pengaruh yang cukup besar di mata masyarakat.

“Kalau keluar hotel, kalian harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Meskipun imunitas kalian tinggi, protokol kesehatan harus tetap dipatuhi,” tutur Iriawan.

“Saat melanggarnya, citra kalian bisa buruk karena kalian bagian dari Timnas,” ucapnya.

Timnas Indonesia U-19 untuk sementara melakukan TC di Jakarta sebelum melaksanakan program lanjutan di luar negeri. PSSI masih belum menentukan lokasinya, yaitu antara Korea Selatan atau Spanyol.

Iwan Bule tetap mewanti-wanti agar pemain tetap patuh pada protokol kesehatan. Salah satunya adalah tetap disiplin menggunakan masker saat beraktivitas diluar untuk mencegah penyebaran virus corona.

Skuad Garuda Muda sedang dipersiapkan untuk menghadapi Piala Asia dan Piala Dunia U-20 tahun depan. Rencananya Timnas akan melanjutkan TC di luar negeri agar mental dan kekuatan pemain menjadi lebih terasah. Jadi, apakah Korea Selatan atau Spanyol yang akan menjadi lokasi TC Garuda Muda?

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments