Thursday, February 29, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomePiala EropaPertandingan Italia vs Wales, Gli Azzurri Unggul 1-0

Pertandingan Italia vs Wales, Gli Azzurri Unggul 1-0

Pertandingan Italia vs Wales, Gli Azzurri Unggul 1-0 – Timnas Italia berhasil memenangkan laga pamungkas Grup A Piala Eropa 2020. Gli Azzurri sukses mengantongi 1-0 dalam laga kontra Wales yang kini mencatatkan kemenangan 100 persen di babak grup.

Gli Azzurri sukses menjadi juara grup A usai memenangkan laga di Stadion Olimpico, Minggu (20/6/2021) malam WIB. Tim tuan rumah berhasil membuka keunggulan di babak pertama lewat Matteo Pessina.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Wales terpaksa diperkuat oleh 10 pemain saja di babak kedua usai Ethan Ampadu diberi kartu merah oleh wasit. Wales gagal menyamakan kedudukan, sehingga laga tuntas dengan skor 1-0 untuk Italia.

Berkat memenangkan pertandingan Italia vs Wales, Gli Azzurri kini menyandang gelar juara Grup A dan melakoni tiga pertandingan dengan hasil yang memuaskan. Sementara itu, Wales kin bertengger di urutan kedua dengan koleksi empat poin dan sukses melenggang ke babak selanjutnya bersama Gli Azzurri.

Kemenangan ini juga mencatatkan nilai sempurna bagi Italia, yaitu 9 dari 3 pertandingan. Tim besutan Roberto Mancini ini berhasil menunjukan performa apik denan mencatatkan tujuh gol tanpa kebobolan sama sekali.

Selain itu, hasil ini juga sekaligus mencatatkan laju tak terkalahkan Italia menjadi 30 pertandingan. Menurut Opta, ini menjadi momen yang terulang, dimana mereka juga pernah mencatatkan rekor rangkaian pertandingan tanpa kekalahan antara 1935-1939 di bawah asuhan Vittorio Pozzo.

Untuk itu, Gli Azzurri punya peluang untuk mencatatkan rekor baru jika mampu bertahan di babak 16 besar usai pertandingan Italia vs Wales. Mereka kini sedang bersiap-siap melawan runner-up Grup C dalam tahap ini.

Dilansir dari Opta, Italia bahkan selalu unggul sejak Juni 2013 ketika mereka mencetak gol. Saat itu, mereka sempat menelan satu kekalahaan saat berduel dengan Brazil pada kompetisi Piala Konfederasi.

Dalam periode tersebut, Italia sudah mencatatkan 39 kemenangan dan hasil imbang 12 kali. Dengan catatan memuaskan sejauh ini, tidak heran jika Italia selalu dijagokan di ajang Piala Eropa 2020.

Jalannya Pertandingan Italia vs Wales Cukup Alot

Italia melakukan ancaman lebih dulu di awal pertandingan. Gli Azzurri mendapatkan kesempatan emas melalui tendangan Emerson pada menit ke-15 yang masih bisa diamankan oleh Danny Ward.

Tim tuan rumah masih terus menggempur pertahanan lawan. Di kotak penalti Wales, Matteo Pessina menyambar bola dan langsung mengarahkan ke gawang. Sayang, bola masih gagal bersarang di gawang lawan.

Kini giliran Wales yang melakukan serangan pada menit ke-27 pertandingan Italia vs Wales. Chris Gunter beraksi dengan sundulanya untuk menyambar bola crossing di kotak penalti Italia. Usahanya masih melambung ke atas gawang.

Pasukan Roberto Mancini akhirnya membuka keunggulan di menit ke-38. Pessina berhasil mengubah skor menjadi 1-0 berkat tendangan apiknya.

Gol diawali dari tendangan bebas yang dilayangkan oleh Marco Veratti. Pessina langsung menyambarnya dan mengarahkan ke gawang. Ward kecolongan dan skor berubah menjadi 1-0.

Meski sudah mencatatkan gol, timnas Italia tidak mengendurkan serangannya. Namun, tidak ada gol yang tercipta hingga babak pertama tuntas.

Di babak kedua, Wales masih bermain waspada terhadap gempuran tim tuan rumah. Federico Bernardeschi hampir menyumbangkan gol untuk Gli Azzuri melalui tendangan bebasnya pada menit ke-53. Namun, usahanya gagal berbuah manis di pertandingan Italia vs Wales.

Wales malah harus bermain dengan 10 pemain di menit ke-56. Ethan Ampadu terpaksa mengantongi kartu merah usai melakukan tekel terlambat kepada Bernardeschi.

Italia tentu saja memanfaatkan jumlah keunggulan pemainnya untuk terus menghajar Wales. Andrea Belotti hampir mengubah skor di menit ke-65, namun sepakan jarak dekatnya masih gagal menjebol gawang Ward.

Wales punya peluang emas di menit ke-75. Gareth Bale melakukan tendangan voli di depan gawang, Namun tendangannya masih gagal membuahkan gol.

Hingga wasit meniup peluit panjang, kedua tim tidak mencatatkan gol tambahan. Pertandingan Italia vs Wales berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Gli Azzurri.

Susunan Pemain:

Italia: Gianluigi Donnarumma; Rafael Toloi, Leonardo Bonucci, Alessandro Bastoni, Emerson; Matteo Pessina, Jorginho, Marco Veratti; Federico Bernardeschi, Andrea Belotti, Federico Chiesa.

Wales: Danny Ward; Chris Gunter, Ethan Ampadu, Joe Rodon; Neco Williams, Joe Allen, Joe Morrell, Connor Roberts; Daniel James, Aarton Ramsey, Gareth Bale.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments