Friday, June 2, 2023
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga SpanyolMenyimak Kiprah Ronald Koeman di Barcelona

Menyimak Kiprah Ronald Koeman di Barcelona

Sudah hampir sebulan, pelatih asal Belanda ini tiba di Camp Nou. Dalam waktu tersebut, kiprah Ronald Koeman tidak banyak disorot. Namun selepas Messi menyiarkan secara resmi akan bertahan di Barca, pelatih ini kembali ditengok media.

Pekerjaan rumah yang menumpuk di tim dengan berbagai permasalahannya harus diuraikan satu per satu. Tugas berat karena memang kondisi raksasa Spanyol sedang porak poranda, khususnya di bagian manajemen.

Kiprah Ronald Koeman

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Selang beberapa hari kedatangannya di Spanyol, santer dibicarakan pembicaraan Koeman dengan Messi. Bahkan, pelatih tersebut disebut sebagai penyebab akan hengkangnya Messi dari klub yang membesarkan dirinya lebih dari 10 tahun.

Tentunya setelah Messi bertahan, masyarakat dengan mudah melupakan berita tersebut.

Sesi latihan dan beberapa keputusan Koeman lebih menjadi perhatian. Beberapa hal yang dilakukan menarik untuk disimak.

1. Merombak Skuat

Pada dasarnya, pembicaraan Koeman dengan Messi adalah guna mempertahankan sang bintang.

Di usianya yang memasuki 33 tahun, La Pulga memang masih menunjukkan prestasi dan menjadi andalan tim.

Dengan bertahannya Messi, misi pertama Koeman dapat dikatakan berhasil. Janji Presiden Josep maria Bartomeu pada dirinya juga dipenuhi.

Tugas selanjutnya sang pelatih adalah merombak skuat. Artinya, dia harus membuat tim tangguh yang akan mendampingi Messi.

Sebagai langkah pertama, Luis Suarez dan Arturo Vidal yang dianggap sudah tidak dibutuhkan dimasukkan dalam bursa transfer. Dalam pengumuman nama skuat yang akan dipakai, keduanya sudah tidak ada lagi.

Pelatih saat ini sedang merancang pemain yang dapat memperkuat lini depan dan lini tengah.

Pemain Inter Milan, Lautaro Martinez diincar Ronald Koeman.

Meski demikian, dikabarkan bahwa Milan tidak berencana untuk menjual Martinez.

Sebagai rencana cadangan, Klub Catana ini memfokuskan diri pada Memphis Depay.

Kedua pemain di atas diharapkan dapat berada di lini depan bersama Messi.

Sementara itu, untuk lini tengah dikabarkan Barca sedang mengincar Eric Garcia dari Manchester City dan gelandang Liverpool Gini Wijnaldum. Dengan adanya pemain ini, Barca berencana mengeluarkan Samuel Umtiti dan Jean-Clair Todibo.

Untuk Gini Wijnaldum, Koeman masih bersiteru dengan manajemen Barca.

Pasalnya, manajemen menolak membeli pemain Liverpol tersebut. Mereka lebih suka memulangkan Thiago Alcantara.

Wijnaldum merupakan pemain asal Belanda yang pernah dilatih oleh Koeman. Jadi wajar, dia sangat mengenal karakter sang pemain dan yakin akan cocok dengan kondisi Barcelona.

Meskipun demikian, beredar kabar bahwa Barcelona sudah sepakat untuk membawa Wijnaldum ke markasnya de ngan harga sekitar 532 milyar Rupiah.

Kebalikannya, Alcantara diisukan akan dibeli oleh Liverpool.

2. Koeman di Sesi Latihan Pramusim

Sesi latih pramusim Barcelona sepat kacau di minggu pertama. Lebih dari 10 orang pemain tidak hadir dengan berbagai alasan.

Minggu itu, Messi saja menolak tes swab yang diwajibkan kepada semua pemain sebelum latihan. Belum lagi, Luis Suarez, sahabat Messi yang memang tidak diikutsertakan.

Kemarin, suasana sudah lebih kondusif. Meski masih ada masalah transfer pemain antara pelatih dan manajemen, paling tidak Messi sudah hadir.

Bahkan, Messi terlihat lebih dahulu hadir di lapangan dibandingkan pemain lain.

Ini menunjukkan komitmen Messi terhadap tim meski dia hanya akan bermain semusim lagi. Teladan yang baik untuk para pemain muda Barcelona yang baru akan bermain untuk Catana musim yang akan datang.

Hal tersebut juga yang kabarnya ditegaskan oleh Koeman ketika bertemu Messi sebelum latihan pertamanya.

Saat pertemuan, Messi menyatakan dia akan bermain penuh dan mengerahkan semua kemampuan untuk tim. Tentu saja dia ingin karirnya berakhir baik di sini.

Koeman menegaskan akan memperlakukan Messi sebagai pemain spesial, tetapi tidak ada perlakuan khusus seperti yang diberikan Setien.

Messi sendiri dan Coutinho terlihat belum bergabung dengan pemain lain dalam latihan. Mereka berlatih masing-masing meski di lapangan yang sama. Keduanya baru dijadwalkan latihan bersama koleganya di sesi berikutnya hari ini.

3. Strategi Koeman untuk Messi

Setelah Messi terlihat di lapangan latihan, beredar pula kabar strategi Koeman untuk Messi.

Tidak seperti sebelumnya, Messi hanya diharapkan fokus sebagai penyerang. Dia hanya menerima bola dari tengah, tidak diijinkan ke lapangan tengah dan membantu pertahanan.

Harapannya, dengan strategi di atas tenaga Messi tidak terkuras. Hasil lebih baik akan diperoleh Barcelona di musim ini dengan kiprah Roenald Koeman sebagai pelatih.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments