Saturday, January 28, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga IndonesiaMasih Libur, Timnas Indonesia U-19 Latihan Secara Virtual

Masih Libur, Timnas Indonesia U-19 Latihan Secara Virtual

Pada 4 November mendatang, kabarnya Timnas Indonesia U-19 akan latihan kembali. Namun, kali ini dilakukan secara jarak jauh alias virtual.

Saat ini, Timnas U-19 sedang tidak memliki agenda bermain setelah melaksanakan training camp di Kroasia sejak akhir Agustus 2020. Oleh karena itu, program lanjutan pemusatan segera dicanangkan tim pelatih dan PSSI.

Salah satu programnya adalah diselenggarakannya kembali latihan untuk tim Garuda Muda dalam waktu dekat. Namun, kali ini dilakukan secara virtual. Keputusan tersebut diumumkan lagsung oleh pelatih Timnas Indonesia U-19, Nova Arianto.

“Pada 4 November mendatang, kami rencananya akan menyelenggarakan latihan virtual. Tapi belum bisa dipastikan kapan kami akan bertemu (tatap muka secara langsung). Ini masih dalam pembahasan, jadi ditunggu saja,” kata Nova.

Namun, Nova masih belum mengetahui secara pasti sampai kapan latihan virtual itu akan diselenggarakan. Ini kemungkinan besar adanya pemain baru yang ditambahkan yang tentu saja berkaitan langsung dengan kepastian penyelenggaraan TC berikutnya.

“Untuk jangka waktu latihan saya masih belum tahu karena harus menyesuaikan dengan jadwal TC selanjutnya. Untuk latihan virtual, skuad Garuda Muda akan dipimpin langsungc oaching staff dari Korea,” dia menambahkan.

Kabarnya, bulan ini timnas sudah mempersiapkan program khusus, yaitu melaksanakan pemusatan latihan di Yogyakarta. Namun, rencana tersebut kemungkinan besar akan dibatalkan mengingat turnamen Toulon di Prancis dibatalkan akibat pandemi COVID-19.

Sebelumnya sudah ada Negara-negara yang ditargetkan seperti Belanda, Jepang, Australia, hingga Korea Selatan. Namun ketiganya masih belum pasti sebagai penetapan negara yang akan jadi pelabuhan TC skuad Shin Tae-yong.

“Pokoknya dituggu saja kabar resminya, ya,” ujarnya.

Skuad Timnas Indonesia U-19 Diubah?

Kabarnya pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae Yong akan mengubah susunan timnya. Nantinya, skuad Garuda Muda akan kedatangan pemain baru dan yang diistirahtakan sementara untuk latihan selanjutnya.

Training Camp di Kroasia tentu saja bukan aktivitas terakhir bagi Timnas U-19. Garuda Muda masih akan terus berlatih untuk menghadapi kompetisi yang akan datang.

Shin Tae-yong berharap bisa mengawasi langsung pemain-pemain anyar dalam kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020. Namun, keduanya masih harus ditunda.

“Untuk pergantian pemain masih dipertimbangkan juga. Sedangkan seleksi pemain belum bisa dipastikan karena liga beum dilaksanakan,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/10/2020), malam.

“Kemungkinan besar pemain baru tersebut akan dipantau langsung oleh tim pelatih. Jadi, mereka akan diberikan list yang ada dan pelatih tersebut akan segera dihubungi,” sambungnya.

Namun, sejauh ini lokasi latihan Timnas Indonesia U-19 masih belum jelas. PSSI berharap Timnas U-19 bisa tetap dilaksanakan di luar negeri.

PSSI sejauh ini sudah menargetkan Jepang, Australia, dan Korea Selatan. Keempat negara itu merupakan alternatif lokasi setelah Toulon Tournament di Prancis dibatalkan.

“Saat TC di Kroasia, kabar pembatalan liga sudah kami ketahui. Menurut saya, liga itu sangat penting bagi skuad ini. Kompetisi bisa jadi ajang latihan sekaligus hiburan untuk penonton,” tutur Shin.

“TC selanjutnya sudah kami bahas dan sedang dipertimbangkan. Jepang dan Australia tidak memungkinkan karena kasus virus corona masih tinggi. Sedangkan Korea Selatan kami harus menjalani karantina dulu selama 2 pekan. Jadi, TC selanjutnya belum bisa dipastikan,” demikian Shin Tae-yong.

Ada 9 Pemain Timnas U-19 yang Blasteran

Sejauh ini PSSI sedang memburu sembilan pemain keturunan untuk memperkuat skuad Garuda Muda. Belum lama ini, dua dari sembilan pemain tersebut sudah dipanggil dalam TC di Kroasia. Mereka adalah Kelana Noah Mahessa dan Luah Fynn Jeremy.

Sedangkan Elkan Baggott dan Jack Brown sudah lebih dulu bermain dengan Timnas U-19, dan bukan termasuk ke dalam daftar sembilan tersebut. Oleh karena itu, Timans U-19 setidaknya masih butuh tujuh pemain keturunan lain.

PSSI sejauh ini sudah menandai sembilan pemain blasteran. Kami akan terus mendiskusikan terkait pemain baru ini, tapi belum ada kepasitian lokasi TC selanjutnya,” kata Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong.

“Untuk memudahkan mencari pemain naturalisasi, kami harus memastikan mereka memiliki darah indonesia. Terkait posisinya belum bisa dipastikan. Yang penting cari pemainnya saj adulu,” tutur Shin Tae-yong.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments