Saturday, January 28, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga SpanyolManajemen Barcelona Harus Melepas Leo Messi Segera

Manajemen Barcelona Harus Melepas Leo Messi Segera

Bursa transfer musim panas memang sudah berakhir dan tidak ada transfer yang cukup mengejutkan bagi kita semua. Hal ini bisa jadi salah satu dampak dari krisis finansial klub akibat pandemi corona yang menyerang semua aspek dunia sepak bola. Termasuk Barca yang dihadapkan masalah finansial yang mungkin suatu saat nanti Barcelona harus melepas Leo Messi.

Hal ini berawal dari beberapa bulan lalu ketika Leo Messi mulai melakukan pemberontakan kepada manajemen Barca. Sang bintang mengaku tidak suka dengan kepemimpinan Josep Maria Bartomeu dan mulai mempertimbangkan untuk meninggalkan Barca.

Namun sayangnya Leo Messi batal hengkang dari Barca karena ada klausul rilis yang menempel pada kontraknya. Sebenarnya tidak ada alasan kuat bagi Leo Messi untuk tetap bertahan di Camp Nou. Namun ia hanya tidak ingin hengkang karena kecintaannya kepada Barca yang sudah membesarkannya.

Kontrak yang dimiliki Leo Messi sendiri akan segera habis pada Juni 2021 mendatang. Jika ia tidak mendapatkan kontrak baru, maka ia bisa saja mulai melakukan negosiasi dengan klub lain pada Januari 2021 mendatang.

Jika Leo Messi memang hengkang dari Barca, hal tersebut merupakan salah satu kerugian dan mimpi buruk bagi Barca. Namun di sisi lain, kepergian Leo Messi bisa menjadi salah satu jalan keluar untuk memperbaiki krisis finansial yang saat ini sedang dialami oleh Barca.

Manajemen Barcelona harus segera menjual Leo Messi pada bursa transfer Januari 2021 jika seandainya Leo Messi tidak mendapatkan kontrak baru di Camp Nou. Hal ini akan jauh lebih baik dibandingkan harus melepaskan sang bintang pergi dengan gratis pada Juni 2021.

Salah satu alasan kuat Barcelona harus melepas Leo Messi adalah faktor gaji. Ia adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Jadi sangat wajar jika ia mendapatkan gaji yang jauh lebih besar dibandingkan pemain lain yang ada di skuad Barca. Dan perkara gaji ini juga yang membuat manajemen Barca mengalami krisis finansial.

Saat ini manajemen Barca mengalami krisis finansial terburuk di antara tahun-tahun sebelumnya. Di tambah lagi tidak ada kepastian kapan fans diperbolehkan untuk menonton pertandingan Barca secara langsung di stadion. Hal ini yang membuat manajemen Barca terus merugi.

Selain itu, Leo Messi selalu menjadi candu bagi skuad Barca. Seolah semua beban ada di pundak Leo Messi. Akhirnya Barca menjadi ketergantungan pada kehadiran Leo Messi. Sudah terlalu lama Barca membangun tim baru dengan menggunakan Leo Messi sebagai titik pusat.

Memiliki ketergantungan pada pemain terbaik di dunia memang boleh saja. Namun jika ketika Leo Messi gagal bermain bagus, maka sudah bisa dipastikan Barca tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Ketergantungan bisa menyebabkan banyak masalah, salah satu satunya adalah sulitnya pemain muda untuk berkembang. Terutama di posisi yang sama dengan Leo Messi. Kualitas pemain baru akhirnya dinilai dari bagaimana ia bisa melayani Leo Messi di lapangan.

Sebagai salah satu klub besar di Eropa, harusnya manajemen Barca tidak membiarkan hal ini terjadi berlarut-larut. Manajemen Barcelona harus mengambil tindakan lanjut. Untuk bisa melakukan regenerasi skuad, melepas Leo Messi juga menjadi salah satu langkah bagus untuk menghilangkan ketergantungan tersebut.

Banyak pihak yang menganggap bahwa Leo Messi adalah Barca. Kekuatan yang dimiliki Leo Messi disetarakan dengan kekuatan klub. Bahkan hal itu terbukti dengan kekuatannya melakukan pemberontakan yang dilakukannya beberapa waktu lalu, jika seandainya diteruskan, bisa berakhir dengan mundurnya Josep Bartomeu dari kepresidenan klub.

Jelas hal ini sebuah pernyataan yang salah. Pemain tidak bisa lebih besar dibanding klub. Memang seharusnya kekuatan yang dimiliki Leo Messi tersebut bisa digunakan untuk mengkritik kebijakan klub yang salah. Namun tidak seharusnya Leo Messi yang memiliki wewenang tersebut. Salah satu langkah untuk mengembalikan kestabilan klub adalah dengan melepas Leo Messi.

Setiap penyerang yang didatangkan manajemen Barca, selalu dibandingkan dengan Leo Messi. Mungkin sedikit berbeda dengan Neymar dan Luis Suarez yang dianggap sebagai pasangan yang cocok untuk Leo Messi.

Griezmann, Dembele, dan Coutinho selalu bermain sebagai bayang-bayang Leo Messi. Menjadi target kritikan jika Barca mengalami kekalahan dan Leo Messi tidak mendapat kritik. Hal ini bisa merusak mental dan perkembangan pemain lain. Barcelona harus mengambil langkah tegas untuk bisa mengembangkan pemain lain yang ingin berkembang di Barca.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments