Saturday, January 28, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga InggrisMampukah Thiago Silva Menjadi Solusi Pertahanan Chelsea?

Mampukah Thiago Silva Menjadi Solusi Pertahanan Chelsea?

Pada bursa transfer musim panas 2019-2020 ini, banyak klub besar di Liga Inggris sangat berhati-hati dalam melakukan pergerakan jual beli pemain. Seolah tidak puas setelah mendatangkan pemain bintang, manajemen klub mendatangkan Thiago Silva dari Paris Saint Germain. Tetapi, mampukah Thiago Silva menjadi solusi dari pertahanan Chelsea yang rapuh?

Manajemen Chelsea menaruh kepercayaan dan harapan tinggi kepada pemain asal Brasil tersebut. Chelsea berharap bahwa pengalaman dan prestasi yang dimiliki Thiago Silva bisa bermanfaat dalam meningkatkan efektivitas barisan pertahanan dan meningkatkan moral pemain muda Chelsea.

Chelsea di bawah kepelatihan Frank Lampard, sangat kesulitan menutup lubang besar pertahanan pada musim lalu, padahal saat ini Frank Lampard memiliki banyak stok bek tengah yang memadai. Musim lalu, anak asuh Frank Lampard mampu finish di peringkat ke 4 klasemen akhir Liga Inggris. Otomatis musim depan berhasil mendapatkan kursi di Liga Champions. Namun, Chelsea tercatat kebobolan sebanyak 54 gol pada musim lalu. Jumlah terbanyak di antara 5 besar tim lainnya di Liga Inggris.

Paris Saint Germain melepaskan mantan kapten tim nasional Brasil tersebut secara gratis pada Chelsea. Masa baktinya sudah habis di Paris Saint Germain pada Juni 2020 lalu, dengan tambahan perpanjangan kontrak 2 bulan sampai kompetisi Liga Champions usia. Chelsea yang berhasil mendatangkan mantan kapten Paris Saint Germain, memberikan kontrak sepanjang satu tahun dengan opsi perpanjangan satu musim. Manajemen Chelsea berharap Thiago Silva menjadi solusi rapuhnya pertahanan Chelsea.

Thiago Silva memang menjadi pilar dan pemain kunci serta bek andalan ketika bermain di Paris Saint Germain. Ia memiliki kemampuan untuk membaca keadaan, cerdik, dan handal dalam urusan duel di udara.

Thiago Silva setelah mengemban ban kapten di Paris Saint Germain, ia menjelma menjadi sosok pemimpin yang disegani. Beberapa laporan menyebutkan bahwa Thiago Silva akan dapat dengan mudah mendapatkan satu posisi di dalam skuad Frank Lampard. Karena Chelsea saat ini memang membutuhkan sosok pemimpin yang tenang dan cerdas seperti Thiago Silva.

“Thiago Silva adalah salah satu pemain terbaik yang bermain bersama saya. Ia adalah legenda klub yang berhasil menorehkan sejarah,” ujar Kylian Mbappe kepada Thiago Silva.

Dan kini bersama Frank Lampard, lini depan Chelsea menjadi semakin garang. Gaya bermain terbuka yang dimainkan oleh sang pelatih, menyebabkan lini belakang sering menjadi korban eksploitasi lini serang lawan. Thiago Silva perlu melakukan adaptasi terhadap gaya permainan di Liga Inggris. Terutama jika Thiago Silva langsung dimainkan di hari pertama Liga Inggris digulirkan.

Thiago Silva akan segera berusia 36 tahun dalam beberapa pekan kedepan. Ia juga harus berusaha meyakinkan publik Chelsea bahwa Thiago Silva menjadi solusi permasalahan klub selama ini. Jarak usia Thiago Silva terbilang sangat jauh jika dibandingkan dengan deretan pemain lain di lini belakang Chelsea.

Ben White yang baru saja dipinjam dari Brighton, berusia 22 tahun dan Declan Rice dipinjam dari West Ham berusia 21 tahun. Jarak usia yang selisih lebih dari 10 tahun tersebut, diharapkan Thiago Silva bisa menjadi contoh bagi pemain muda Chelsea.

Chelsea memang berhasil mendatangkan Ben Chilwell dengan harua 50 juta euro. Namun pembelian tersebut masih belum bisa menjamin lini belakang Chelsea menjadi lebih tangguh. Akhirnya manajemen Chelsea memutuskan untuk mendatangkan Thiago Silva menjadi solusi pertahanan mereka meskipun untuk jangka pendek.

Di musim lalu, seringkali barisan pertahanan Chelsea kesulitan dan kebingungan ketika menghadapi lawan yang mengusung permainan yang mengandalkan serangan balik. Mulai dari lini depan dan lini tengah yang telat memberikan reaksi, mengakibatkan pemain belakang Chelsea semakin kepayahan menghadapi serangan dadakan tersebut.

Chelsea sudah banyak menggelontorkan dana untuk memperkuat sektor lain. Ben Chilwell, Hakim Ziyech, Timo Werner sudah berhasil di amankan manajemen Chelsea. Tidak lama lagi Kai Havertz akan segera merapat ke Stamford Bridge. Sehingga anggaran untuk memperkuat lini belakang sudah tidak ada lagi.

Ini merupakan salah satu alasan Chelsea mendatangkan kapten Paris Saint Germain tersebut. Manajemen Chelsea dan Frank Lampard menaruh harapan dan ekspektasi tinggi bahwa Thiago Silva menjadi solusi lini belakang Chelsea.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments