Saturday, January 28, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga JermanLucien Favre Dipecat dari Borussia Dortmund Usai Kalah dari Stuttgart 1 -...

Lucien Favre Dipecat dari Borussia Dortmund Usai Kalah dari Stuttgart 1 – 5

Lucien Favre dipecat dari Borussia Dortmund setelah Stuttgart mengalahkannya dengan sangat memalukan pada pertandingan di Signal Iduna Park hari Minggu (13/12/2020) lalu. Pertandingan Bundesliga tersebut menjadi pertandingan terakhir Lucien Favre sebagai pelatih Borussia Dortmund.

Pengumuman bahwa Favre dipecat langsung disiarkan malam itu juga setelah pertandingan selesai. Tentu saja hal ini mengejutkan banyak pihak. Apalagi jika mengingat performa Borussia Dortmund yang bisa dinilai tidak terlalu buruk pada musim 2020/2021 ini. Hanya saja Dortmund memang tampil kurang konsisten dalam setiap pertandingan.

Lucien Favre Dipecat dari Borussia Dortmund Akibat Kekalahan Memalukan

Apa yang terjadi pada Borussia Dortmund pada Minggu (13/12/2020) menjadi pukulan telak bagi klub raksasa asal Jerman tersebut. Pamornya sebagai klub besar yang berprestasi seakan hancur dalam sekejap hanya karena kekalahan memalukan saat bertanding melawan VfB Stuttgart.

Wajar jika kekalahan Borussia Dortmund atas VfB Stuttgart dianggap memalukan lantaran selisih skor gol yang diraih masing-masing tim terbilang cukup jauh. VfB Stuttgart berhasil membobol gawang Dortmund dengan lima kali tendangan. Sementara itu, Dortmund tak berdaya untuk membalasnya dan hanya berhasil mencetak satu gol saja.

Secara beruntun VfB Stuttgart membombardir gawang lawan melalui gol apik dari lima pemain terbaiknya. Imbas dari kekalahan tersebut membuat Lucien Favre dipecat dari Dortmund malam itu juga. Banyak faktor yang menjadi penyebab kekalahan memalukan tersebut menimpa Borussia Dortmund. Salah satunya adalah ketidakhadiran Erling Haaland yang notabene merupakan pemain andalan klub ini lantaran sedang mengalami cedera.

Selain itu, penampilan tim juga masih dinilai masih kurang solid dan kompak sehingga Dortmund tidak berhasil tampil dengan maksimal dalam pertandingan tersebut. Secara pribadi bahkan Favre menilai performa tim VfB Stuttgart sangat bagus dan berbanding terbalik dengan Dortmund yang malam itu benar-benar dalam keadaan sangat buruk.

Babak pertama berlangsung dengan cukup baik dan kedua klub meraih skor imbang 1 – 1 masing-masing melalui gol dari Silas Wamangituka (VfB Stuttgart) dan Giovanni Reyna (Borussia Dortmund). Namun, pada babak kedua VfB Stuttgart mulai menunjukkan taringnya. Wamangituka berhasil mencetak gol lagi pada menit ke-52 dan disusul oleh Philip Forster, Tanguy Coulibaly, dan Nicolas Gonzalez.

Meskipun sudah berusaha sebaik mungkin pada babak kedua, namun Dortmund tetap gagal membalas bombardir gol dari Stuttgart. Alhasil pertandingan berakhir dengan skor akhir 1 – 5 dan VfB Stuttgart berhasil memenangkan pertandingan tersebut.

Penyebab Lucien Favre Dipecat dari Dortmund

Terjadinya pemecatan Lucian Favre menjadi berita yang sangat mengejutkan karena dinilai terlalu terburu-buru. Public pun menjadi bertanya-tanya apa penyebab Lucien Favre dipecat dari Borussia Dortmund. Apalagi performa Dortmund selama musim ini juga tidak terlalu buruk. Bahkan klub ini berhasil bertahan di peringkat ke-5 klasemen Bundesliga dengan total perolehan 19 poin.

Selama musim 2019/2018 Dortmund juga berhasil mendapatkan trofi DFB Supercap berkat tangan dingin Favre. Selama Favre menangani Dortmund, klub ini berhasil menjadi juara runner-up Bundesliga dalam dua kesempatan. Dalam pertandingan Liga Champions pun Dortmund berhasil masuk posisi 16 besar pada tiga edisi.

Bahkan Dortmund juga berhasil tampil dengan cukup baik di Eropa. Terbukti klub ini berhasil menjuarai Grup F Liga Champions untuk musim 2020/2021 usai memenangkan pertandingan saat melawan Lazio. Sayang sekali jika pelatih yang baru bergabung dengan Dortmund pada tahun 2018 dipecat begitu saja usai dikalahkan oleh Stuttgart dengan skor 1 – 5.

Borussia Dortmund secara resmi memberikan pernyataan terkait perpisahan sang pelatih Lucien Favre dengan pihak klub. Dalam pernyataan tersebut pihak klub juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan selama ini untuk Dortmund. Tak lupa mereka juga mendoakan kesukesan untuk sang pelatih di masa mendatang.

Untuk sementara, Borussia Dortmund bakal ditangani oleh sang asisten pelatih Edin Terzic sampai akhir musim ini. Terzic bakal dibantu oleh Otto Addo dan Sebastian Geppert untuk mengemban tugas barunya ini.

Keputusan Lucien Favre dipecat dari Dortmund mungkin adalah keputusan yagn terbaik untuk keduanya. Sang pelatih memang harus dihadapkan pada kondisi yang sulit dengan tim yang tak sabil karena dampak pandemi virus corona. Belum lagi kisruh yang disebabkan oleh masalah rumor transfer salah satu pemain andalannya Jadon Sancho.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments