Thursday, May 23, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga JermanKeputusan Bundesliga Terkait Pergantian Pemain Hingga Lima Kali di Musim Depan

Keputusan Bundesliga Terkait Pergantian Pemain Hingga Lima Kali di Musim Depan

Bundesliga dikabarkan akan memberikan izin kepada setiap klub yang turut dalam kompetisi untuk melakukan pergantian pemain hingga 5 kali untuk kompetisi 2020/2021. Keputusan Bundesliga itu telah resmi diumumkan setelah 36 klub yang berasal dari kompetisi kasta pertama dan kedua menyelenggarakan rapat Kamis 03/09 kemarin.

Kebijakan ini telah diputuskan selang beberapa hari setelah Liga Premier Inggris mengungkapkan kepastiannya jika musim 2020/2021 klub tidak akan menggunakan aturan 5 pergantian pemain untuk satu kali pertandingan. Mereka akan menggunakan aturan lama dimana hanya di izinkan tiga kali pergantian saja.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Keputusan Bundesliga Bersama FIFA dan IFAB

Seperti di ketahui, akibat pandemi virus corona yang melanda berbagai negara di dunia, membuat Liga Inggris atau premier league harus ditunda. Sebelum di izinkan untuk kembali melanjutkannya, kompetisi tersebut menggunakan aturan lima kali pergantian pemain. Kemudian Liga Prancis yang sudah memulai kompetisi musim ini telah memutuskan untuk menggunakan aturan yang sama.

Sementara La Liga hingga saat ini belum memberikan kepastiannya mengenai jumlah pergantian pemain untuk satu pertandingan. FIFA dan IFAB yang bertindak sebagai otoritas pembuat aturan sepak bola mengakui jika pihaknya memberikan izin kepada setiap klub untuk menggunakan aturan lima kali pergantian pemain di sasi musim 2019/2020 ini, begitu pula dengan keputusan Bundesliga.

Hal tersebut bertujuan untuk mencegah kelelahan berlebihan yang dihadapi oleh pemain sebagai akibat perubahan jadwal selama pandemi. Peraturan tersebut kini diperpanjang hingga Juli 2021 sementara untuk kompetisi internasional dibatasi hingga Agustus 2021. Selanjutnya FIFA akan mengembalikan kebijakan penentuan aturan pergantian pemain kepada setiap asosiasi.

Satu hal yang hingga kini masih menjadi pertimbangan Bundesliga yaitu soal kemungkinan dibukanya pertandingan musim 2020/2021 dengan menghadirkan penonton di stadion. RB Leipzig juga berharap jika pertandingan bisa disaksikan lebih dari 8500 penonton Red Bull Arena. Seperti diketahui jika klub tersebut akan membuka laga Bundesliga 2020/2021 menghadapi Mainz 05 terjadwal 20/09 nanti.

Bundesliga Izinkan Pertandingan RB Leipzig Dengan Penontong

RB Leipzig bakal membuka musim baru Bundesliga musim 2020/2021. Kabar menyenangkan ialah pada pertandingan nanti para penonton diperbolehkan untuk memasuki stadion. Hal ini telah disampaikan oleh Otoritas Kesehatan Kota Leipzig Selasa 1/9 kemarin, jika pihaknya memberikan lampu hijau untuk 8500 penonton hadir menyaksikan pertandingan.

Sempat tersingkir di semifinal Liga Champions, RB Leipzig akan kembali tampil berhadapan dengan Mainz tepatnya 20/09 nanti. Pemerintah kota Leipzig mensyaratkan penonton boleh masuk ke stadion dengan catatan virus corona di kota tersebut masih dalam jumlah yang sama seperti saat ini. Artinya tidak akan kenaikan yang signifikan.

Keputusan Bundesliga telah ditetapkan setelah melakukan pemeriksaan secara terperinci oleh otoritas kesehatan Leipzig. Akan tetapi nantinya akan diterapkan protokol khusus seperti seluruh penonton diwajibkan menggunakan masker wajah. Sementara untuk penempatannya sendiri yakni menyebar diseluruh stadion berkapasitas 42.000 tersebut . Syarat wajib lainnya yakni penonton merupakan penduduk lokal yang bersedia memberikan informasi pribadi secara lengkap.

Klub Bundesliga memang telah sepi penonton sejak Maret lalu. Liga sempat terputus sejak Maret hingga Mei akibat pandemi virus corona. Kemudian mulai dilanjutkan namun tidak ada satupun supporter yang di izinkan masuk untuk menyaksikan pertandingan.

Di negara bagia Saxony tersebut mencatatkan hanya ada 126 kasus baru selama tujuh hari terakhir tepatnya hingga Rabu 2/9 kemarin. Angka tersebut dianggap cukup rendah dan menjadi pertimbangan serta alasan penting mengapa pemerintah mengizinkan Leipzig menggelar pertandingan dengan melibatkan para penonton.

RB Leipzig telah memutuskan untuk memberi izin kepada pendukung untuk hadir dan menyaksikan pertandingan secara langsung saat melawan Mainz pada 20 September nanti. Kesepakan ini telah disepakati oleh Departeman Kesehatan Masyarakat Kota Leipzig dengan jumlah kapasitas penonton 8500 orang,” pernyataan Leipzig di akun resminya.

Mekipun jumlah tersebut hanya 20 persen dari kapasitas Red Bull Arena, namun keputusan tersebut mendapatkan respon sangat baik dari pelatih Julian Nagelsmann. Dirinya memang sudah merindukan kehadiran para pendukung dengan suaranya yang begitu riuh.

Setelah tiga bulan lebih timnya harus sepi bermain di stadion tanpa penonton. Keputusan Bundesliga kali ini dianggap dapat mengobati dahaga para penonton sekaligus pemain untuk menyaksikan secara langsung pertandingan di stadion.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments