Sunday, May 19, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga IndonesiaKabar Terbaru Jelang Lanjutan Shopee Liga 1 2020

Kabar Terbaru Jelang Lanjutan Shopee Liga 1 2020

Kompetisi lanjutan Shopee Liga 1 2020 dalam hitungan dua pekan akan segera dilaksanakan. Banyak sekali persiapan yang juga dilakukan oleh PT Liga Indonesia demi matang dan amannya kompetisi tersebut.

Mulai dari penghapusan degradasi pada kompetisi demi tidak munculnya potensi main mata dan jual beli pertandingan. Tentu, karena klub tidak ingin turun kasta.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Tidak hanya itu saja, PT LIB juga memberikan larangan klub peserta untuk menggunakan transportasi udara saat menghadapi laga tandang. Larangan ini dimunculkan agar para peserta dari laga selalu menerapkan protocol Kesehatan.

Kompetisi Akan Diawasi Oleh Satgas Antimafia Bola

Kekhawatiran muncul ketika PT Liga Indonesia Baru akan menghapuskan degradasi dari lanjutan Liga 1 2020. Langkah ini dianggap bisa menghindari munculnya potensi main mata dan jual beli pertandingan karena banyak klub yang tidak ingin turun kasta.

Aturan penghapusan degradasi ini akan segera diresmikan oleh PT LIB dengan bentuk perubahan regulasi. Peresmian ini akan membuat gengsi kompetisi menjadi menurun, lantaran para klub akan lebih mengejar juara dan tidak perlu bersaing di zona merah.

Demi menjaga marwah dari kompetisi maka PT LIB memiliki siasat untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas. Bahkan, Satgas Antimafia Bola akan dilibatkan dalam semua pertandingan pada Liga 1 2020.

“Demi menjaga fair play di Shoppe Liga 1, kami akan melibatkan Satgas Antimafia Bola dalam pertandingan nanti,” ungkap Akhmad Hadian, Direktur Utama PT LIB.

Banyak pertimbangan yang dilakukan hanya untuk memutuskan pertandingan Shopee Liga 1 2020 tanpa adanya degradasi. Nantinya para klub akan bermain untuk meraih juara saja dan tidak perlu saingan dipapan bawah. Dengan kondisi yang sulit saat ini, Direktur Utama dari PT LIB berharap tidak akan ada masalah baru yang muncul.

Nantinya, Satgas Antimafia Bola ini sudah dibentuk oleh Polri di tahun 2018, dengan pimpinan Hendro Pandowo. Tugas dari regu ini tentu saja akan menelusuri dugaan pengaturan skor dalam setiap pertandingan yang berlangsung.

Dilain sisi, PT LIB tetap akan memberikan sistem promosi ke walaupun tidak adanya degradasi. Namun, slot tim yang bisa naik kasta akan dikurangi. Jika dulu dari Liga 2 bisa mengirimkan tiga wakil klub terbaik, namun untuk saat ini hanya dua tim saja.

Dengan begitu maka pada kompetisi musim depan jumlah tim yang akan berkompetisi menjadi lebih bertambah, atau akan diikuti oleh 20 klub.

Klub Shopee Liga 1 2020 Dilarang Naik Pesawat

PT LIB akhirnya membuka suara tentang larangan klub kontestan dari Liga 1 2020 tidak diperbolehkan menggunakan transpotasi udara atau pesawat. Saat pertandingan tandang berlangsung maka klub hanya bisa menggunakan transportasi darat, selain itu semua pertandingan akan dipusatkan di Jawa.

Peraturan ini dibuat untuk selalu menerapkan protocol Kesehatan demi keamanan pemain dari virus corona. Nantinya PT LIB pun akan menyediakan bus demi memudahkan mobilitas dari klub yang akan melakoni pertandingan tandang.

Walaupun demi kebaikan bersama, peraturan ini tetap mendapatkan kritikan dari banyak tim. Merekan mengganggap perjalanan darat akan memakan waktu yang cukup lama dan mengurah banyak stamina pemain.

Akhmad Hadian Lukita pun menegaskan bahwa transportasi udara pun belum stabil dalam proses penerbangan. Hal ini bisa menjadi kendala jika tidak adanya jadwal penerbangan saat perjalanan tandang dilakukan. Tentu akan mempengaruhi jadwal yang sudah ditentukan.

Persiapan untuk penggunaan transportasi darat ini pun digarap maksimal. Sudah adanya ruas Tol Trans Jawa ini diharapkan bisa mempermudah mobilitas dari klub yang akan melakoni pertandingan tandang. Nantinya pejalanan pun akan lebih singkat jika menggunakan jalan tol tersebut.

Jika dilihat dari jadwal yang sudah ditentukan, maka tandang terjauh adalah pertandingan yang akan dilakukan antara Persita dan Persipura. Persita yang bermarkas di Tangerang harus bertandang ke Malang, begitu pula sebaliknya.

Pada saat kedua tim ini bertemu dan melakoni pertandingan tandang, maka Persipura dan Persita harus menempuh sekitar 900 km. Inilah tantangan untuk para tim yang harus melalui perjalanan darat yang cukup jauh.

Demi berjalannya Shopee Liga 1 2020 maka semua tim harus patuh dengan semua peraturan yang sudah ditentukan dengan tegas.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments