Thursday, February 2, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga SpanyolIni Beberapa Pemain Barcelona yang Akhirnya Dilepas

Ini Beberapa Pemain Barcelona yang Akhirnya Dilepas

Pembicaraan tentang klub asal Spanyol hari-hari belakangan ini memang tidak pernah habis. Keterpurukan di musim pertandingan 2019-2020 dan kekalahan telak dari Bayern Munchen membuat manajemen membuat perombakan besar. Setien menjadi korban pertama. Dia digantikan oleh Ronald Koeman sebagai pelatih tim. Selanjutnya, beberapa pemain Barcelona dikabarkan akan dilepas.

Pemberitaan seputar bursa transfer memang masih simpang siur. Bahkan, Luis Suarez yang dikabarkan akan ditransfer terkait usia sempat menegur Bartomeu karena dianggap tidak jantan dengan membiarkan nasib dirinya tidak menentu. Sementara itu, Messi yang disebut akan berusaha dipertahankan sepertinya meminta untuk keluar dari tim yang membesarkan namanya.

Pemain Barcelona yang Akhirnya Resmi Masuk Bursa Transfer

Sebenarnya tidak hanya Barcelona tim yang sedang berada di persimpangan dalam memilih pemain. Apalagi keuangan sebagian besar klub sedang tidak dalam kondisi stabil terkait pendemi. Hanya saja, memang setelah kekalahannya, Camp Nou dengan banyak pemain bintang yang paling disorot.

Berdasarkan hal di atas, otoritas Liga Spanyol memperpanjang masa jendela transfer pemain hingga 5 Oktober 2020. Hal ini dilakukan agar setiap klub lebih leluasa dalam mengambil keputusan.

Klub catalan beberapa jam lalu akhirnya memberikan keputusan dua pemainnya yang masuk bursa transfer secara resmi :

1. Lionel Messi

Setelah melalui perbincangan publik, pertemuan Messi dengan Koemann, dan lain-lain akhirnya tim yang pernah menjadi raja La Liga ini akhirnya dikabarkan rela melepas Messi.

Meski demikian, Barca mempunyai syarat pelepassan: ada klub yang mau membayar biaya transfer sebesar 700 juta Euro atau sekitar 12,2 trilyun rupiah. Angka yang fantastis karena di masa pandemi sulit mencari klub yang mampu membayar sebanyak itu. Apalahi Financial Fair Play (FFP) yang dibentuk FIFA membuat banyak klub sulit memperoleh Messi untuk bermain bersama mereka.

Hanya ada dua grup yang dikabarkan memiliki modal untuk itu, yaitu Inter Milan dan Manchester City.

Klub terbaik Nerzzurri ini bukan hanya mempunyai modal merekrut Messi. Namun, grup juga dianggap mempunyai hubungan baik dengan pemain Argentina, negara asal La Pulga.

Sementara itu, Manchester City juga mempunyai beberapa keunggulan untuk menarik Messi selain kemampuan membayar harga transfer dan gaji.

Di City ada pelatih Guardiola. Pelatih yang berhasil mengangkat Messi dan Barca ke masa puncak tahun 2008 hingga 2012. Masa itu, duet Guardiola dan Messi menghasilkan 14 trofi, termasuk dua gelar juara Liga Champion.

2. Junior Firpo

Selain Messi, ada pemain muda yang berada di posisi bek yang masuk bursa transfer.

Pelepasan pemain ini cukup mengejutkan karena sebelumnya pelatih Koemann menyebutkan akan fokus pada pemain muda. Pernyataan yang kemudian diartikan oleh banyak orang akan mengakibatkan tergusurnya banyak pemain di atas usia 30 tahun.

Firpo, pemain Spanyol kelahiran Dominika ini memang cukup dikagumi banyak klub di Serie A. Banyak klub yang berusaha meminangnya.

Tidak tanggung-tanggung, ada 3 klub negeri Italia yang mengungkapkan ketertarikannya. Mereka adalah Napoli, Inter Milan, dan Torino.

Kepergian Firpo dikabatkan akan menambah pemasukan tim. Barca akan lebih leluasa mengincar bek kiri pengganti yang mereka incar.

Namun, keputusan transfer nantinya tidak diambil manajemen. Firpo mempunyai dua pilihan sulit, akan hengkang dari Barca dengan kesepakatan pinjaman atau transfer yang berarti pergi secara permanen.

Itulah dua pemain yang sudah resmi masuk bursa transfer. Belum ada nama Luiz Suarez di sana. Pun nama-nama lain yang diisyaratkan Bortemou tidak masuk tim Koemann, seperti Jordi Alba.

Pemain ini kemungkinan akan mengikuti rekannya, Junior Firpo yang sudah lebih dahlu diumumkan harga transfernya, tinggal menunggu keputusan pemain.

Bortemou setelah kedatangan Koemann ke Camp Nou memang sempat mengumumkan nama-nama pemain yang tetap masuk dalam tim, yaitu Lionel Messi, Frenkie De Jong, Antoine Griezmann, Marc-Andre ter Stegen, Gerard Pique, Ousmane Dembele, Clement Lenglet, Nelson Semedo, dan Ansu Fati.

Namun, meski nama-nama pemain lain yang masuk bursa transfer resmi belum diumumkan, rumor seputar pengganti mereka telah beredar. Beberapa jam lalu misalnya, diberitakan bahwa pemain Barcelona Luis Suarez akan digantikan oleh Van de Beek. Selain itu ada pula rumor mengenai tiga pemain incaran Barcelona, yaitu Lautaro Maritnez, Eric Garcia, dan Jose Luiz Gaya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments