Sunday, January 29, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga JermanErling Haaland Akhirnya Raih Gelar Golden Boy 2020

Erling Haaland Akhirnya Raih Gelar Golden Boy 2020

Bisa mendapatkan penghargaan atau meraih gelar tertentu dalam sepak bola, tentu menjadi impian setiap pemain sepak bola. Apalagi jika penghargaan atau gelar tersebut merupakan gelar bergengsi yang bisa meningkatkan nama dan karirnya di masa depan. Selamat, Erling Haaland akhirnya raih gelar Golden Boy 2020.

Ungkapan bahwa kerja keras dan usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Hal tersebut dibuktikan oleh Haaland yang sepanjang tahun ini memberikan penampilan terbaik yang impresif sehingga selalu mencatatkan prestasi gemilang di setiap pertandingan. Maka tak heran jika akhirnya gelar Golden Boy 2020 diberikan kepada striker Borussia Dortmund tersebut.

Performa Apik Erling Haaland

Erling Haaland memang tengah menjadi perbincangan publik lantaran banyak klub-klub besar yang menginginkan jasanya, termasuk klub asal Spanyol Real Madrid. Performa apiknya semakin terlihat memukau publik saat dirinya tampil bersama RB Salzburg pada musim 2019/2020 lalu dalam pertandingan Liga Champions.

Pemain yang baru berusia 20 tahun tersebut berhasil mencetak sebanyak delapan gol dari enam laga fase grup. Menariknya, Haaland berhasil mencetak hat-trick saat melawan KRC Genk dan berhasil membuat satu gol penting saat melawan klub besar asal Inggris, Liverpool.

Sejak penampilannya tersebut nama Haaland semakin naik dan banyak menjadi incaran klub-klub papan atas Eropa. Meskipun banyak tawaran menggiurkan dari klub yang lain, Haaland sudah menegaskan bahwa ia memilih untuk tetap fokus di Borussia Dortmund dan tidak akan pindah dari klub yang telah membersamainya sejak bulan Januari 2020 ini.

Kontraknya bersama klub asal Jerman tersebut masih terbilang cukup panjang hingga tahun 2024 mendatang. Selama bermain untuk Borussia Dortmund, klub ini merasa beruntung telah mendapatkan jasanya. Apalagi nilai transfer saat membelinya dari Red Bull Salzburg terbilang cukup murah hanya dengan membayar 20 juta Euro.

Mahar yang dikeluarkan Dortmund akhirnya dibayar mahal dengan produktivitas gol Erling Haaland yang begitu luar biasa selama bertanding membela klub ini. Capaian fenomenal lainnya yang berhasil didapatkan adalah keberhasilannya mencetak 19 gol dari total 21 pertandingan yang diikuti sepanjang tahun ini.

Kalahkan Pemain Bintang Lainnya

Haaland awalnya tidak menyangka bisa memenangkan gelar Golden Boy 2020 ini. Apalagi lawannya bukanlah lawan yang biasa. Sebut saja Jadon Sancho dan Ansu Fati yang tidak kalah berprestasi. Ansu Fati bahkan dikenal sebagai pemecah rekor pencetak gol termuda di Barcelona dan timnas Spanyol.

Selain itu, ada juga nama Alphonso Davies yang merupakan pemain kunci Bayern Munchen yang disebut-sebut sebagai tim terbaik dunia. Bahkan Jadon Sancho rekannya di Borussia Dortmund juga masuk dalam nominasi untuk mendapatkan penghargaan ini.

Haaland beruntung akhirnya bisa tampil sebagai pemenang Golden Boy 2020 dengan total capaian 302 poin. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh Ansu Fati dengan total 239 poin dan diikuti Alphonso Davies dengan perolehan 226 poin.

Pemain asal Norwegia ini bukanlah yang pertama kali mendapatkan penghargaan tersebut. Pemain-pemain bintang kelas atas lainnya seperti Lionel Messi juga pernah mendapatkan penghargaan tersebut.

Sekilas mengenai Golden Boy Award, penghargaan ini merupakan hasil gagasan dari media olahraga Italia. kategori pemenang ditentukan dari pemain sepak bola yang dianggap paling baik performanya selama berkecimpung di kompetisi Eropa.

Penghargaan ini pertama kali dimenangkan oleh Rafael van der Vaart pada tahun 2003. Diikuti nama-nama pemain bintang lainnya seperti Lionel Messi, Paul Pogba, Wayne Rooney, dan Kylian Mbappe. Sosok lain yang pernah meroket dan mendapatkan penghargaan ini seperti Mario Balotelli dan Anderson. Sayangnya, kedua pemain tersebut namanya kian meredup.

Apa yang diraih Haaland saat ini bukanlah sesuatu yang instan bisa ia dapatkan. Meskipun usianya masih sangat muda untuk mendapatkan penghargaan ini, Haaland telah mulai meniti karirnya di bidang sepak bola sejak begabung dengan akademi klub kotanya, Bryne FC pada tahun 2015.

Erling Haaland telah berhasil mencatatkan 44 gol sepanjang musim 2019/2020 lalu. Total 28 gol saat masih bermain di RB Salzburg dan 16 gol saat membela Borussia Dortmund. Bahkan di awal musim 2020/2021 ini Haaland sudah berhasil mencetak 11 gol dari total 11 penampilan. Prestasi yang sungguh luar biasa sehingga pemain muda asal Norwegia ini sangat layak untuk memenangkan Golden Boy Award.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments