Saturday, January 28, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga JermanDaftar Pelatih yang Bisa Gantikan Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew

Daftar Pelatih yang Bisa Gantikan Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew

Hari buruk benar-benar menimpa timnas Jerman pada Rabu (18/11/2020) lalu, di mana tim ini harus menerima kekalahan telak dari Spanyol dengan skor akhir 6 – 0. Keperkasaan Spanyol pada pertandingan dini hari lalu akhirnya mengantarkan tim ini menuju babak semifinal. Bukan tak mungkin sang pelatih, Joachim Loew bakal menjadi kambing hitam pertama yang disalahkan.

Selain menjadi pertandingan yang memalukan bagi Jerman, kekalahan tersebut akhirnya memecahkan rekor sebagai kekalahan terbesar setelah 89 tahun berlalu ketika bertanding melawan Prancis di ajang Piala Dunia. Tak ayal pelatih yang telah membersamai timnas Jerman dari tahun 2006 tersebut terancam dipecat jika tak kunjung melakukan perbaikan.

Prediksi Daftar Pelatih Untuk Gantikan Joachim Loew

Karir dan prestasi yang dibangun Joachim Loew bersama timnas Jerman selama kurang lebih 14 tahun seperti runtuh seketika karena kekalahan memalukan saat bertanding melawan Spanyol dalam ajang UEFA Nations League. Pelatih berusia 60 tahun tersebut besar kemungkinannya bakal dipecat dari kursi kepelatihan jika tidak mampu membangkitkan timnas ini lagi.

Gol yang dihasilkan Ferran Torres dan kawan-kawannya memang begitu mengagumkan bagi timnas Spanyol. Namun, bagi Jerman hal ini benar-benar membuat hari mereka menjadi buruk hingga harus tertunduk lesu setelah pertandingan berakhir. Der Panzer bahkan tercatat hanya berhasil melakukan dua kali tembakan yang tidak berujung gol.

Sang pelatih sendiri mengakui bahwa timnya benar-benar kalah dari segala segi baik penyerangan maupun pertahanan. Bahkan komunikasi dan koordinasi antar anggota tim dinilai sedang tidak bagus. Akhirnya pertandingan harus berakhir tanpa satu pun gol perlawanan.

Jika Loew benar-benar akan dipecat, setidaknya ada empat daftar pelatih yang digadang-gadang bisa menggantikan peran Joachim Loew. Berikut beberapa di antaranya:

1. Julian Nagelsmann

Meskipun usianya masih sangat muda yakni baru 33 tahun, Julian Nagelsmann sudah didapuk untuk menjadi pelatih dari klub RB Leipzig. Hal ini tentu menggambarkan betapa berbakatnya mantan pemain sepak bola tersebut.

Selama kiprahnya berkarir sebagai pelatih RB Leipzig, Nagelsmann dikenal mampu membangun tim dengan mulus dan menakjubkan. Tak heran jika predikat muda, jenius, ambisius, dan berbakat layak untuk menggambarkan pelatih muda ini.

Meskipun belum berhasil membuat RB Leipzig mendapatkan gelar, setidaknya Leipzig mengalami kemajuan yang cukup pesat di bawah asuhannya. Leipzig berhasil masuk ke babak semifinal Liga Champions pada musim 2019/2020 lalu. Bahkan kini klub tersebut berhasil menjadi jajaran skuad yang masuk dalam pesaing berat bagi Borussia Dortmund dan Bayern Munchen.

2. Thomas Tuchel

Thomas Tuchel merupakan pelatih yang terpilih untuk melanjutkan tongkat estafet setelah Borussia Dortmund ditinggalkan oleh Jurgen Klopp ke Liverpool. Selama menjadi tim tim pelatih, klub Dortmund telah berhasil tampil begitu konsisten dalam dua musim di Signal Iduna Park.

Sayangnya, Tuchel harus meninggalkan Borussia Dortmund setelah mendapatkan tawaran menggiurkan dari Paris Saint-Germain. Pelatih yang sudah berusia 47 tahun itu pun tak tanggung-tanggung dalam mengasuh klub barunya PSG. Bahkan ia berhasil membawa tim ini masuk ke dalam babak final Liga Champions musim 2019/2020 lalu. Sudah ada 6 gelar dan dua trofi Ligue 1 yang berhasil didapatkan PSG.

3. Jurgen Klopp

Jurgen Klopp merupakan salah satu pelatih handal yang sudah tidak diragukan lagi kapasitasnya. Klopp berhasil membawa perubahan begitu besar bagi Liverpool sejak tahun 2015. The Reds berhasil disulap menjadi tim terkuat lagi di Eropa dengan hanya berbekal skuad seadanya.

Klopp yang kini tengah berusia 53 tahun tersebut terkenal sebagai pelatih yang dekat dengan pemain dan jago dalam mengasah kemampuan para pemain muda. Pelatih yang kaya akan taktik dan jenius adalah gambaran yang cocok untuk Jurgen Klopp.

4. Stefan Kuntz

Meskipun namanya masih terdengar asing dan tidak sepopuler pelatih lainnya, Stefan Kuntz adalah salah satu pelatih terbaik yang pernah menangani timnas Jerman. Selama berada di bawah asuhannya, timnas Jerman berhasil menjuarai Piala Eropa U-21 pada tahun 2017.

Kualitas pelatih yang sudah berusai 53 tahun tersebut tentu tidak bisa dianggap ramah. Berbekal pengalamannya menangani timnas Jerman hingga berhasil membawa timnya menjadi juara adalah modal yang sangat bagus untuk nantinya menjadi harapan baru bagi timnas negara tersebut.

Tidak hanya pemain yang merasa terpukul atas kekalahan melawan Spanyol, Joachim Loew pun merasakan yang sama bahkan lebih terbebani lagi karena timnas Jerman adalah tanggung jawabnya. Kini menjadi PR baru baginya untuk bisa membangkitkan tim Jerman dan menjadi tangguh seperti semula.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments