Wednesday, February 1, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga JermanBorussia Dortmund Kalah Telak Dari Stuttgart

Borussia Dortmund Kalah Telak Dari Stuttgart

Borussia Dortmund Kalah Telak Dari Stuttgart – Lucien Favre harus menerima kenyataan bahwa timnya kalah telak ketika melakoni laga kandang. Borussia Dortmund tumbang dengan skor 1-5 dari tim tamu, VfB Stuttgart.

Keduanya tim bertemu di laga lanjutan pekan ke 11 Bundesliga yang digelar di Signal Iduna Park pada Sabtu 12 Desember 2020. VfB Stuttgart sempat unggul lebih dulu melalui Silas Wamangituka yang kemudian dibalas Gio Reyna. Hingga babak pertama berakhir, skor masih bertahan 1-1.

Namun di babak kedua Borussia Dortmund benar-benar tak berdaya meladeni tim tamu yang mengakibatkan Borussia Dortmung kebobolan 4 gol beruntun. Gol tersebut berhasil dicetak oleh Philipp Forster, Tanguy Coulibally, Nicolas Gonzalez, dan gol kedua dari Silas Wamangituka.

Akibat dari Borussia Dortmund kalah telak dari Stuttgart membuat mereka turun ke peringkat 5 klasemen sementara Bundesliga dengan torehan 19 poin. Selisih lima poin dengan pemuncak klasemen, Bayern Munchen. Sedangkan VfB Stuttgart sendiri berada di posisi ke 6 dengan 17 poin.

Kronologi Borussia Dortmund Kalah Telak Dari Stuttgart

Sebenarnya Borussia Dortmund membutuhkan kemenangan dan meraih 3 poin karena mereka sebelumnya hanya mencatatkan satu kemenangan dari empat laga yang sudah dilakoninya. Ternyata diakhir laga Borussia Dortmund kalah telak dari Stuttgart yang menjadi tamu di Signal Iduna Park.

Di 10 menit pertandingan berjalan, tim tamu sudah berhasil mendapatkan 4 peluang. Untungnya Roman Burki yang menjadi penjaga gawang Dortmund, mampu tampil dengan melakukan penyelamatan.

Namun di menit ke 26, gawang Dortmund akhirnya kebobolan. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan oleh Emre Can kepada Mateo Kimowicz di dalam kotak penalti, membuat Stuttgart mampu unggul lebih dulu. Silas Wamangituka berhasil mencetak gol melalui titik putih dan skor berubah menjadi 0-1 untuk keunggulan tim tamu.

Anak asuh Lucien Favre masih belum mampu bangkit untuk membalas gol karena tim tamu terus menekan. Hingga akhirnya di menit ke 35, Matt Hummels mendapatkan kesempatan untuk menyamakan kedudukan setelah mendapatkan umpan crossing dari Raphael Guerreiro. Namun Gregor Kobel berhasil menepis tandukan bek Jerman tersebut.

Tim tuan rumah akhirnya berhasil mencetak gol penyeimbang pada menit ke 39. Gio Reyna berhasil melepaskan tembakan dari luar kotak penalti dan gagal diantisipasi penjaga gawang Stuttgart. Hingga babak pertama berakhir, tidak ada lagi gol yang berhasil diciptakan oleh kedua tim.

Usaha Borussia Dortmund untuk mencetak gol, masih menemui kebuntuan. Namun petaka bagi tim tuan rumah mulai datang di menit ke 52. Silas berhasil berhasil mencetak gol keduanya untuk Stuttgart. Berawal dari Orel Mangala yang melepaskan umpan terukur, langsung disambut dengan tendangan keras Silas. Roman Burki gagal mengantisipasi tendangan tersebut dan skor berubah menjadi 1-2.

Mimpi buruk Borussia Dortmund kalah telak dari Stuttgart dimulai di menit ke 60. Ketika tim tamu berhasil melakukan kerjasama apik di depan kotak penalti dan merusak barisan pertahanan Dortmund. Boma Sosa berhasil melepaskan umpan kepada Philipp Foerster yang langsung melepaskan tendangan keras dan skor berubah menjadi 1-3.

Dua menit kemudian, tim tamu berhasil memperlebar jarak dengan mencetak gol ke 4 melalui Tanguy Coulibally memanfaatkan umpan dari Silas yang ada di sisi kanan. Skor berubah menjadi 1-4 di menit ke 62.

Di menit ke 86, Borussia Dortmund berhasil mencetak gol ke gawang Stuttgart. Namun sayangnya gol dari Gio Reyna tersebut dianulir wasit karena VAR menunjukkan bahwa pemain Borussia Dortmund lebih dulu terjebak offside.

Di menit injury time, Stuttgart berhasil menambah keunggulan menjadi 1-5 melalui skema serangan balik. Gonzalez berhasil mencetak gol dari dalam kotak penalti Borussia Dortmund.

Catatan Buruk Borussia Dortmund, Akankah Berlanjut?

Hasil negatif yang dialami Borussia Dortmund ini merupakan kekalahan terbesar yang ketiga untuk Borussia Dortmund yang terjadi di kandang sendiri. Dilansir dari Transfermarkt, sebelumnya mereka juga pernah kalah dengan skor yang sama ketika melawan Bayern Munchen di musim 2009-2010 dan Werder Bremen pada 1971-1972.

Setelah Borussia Dortmund kalah telak dari Stuttgart ini, cukup membuktikan bahwa pertahanan Borussia Dortmund masih belum terlalu tangguh. Selain itu, sejak Erling Haaland mengalami cedera, Borussia Dortmund tidak pernah berhasil mencetak lebih dari 1 gol.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments