Sunday, January 29, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga EuropaBarisan Klub Kaya Di Dunia Saat Ini! Barcelona Nomor Satu?

Barisan Klub Kaya Di Dunia Saat Ini! Barcelona Nomor Satu?

Beberapa klub besar Eropa, sebagian besar memiliki basis penggemar yang sangat luas di seluruh dunia. Hal tersebut bisa memberi dampak positif kepada manajemen klub tersebut. Dengan basis penggemar yang kuat dan luas, secara tidak langsung akan memberikan dampak secara finansial kepada klub. Karena itulah klub kaya biasanya memiliki banyak fans yang berada di seluruh dunia untuk mendukung klubnya tersebut.

Sebenarnya dibutuhkan lebih dari penampilan yang sangat bagus di lapangan hijau untuk menjaga konsistensi klub agar selalu bertahan di puncak klasemen hingga di akhir musim. Namun perputaran uang dan arus pendapatan yang sehat sangat berpengaruh untuk bisa tetap bertahan di bisnis olahraga satu ini.

Sepak bola kini menjadi salah satu bisnis yang banyak menarik perhatian para investor. Banyak manajemen klub yang melakukan praktek jual beli pemain dengan harga yang sangat mahal. Kemudian manajemen klub berusaha dan mendapatkan gelontoran dana dari berbagai macam sponsor serta penjualan merchandise dari pemain bintang yang dimilikinya. Penjualan tiket juga masih secara reguler bisa jadi pemasukan klub.

Bisa dibilang bahwa kini sepak bola hanya menjadi sepak bola dengan prestise tinggi, namun dunia sepak bola bahkan bisa menjadi ladang basah bagi profesional di dalamnya. Seperti Leo Messi dan Cristiano Ronaldo, mereka berhasil menjadi salah satu atlit terkaya di dunia atas gelar kebintangannya. Banyak klub bersedia membayar mahal hanya untuk bisa membawa mereka bergabung dengan klubnya. Otomatis hanya klub kaya yang bisa membeli pemain bintang seperti mereka.

Selama beberapa tahun terakhir, Barca memang gagal menjadi peringkat pertama dari deretan klub kaya. Namun dengan tetap bertahannya Leo Messi di Barca, bisa dipastikan manajemen Barca bisa mempertahankan titel klub kaya di dunia.

Hal ini dibuktikan dengan proses revolusi klub mereka. Banyak pemain senior mereka yang telah laku terjual dengan harga yang tidak murah. Namun mereka juga berhasil mendatangkan pemain muda berbakat sebagai gantinya. Penjualan merchandise dan otonomi perizinan yang dijalankan manajemen klub sendiri, memberikan dampak yang sangat cukup besar bagi pendapatan klub ini sendiri. Pendapatan mereka hampir mencapai 1 miliar euro untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Real Madrid akhirnya turun di posisi kedua setelah Barca. Hal ini merupakan salah satu dampak yang diakibatkan karena Cristiano Ronaldo pergi meninggalkan El Real untuk bermain bersama Si Nyonya Tua. Seiring dengan kepergian Cristiano Ronaldo, Real Madrid juga akhirnya gagal menembus babak 16 besar di kompetisi Liga Champions dalam dua musim secara berturut-turut. Namun mereka masih berhasil menjuarai kompetisi La Liga dengan menjadi pemuncak klasemen di akhir musim.

Manajemen Real Madrid memang telah memperpanjang kerja sama dengan Adidas. Kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan pendapatan dan laba yang lebih besar lagi dari musim lalu. Real Madrid adalah salah satu klub yang memiliki basis fans paling besar di media sosial.

Zinedine Zidane dan manajemen klub juga tetap akan berusaha untuk membawa klub meraih prestasi tertinggi dalam menghadapi musim depan. Dari kabar yang beredar, pendapatan Real Madrid musim lalu mencapai 757,3 juta euro.

Manchester United saat ini memang masih berada di peringkat ke 3. Namun melihat Bayern Munchen yang baru saja berhasil memenangkan Liga Champions, bisa saja posisi Manchester United ini akan tergeser oleh anak asuh Hansi Flick tersebut.

Terlepas dari itu semua, Setan Merah juga memiliki basis fans yang sangat luar biasa di luar sana. Menjadi salah satu klub legenda, Setan Merah sangat dikagumi oleh banyak orang. Di Inggris sendiri, Manchester United adalah klub yang memiliki pendapatan terbesar. Namun banyak fans yang sedikit gelisah, karena tidak banyak pergerakan yang dilakukan Setan Merah di bursa transfer musim panas ini.

Ed Woodward memang banyak diprotes oleh para penggemar Setang Merah. Karena ia gagal membawa Manchester United gagal mendapatkan berbagai trofi dan penghargaan di beberapa musim terakhir. Memang ia gagal dalam menjaga klub dalam sisi kompetisi, namun ia bisa menjaga sisi finansial dan bisnis klub.

Sehingga Setan Merah tetap menjadi salah satu klub kaya dengan pendapatan tinggi, meskipun gagal di sejumlah kompetisi. Tercatat hingga saat ini Setan Merah berhasil mencatatkan pendapatan mereka hingga 711,5 juta euro.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments