Wednesday, February 1, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga SpanyolBarcelona Terkini dan Bursa Transfer

Barcelona Terkini dan Bursa Transfer

Bursa transfer sepak bola Eropa resmi ditutup, Selasa 6 Oktober 2020. Barcelona sampai hari terakhir berada dalam urutan ketiga klub yang terbanyak membelanjakan uangnya untuk pemain.

Hal tersebut tidak terlepas dari kegagalan klub di musim 2019-2020 lalu yang tidak dapat memperoleh satu gelar pun. Bahkan, raksasa La Liga ini kalah telah hingga skor 6 pada perempat final Liga Champions dari Bayern Munchen.

Kekalahan tersebut membuat manajemen Barcelona langsung bergerak untuk membuat perubahan.

Yang pertama dilakukan adalah mengganti pelatih Setien. Ini dilakukan hanya selang beberapa hari kekalahan yang menyakitkan.
Ronald Koeman menjadi pilihan pengganti.

Satu hari sejak kedatangannya, daftar pemain pilihan langsung diberikan. Di sinilah awal mula Barcelona membuat perombakan besar-besaran terhadap pemainnya.

Bursa Transfer Barcelona

Musim ini, Barcelona mengalami banyak kerugian keuangan dikarenakan pandemi Corona. Diperkirakan, kerugian yang dialami sekitar 97 juta Euro atau sekitar 1,6 trilyun rupiah. Penurunan yang terjadi diperkirakan mencapai 135 juta euro dari tahun sebelumnya.

Padahal, awalnya manajemen memperkirakan akan memperoleh pemasukan sekitar 1 milyar dan laba 2 juta Euro.

Catatan manajeen juga menunjukkan angka utang yang cukup besar, sekitar 379 juta Euro atau 6,6 trilyun Rupiah.

Kerugian tersebut dikarenakan beberapa hal.

Pertama, penghasilan yang diterima dari penjualan tiket jauh berkurang. Tiket pertandingan tidak dapat terjual penuh karena aturan memberlakukan pertandingan tertutup selepas kompetisi ditunda saat pandemi dimulai.

Kedua, pendapatan manajemen pengelola klub Catana ini merugi karena dibatalkannya pertandingan bola basket Euroleague.

Ketiga, otomatis dengan penutupan pertandingan dan pembatalan kompetisi bola basket, penjualan merchandise Barca ikut menurun.

Keempat, kunjungan Barca ke beberapa negara yang dijadwalkan juga ditiadakan. Padahal dari sini mereka juga meraih penghasilan tambahan.

Bursa transfer Barcelona penuh kontroversi. Dimulai dengan keinginan hengkangnya La Pulga selama beberapa hari menghiasi media massa hingga kepindahan Luis Suarez.

Di bursa transfer, Koeman dan manajemen klub dianggap gagal karena tidak berhasil membidik Memphis Delay dan Eric Garcia.

Memphis Delay dan klub asalnya sebenarnya sudah sepakat dengan angka transfer 30 juta Euro. Namun Camp Nou tidak memiliki dana cukup. Mereka tidak berhasil melepas Ousmane Debele sehingga tidak ada dana yang cukup mendatangkan Delay.

Sementara itu, untuk Eric Garcia tidak tercapai kesepakatan dengan Manchester United. Barca sudah memberikan 4 penawaran yang berbeda, tetapi MU tetap menginginkan angka yang tinggi untuk pemainnya. Padahal kontrak mereka dengan Garcia juga akan berakhir musim depan.

Meski tidak dapat membawa dua pemain yang dibidiknya, Barcelona masih dapat mendatangkan Mirale Pjanic, Trincao, Sergino Dest, dan Pedri.

Selain itu, Barcelona berhasil menghemat sekitar124 juta dengan mengurangi gaji pemain dan pegawai.

Beberapa pemain dipinjamkan dan ditransfer ke klub lain, sehingga mengurangi beban gaji tim. Pemain-pemain tersebut, yaitu Arturo Vidal, Ivan Rakitic, Nelson Seemdo, Rafinha, Arda Turan, Marcel Cucurela, Jean-Clair Todibo, dan terakhir Luis Suarez.

Situasi Barcelona Terkini

Laga Barcelona Vs Sevilla di pekan kelima menandai akhir kompetisi leg pertama.

Sama dengan kompetisi antar klub negara lain, pertandingan menjadi tanda dimulainya jeda internasional.

Banyak pemain sepak bola profesional kembali ke negaranya masing-masing. Mereka akan membela timnas.

Ronald Koeman disebut-sebut ditinggal sendiri oleh pemainnya.

Di sesi latihan, skuat utama Koeman terlihat berlatih bersama dengan tim reserve asuhan Garcia Pimienta.

Saat ini, 15 pemain utama sudah pergi untuk memperkuat timnas negara masing-masing.

Mereka adalah Sergio Busqutes, Sergio Roberte, Ansu Fati, Pedri, Riqui Puiq, dan Inaki Pena; Lionel Messi ke Argentina; Philippe Coutinho ke Brasil; Frenkie de Jung ke Belanda; Martin Braithwale ke Denmark; Clement Lenglet dan Antoine Griezman ke Perancis; Miralem Pjanic ke Bosnia; Ronald Araujo ke Uruguay; dan Fransisco Trincao ke Portugal.

Hanya 5 orang pemain yang mengikuti sesi latihan, yaitu Neto, Sergino Dest, Gerard Pique, Charles Alena, dan striker Perancis Ousamane Dembele. Lima pemain lain yang mengalami cedera tidak mengikuti latihan, seperti Marc-Andre ter Stegen, Jordi Alba, Samuel Umtiti, Junior Firipo, dan Matheus Fernandes.

Yang pasti, bursa transfer pemain Eropa berakhir. Setiap klub tinggal mengoptimalkan pemain yang dimiliki saat leg kedua kompetisi dimulai kembali.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments