Saturday, January 28, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga SpanyolBanyak yang Menyesali Kepergian Luis Suarez dari Barcelona

Banyak yang Menyesali Kepergian Luis Suarez dari Barcelona

Beberapa hari lalu waktu setempat, Atletico Madrid mengeluarkan pengumuman resmi akan datangnya pemain senior Barcelona ke klub tersebut. Informasi yang makin menegaskan perihal kepergian Luis Suarez dari Camp Nou.

Hanya saja yang mengejutkan adalah Suarez tidak jadi ke Juventus atau klub besar di negara lain. Juventus resmi dijual tanpa biaya transfer ke klub sesama La Liga. Bahkan dapat dikatakan bahwa sang bintang diberikan kepada klub yang notabene adalah saingan Barca.

Diberikannya bintang yang menjadi top scorer ketiga Barcolona sepanjang masa ini kepada tim Spanyol lain menuai banyak komentar. Hampir semuanya menyayangkan keputusan manajemen.

Kepergian Luas Suarez

Waktu tidak dapat dibalikkan. Keputusan El Barca untuk mengeluarkan pemain asal Uruguay ini tidak dapat dibatalkan. Apalagi kontrak sudah ditandatangani.

Hal yang paling banyak menuai kritik pengamat dan pemain sepak bola lain adalah cara Barca yang mendepak Suarez.

Sejak kedatangannya di Spanyol, Ronald Koeman tidak memperhitungkan pemain striker pendamping Messi sebagai timnya. Namanya tidak ada dalam daftar pemain.

Berdasarkan kabar yang beredar, pemecatan Suarez juga hanya dilakukan melalui telepon, meski di hari-hari terakhirnya Koeman sempat berbicara empat mata.

Cara di atas dianggap tidak pantas dilakukan oleh sebuah klub kepada pemain, khususnya kepada pesepakbola sekelasnya.

Suarez sudah enam musim berada di klub dan berada di tim di puncak kejayaan tim. Di musim 2014-2015, Barcelona meraih semua gelar kejuaraan termasuk Liga Champions.

Rekan terbaik Messi ini sempat terkatung-katung, padahal musim baru sudah di depan mata.

Sempat dipinang klub milik David Beckham dari Miami, Amerika Serikat, dia menolak karena masih ingin bermain di Eropa. Sementara untuk Ke Juventus terkendala dengan paspor. Masalah yang sampai ini belum selesai dan masih diselidiki terkait dengan isu kecurangannya untuk mendapat paspor.

La Pulga mengatakan dalam media sosialnya, “Kamu berhak pergi dengan cara yang layak untuk seseorang sepertimu. Salah satu pemain terpenting dalam sejarah klub karena sudah meraih hal-hal penting baik dengan klub maupun secara individu. Kamu seharusnya tidak didepak seperti yang mereka lakukan.”

Dani Alves, bek yang pernah membela Barcelona selama 8 musim memberikan komentarnya di postingan Messi di atas, “Ini bukan soal menang dan kalah, kita sangat tahu itu, ini soal respek, dan mereka tidak tahu itu.” Komentar yang memberikan gambaran atas situasi yang terjadi.

Tidak hanya Alves, Neymar yang dijual La Blaugrana ke Paris Saint Germany (PSG) memberikan komentar pada ucapan perpisahan Messi di Instagram.

Neymar yang pernah satu tim dan menjadi trio yang menggetarkan setiap lawan Barca di lapangan mengatakan, “Luar biasa cara mereka melakukannya.”

Beberapa pengamat menganggap kepergian Luis Suarez akan merugikan La Barca. Pasalnya pemain ini rekan terbaik dan sudah memahami benar permainan La Pulga. Mereka juga bersahabat bersama keluarga di luar lapangan. Isteri Messi dalam salah satu berita dikabarkan turut merasa sedih dengan kepergian sahabat suaminya di dalam dan di luar lapangan tersebut.

Dengan tidak adanya Suarez, Messi akan sendirian dan harus benar-benar berusaha keras beradaptasi dengan banyak pemain baru.

Bagaimana dengan Atheltico Madrid?

Kebalikan dari Barca, bagi Los Colchoneros mendapatkan El Pistolero, julukan Suarez, sangat menguntungkan. Bahkan, Diego Simeone memuji tindakan Bartomeu, berbeda dengan banyak orang.

Diibaratkan, Atletico Madrid berhasil menjinakkan binatang buas.

Bagaimana tidak? Selama enam musim di Barca, sepak terjang Suarez bersama Messi cukup ditakuti lawan.
Di pertandingan terakhir musim lalu saja, saat masih memakai kaos Barcelona dan berhadapan sebagai lawan, Suarez menciptakan satu assist bagi Messi. Satu assist yang berhasil dipergunakan Messi sebaik-baiknya hingga mencetak 1 gol dan mengalahkan Athletico 1-0 di Wanda Metropolitano.

Ketajaman insting dan keakuratan tendangannya diperkirakan akan menjadi senjata di klub baru pemain yang masuk timnas Uruguay ini. Di sesi latihan perdana dikabarkan bahwa dia langsung klik dengan para pemain lain. Artinya, dengan mudah adaptasi akan dilakukan.

Kepergian Luis Suarez yang dianggap aneh oleh Messi jika kelak mereka bertemu sebagai lawan. Keduanya harus profesional dengan klubnya masing-masing dengan tim yang sama-sama baru.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments