Wednesday, February 1, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga SpanyolAturan Baru Liga Spanyol Terkait Pandemi Covid-19

Aturan Baru Liga Spanyol Terkait Pandemi Covid-19

Tidak dapat dipungkiri, pandemi Covid-19 membuat banyak kerugian di dunia sepak bola profesional. Pertandingan tertunda hingga sekitar 3 bulan. Otomatis, pihak penyelenggara kehilangan banyak pemasukan, mulai dari hak siar sampai tiket penonton dan lain-lain. Oleh karena itu, operator kompetisi mengeluarkan aturan baru Liga Spanyol terkait pandemi dan antisipasi berbagai masalah lain yang berhubungan.

Ya, penundaan pertandingan memang berdampak banyak bagi pendapatan liga dan klub. Saat kompetisi dimulai lagi, penonton belum diijinkan datang. Sponsor ikut meninggalkan arena.

Aturan Baru Liga Spanyol

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), kemarin secara resmi mengeluarkan aturan baru. Aturan tersebut fokus pada pemisahan pemain yang terserang penyakit (yang dapat menularkan), memisahkannya, dan menjaga agar pertandingan tetap berlangsung.

Aturan yang dikeluarkan REFE tersebut akan mulai berlaku mulai musim pertandingan 2020-2021.

Diharapkan, dengan aturan ini klub bertanggung jawab dengan pemainnya masing-masing. Pemain yang sakit berapapun jumlahnya, langsung dipisahkan. Mereka tidak boleh mengganggu jalannya kompetisi. Ini berarti juga memberikan jaminan kepada sponsor dan televisi yang telah membeli hak siar. Jaminan pula agar musim pertandingan berakhir tepat waktu. Tidak ada lagi penundaan seperti di musim 2019-2020.

Dikutip dari media sepak bola Spanyol, Marca, aturan yang dikeluarkan tersebut antara lain:

1. Pemindahan Tempat Bermain

Saat ini, tim tidak dapat begitu saja memindahkan tempat pertandingan. Mereka harus memberi informasi kepada otoritas sepak bola Spanyol jika mereka ingin bermain atau ada stadion alternatif selain stadion kandang. Ini mengingat protokol kesehatan yang akan diberlakukan.

Pemberitahuan tim minimal tanggal 18 september 2020, sebelum musim kompetisi baru berjalan.

2. Jumlah Skuad Utama

Pertandingan tidak akan ditunda, meski beberapa pemain mengalami sakit (akibat terpapar virus Covid-19) dan masih ada minimal 7 skuat utama.

Jika skuat utama kurang dari tujuh, barulah wasit diperkenankan menunda pertandingan.

Tidak hanya itu, pertandingan juga tetap dilanjutkan jika tim minimal mempunyai 13 pemain, gabungan dari tim utama dan tim akademi. Tentu saja dengan tetap memperhatikan jumlah pemain di tim utama.

3. Penetapan Penundaan Pertandingan

Jika ternyata karena alasan jumlah pemain, kesehatan, penutupan stadion atau lainnya pertandingan terpaksa ditunda, tanggal baru pertandingan da tempatnya harus segera diatur.

4. Jumlah Penundaan Pertandingan

Tim-tim yang bertanding di divisi La Liga atau liga utama hanya boleh menunda pertandingan sebanyak satu kali. Sementara tim yang berada di bawahnya, La Liga Smart Bank, dapat melakukan penundaan pertandingan sebanyak dua kali.

Penundaan di luar ketentuan berarti tim mengalami kekalahan.

5. Penundaan Setelah Matchday

Setelah matchday 30 di liga utama alias La Liga, tidak ada penundaan pertandinga. Begitu pula tim La Liga Smart Bank, di matchday 34.

Tim yang tetap melakukan penundaan dengan alasan apapun, dinyatakan kalah 0-3 dari pihak lawan. Itu artinya, poin akan berkurang 3.

Peraturan ini juga berlaku jika kedua tim tidak dapat bertanding. Keduanya dinyatakan kalah dan mengalami pengurangan poin.

6. Pertandingan Playoff Promosi

Di akhir musim biasanya klub yang posisinya berada di bawah akan terancam ke divisi kedua dan klub yang bermain baik di divisi kedua mendapat promosi.

Di sini akan diadakan pertandingan playoff.

Playoff promosi yang umumnya dilaksanakan dua leg dapat disesuaikan menjadi satu leg jika situasi tidak memungkinkan.

Pertandingan semifinal dan final playof ini akan dilaksanakan satu leg di setiap divisi.

Pelaksanaannya akan diselenggaraan di satu stadion tuan rumah dalam waktu lima hari atau di tempat lain yang netral.

Tim playoff yang tidak dapat ikut bertanding langsung dinyatakan kalah.

7. Waktu Kedatangan Tim

Untuk mempersingkat waktu dan menghindari terjadinya banyak kontak, pergantian staf pertandingan dan waktu kedatangan tim ke stadion dibuat lebih singkat.

Itulah beberapa aturan terbaru terkait pengamanan virus Covid-19, di mana Spanyol termasuk daerah dengan angka tinggi penularan.

Masyarakat bola dan dunia umumnya berharap semua berjalan lancar. Semua pemain dalam kondisi sehat dan bugar.

Itu sebabnya, pemain yang memasuki sesi latihan pramusim harus mengikuti tes swab sebelum berkumpul.

Aturan baru Liga Spanyol diharapkan dapat mewakili keinginan semua pihak yang berkepentingan dengan penyelenggaraan kompetisi tahunan sepak bola Spanyol ini.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments