Monday, July 22, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga IndonesiaAlasan Shin Tae-yong Putuskan Panggil Lima Debutan ke Timnas Indonesia di FIFA...

Alasan Shin Tae-yong Putuskan Panggil Lima Debutan ke Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Pada ajang kompetisi FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan kejutan dengan memanggil lima pemain debutan ke dalam skuad Garuda.

Timnas Indonesia akan menghadapi Palestina pada tanggal 14 Juni 2023, diikuti oleh pertandingan melawan Argentina pada tanggal 19 Juni 2023.

- Advertisement -
asia9QQ

Deretan Pemain yang Dipilih Shin Tae-yong

Menyikapi dua pertandingan penting tersebut, Shin Tae-yong memilih 26 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia sejak 5 Juni lalu di Surabaya, Jawa Timur.

Namun, yang menarik perhatian adalah kehadiran beberapa wajah baru di skuad Timnas Indonesia. Nama-nama seperti Reza Arya Pratama, Rafael Struick, Ivar Jenner, Shayne Pattynama, dan Sandy Walsh dipanggil oleh Shin Tae-yong.

Sandy dan Shayne bukanlah nama asing bagi penggemar sepak bola Indonesia, karena mereka sudah lama memiliki status Warga Negara Indonesia. Meski keduanya sebelumnya gagal membela Timnas Indonesia pada FIFA Matchday Maret 2023, kali ini mereka berpeluang untuk menjalani debut bersama timnas.

Selanjutnya, ada Ivar Jenner dan Rafael Struick yang baru saja menyelesaikan proses naturalisasi mereka. Awalnya, Shin Tae-yong memproyeksikan kedua pemain ini untuk masuk ke dalam skuad Timnas U-20 Indonesia dalam ajang Piala Dunia U-20 2023. Namun, dengan dibatalkannya Piala Dunia U-20 2023 yang akan diselenggarakan di Indonesia, Shin Tae-yong secara mengejutkan memutuskan untuk memasukkan keduanya ke dalam skuad timnas senior.

Nama Tambahan

Tidak hanya itu, satu nama yang paling mengejutkan para penggemar sepak bola adalah kehadiran kiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama, di dalam skuad Timnas. Kiper berusia 23 tahun itu berhasil menggeser posisi penjaga gawang utama Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, dan menjadi bagian dari skuad timnas.

Shin Tae-yong mengakui bahwa dirinya belum dapat menilai sepenuhnya performa para pemain debutan ini. Hal tersebut karena ia belum melihat mereka bermain dalam pertandingan resmi timnas. Namun, ia yakin bahwa para pemain tersebut memiliki kemampuan yang khusus sehingga mereka dapat menjadi bagian dari skuad Garuda dalam kesempatan ini.

“Pastinya saya belum bisa menilai mereka (pemain debutan) seperti apa,” ucap Shin Tae-yong.

Selain itu, Shin Tae-yong memiliki harapan tersendiri terhadap lima debutan ini. Ia berharap mereka dapat meningkatkan kualitas permainan mereka, mengingat timnas akan bertanding melawan dua tim besar pada FIFA Matchday kali ini.

“Tetapi saya menilai pemain tersebut bisa masuk ke timnas senior karena kemampuan mereka,” imbuhnya.

Shin Tae-yong Kedatangan 2 Pemain Tambahan

Sementara itu, dua pemain dari luar negeri, Saddil Ramdani (Sabah FC) dan Elkan Baggott (Cheltenham Town), telah bergabung dengan timnas Indonesia pada Jumat (9/6/2023). Namun, masih terdapat sembilan pemain lainnya yang belum bergabung, termasuk lima pemain dari Persija Jakarta dan PSM Makassar.

Kesembilan pemain tersebut adalah Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Yakob Sayuri, Yance Sayuri, dan Reza Arya. Empat pemain lainnya, yaitu Jordi Amat (Johor Darul Takzim), Shayne Pattynama (Viking FC), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), dan Asnawi Mangkualam (Jeongnam Dragons), juga belum bergabung.

Shin Tae-yong dan timnas Indonesia menantikan kedatangan para pemain yang masih belum bergabung. Diharapkan mereka dapat melengkapi skuad sebelum agenda FIFA Matchday dimulai pada 12 Juni 2023.

Rekapan Daftar Pemain yang Dipanggil Shin Tae-yong kali ini

Berikut adalah daftar pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia:

  1. Reza Arya Pratama (PSM Makassar)
  2. Rafael Struick
  3. Ivar Jenner
  4. Shayne Pattynama
  5. Sandy Walsh
  6. Saddil Ramdani (Sabah FC)
  7. Elkan Baggott (Cheltenham Town)

Kemudian, terdapat sembilan pemain lainnya yang belum bergabung, termasuk:

  1. Rizky Ridho (Persija Jakarta)
  2. Witan Sulaeman (Persija Jakarta)
  3. Yakob Sayuri (Persija Jakarta)
  4. Yance Sayuri (Persija Jakarta)
  5. Jordi Amat (Johor Darul Takzim)
  6. Pratama Arhan (Tokyo Verdy)
  7. Asnawi Mangkualam (Jeongnam Dragons)

Jadwal FIFA Matchday Timnas Indonesia Juni 2023

Pada tanggal 14 Juni 2023, Timnas Indonesia akan melawan Palestina dalam pertandingan yang akan digelar di lokasi yang masih akan diumumkan. Ini akan menjadi laga yang menarik untuk melihat bagaimana timnas menghadapi salah satu tim kuat di Asia Barat.

Setelah itu, pada tanggal 19 Juni 2023, timnas akan menghadapi tantangan besar saat berhadapan dengan Argentina. Pertandingan ini akan dilangsungkan di lokasi yang akan diumumkan kemudian. Menghadapi timnas Argentina akan menjadi pengalaman berharga bagi para pemain Indonesia, mengingat kekuatan dan reputasi timnas Argentina di tingkat internasional.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments