Friday, February 3, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga IndonesiaAji Kusuma, Striker Persija yang Cetak 2 gol VS PSM Makassar

Aji Kusuma, Striker Persija yang Cetak 2 gol VS PSM Makassar

Aji Kusuma, Striker Persija yang Cetak 2 gol VS PSM Makassar. Aji Kusuma tampil garang saat Persija Jakarta mengamankan kemenangan 4-2 atas PSM Makassar dalam lanjutan Liga 20 pekan ke-20 2022-2023 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (25 Januari 2023) sore.

Ia membobol gawang PSM Makassar dengan gemilang, melewati kiper lawan, M. Reza Arya Pratama. Dua gol yang dicetak tercipta pada menit ke-36 dan ke-54.

Tidak banyak yang mengetahui identitas asli Aji Kusuma. Pekanbaru kelahiran 30 Januari 1999 itu baru saja tiba di putaran kedua Liga 1 2022-2023 dari Persija Jakarta.

Aji Kusuma baru melakoni tiga laga di Liga 1 2022-2023 dengan mencetak dua gol. Penyerang dengan kecepatan di atas rata-rata ini sebelumnya bermain untuk klub La Liga 2 Persiba Balikpanan.

Di musim terakhirnya bersama Persiba Balikpapan, atau tepatnya di Liga 2 2022, Aji Kusuma mencetak tiga gol dari enam penampilan. Sayangnya, pasca insiden di Stadion Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022, ketajaman Aji Kusuma harus terhenti akibat vakum Liga 2 2022.

Aji Kusuma, Striker Persija yang Cetak 2 gol VS PSM Makassar

Jauh sebelum membela tim senior Persiba Balikpapan, Aji Kusuma sempat memperkuat beberapa tim muda liga Indonesia. Aji Kusuma pernah memperkuat beberapa tim muda, yakni PS TNI (2017), Bali United (2017-2018), Persika Karawang (2018) dan Borneo FC (2018-2019).

Sembari memperkuat tim muda tersebut di atas, Ajikusuma berpeluang membela timnas Indonesia U-19 yang bersiap tampil di Piala Asia U-19 2018. Pada pertengahan Maret 2018, Timnas Indonesia U-19 menghadapi Timnas Jepang U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Alhasil, tim Masakti kalah 1-4 dari tim Jepang. Saat itu, satu-satunya gol Timnas Indonesia U-19 dicetak oleh Aji Kusuma.

Sayangnya, dalam skuat final Piala Asia U-19 2018, Aji Kusuma tidak masuk sebagai pelatih timnas U-19 Indonesia menggantikan Bima Sakti, Indra Sjafri. Saat itu, Indra Sjafri lebih memilih mendatangkan Rafli Mursalim dan Hanis Saghara untuk mengisi kekosongan tersebut.

Lima tahun berlalu, Aji Kusuma perlahan menjadi seorang pengebom yang mematikan. Aji Kusuma berpotensi disebut Shin Tae-yong membela timnas Indonesia jika bermain sengit bersama Persija Jakarta pada lanjutan Liga 1 2022-2023.

Persija Puncaki KLASEMEN, Thomas Doll: Kami Berada di Jalur yang Benar

"<yoastmark

Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll mengaku senang dengan kemenangan 4-2 timnya atas PSM Makassar pada pekan ke-20 Liga 1 2022-2023 di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Rabu (25 Januari 2023).

Ahli taktik Jerman itu juga mengatakan Macan Mayoran berada di jalur yang benar. Macan Kemayoran -julukan Persija Jakarta- berhasil mencetak skor penuh Juku Eja -julukan PSM Makassar.

Kemenangan Persija berkat dua gol Abdulla Yusuf Helal (21, 82) dan Aji Kusuma (36, 54). Sementara itu, Everton (68′) dan Rashid Bakri (90+2′) mencetak dua gol untuk PSM Makassar.

Berkat kemenangan tersebut, tim besutan Thomas Doll berhasil mengantarkan PSM Makassar ke puncak klasemen sementara Liga 1 2022-2023. Macan Kemayoran mencetak poin yang sama dengan Juku Eja, 38, namun unggul head to head.

PSM Makassar sebenarnya memiliki selisih gol yang lebih baik dari Persija Jakarta yaitu +19 hingga +10. Namun, ketika dua atau lebih tim memiliki poin yang berdekatan dan tolok ukurnya adalah konfrontasi head-to-head, selisih gol tidak akan menjadi tolok ukur peringkat.

Persija Puncaki KLASEMEN, Thomas Doll: Kami Berada di Jalur yang Benar

Usai pertandingan, Thomas Dole mengaku Percia lebih banyak kebobolan gol saat memimpin. Meski begitu, eks juru taktik Borussia Dortmund itu tak mempermasalahkan hal itu.

“Di babak pertama, kami terlalu mudah kehilangan bola. Tapi di babak kedua kami menguasai bola dengan lebih baik. Setelah kami unggul 2-0, kami kehilangan cara memainkan bola. Tapi tidak apa-apa,” Thomas Dole kata staf media.

Bahkan, Thomas Dole mengaku senang pasukannya menang. Pasalnya Riko Simanjuntak cs mampu mencetak lebih dari dua gol. Menurutnya, kemenangan ini menempatkan Percia di jalur yang benar untuk juara musim ini.

“Kami sudah mulai mencetak lebih banyak gol, seperti tiga hari ini melawan Bali United dan empat hari ini melawan PSM Makassar, jadi saya pikir kami berada di jalur yang benar untuk kemenangan Happy hari ini,” ucapnya. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments