Sunday, January 29, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga SpanyolSiapa Pelatih Barcelona Berikutnya?

Siapa Pelatih Barcelona Berikutnya?

Kekalahan telah salah satu klub La Liga, Barcelona, di perempat final Liga Champions berbuntut panjang. Sejumlah pemain disebut-sebut tidak akan diperpanjang masa kontraknya. Bahkan, Pelatih Barcelona Setien dikabarkan menjadi yang pertama harus hengkang dari grup Spanyol tersebut.

Sehari setelah kekalahan, manajemen tim Blaugrana, julukan Barcelona alias Barca memang berencana memecat Setien. Pelatih tersebut dianggap penyebab utama kegagalan Barcelona di musim tahun ini.

Yes, sejak tahun 2008, Barcelona memang tidak pernah mengakhiri musim dengan tanpa gelar. Tahun ini, tim harus mengalaminya. Di Liga Champions mereka harus menerima kekalahan menyakitkan dengan kalah 2-8 dari Bayern Munchen. Pada beberapa media ditunjukkan bagaimana gambar tatapan Kapten Barca, Lionel Messi setelah kekalahan tersebut.

Pemecatan Quique Setien diumumkan satu jam setelah kekalahan. Namun, secara resmi manajeman baru memberikan keterangan resmi Senin sore, 17 Agustus 2020 waktu setempat.

Seperti dilansir oleh berbagai media, Presiden Barcelona, Josep Bartomeu telah berbicara kepada stasiun radio Spanyol Cadena, COPE mengenai hal di atas.

Pengumuman baru disampaikan setelah Josep bertemu dengan Direktur Olahraga Klub, Erik Abidal bersama orang kepercayaannya, Ramon Planes, sehari sebelumnya.

Setien, yang baru menggantikan Ernesto Valverde sebagai pelatih Barcelona di pertengahan musim, tepatnya Januari 2020 tersebut mengaku pasrah dengan semua keputusan manajemen. Dia bahkan menyatakan memang nasib dirinya saat ini sudah tidak berada di tangan dirinya sendiri dan memahami benar bahwa tim harus merefleksi setelah kekalahan memalukan yang dialami.

Pelatih Barcelona Pengganti Setien

Meski sudah memberi pengumuman resmi tentang pemutusan Setien, pelatih berusia 61 tahun dari klub Barcelona, siapakah pelatih selanjutnya belum diketahui pasti.

Para pengamat sibuk memprediksi beberapa nama. Di antara nama-nama yang mungkin menjadi pelatih menggantika Setien, disebut-sebut sebagai berikut.

1. Mauricio Pochettino

Pochettino santer dibicarakan sebagai pengganti Setien.

Sebelumnya, pelatih asal Argentina ini menyatakan bahwa dia tidak akan menolak jika ditawarkan untuk melatih Barcelona. Hal tersebut dia ungkapkan ketika diwawancarai media Argentina.

Namun, bagi penggemar El Barca kedatangan Pochettino bisa jadi sebagai penghinaan, meski ada kemungkinan pihak manajeman mendatangkan eks juru taktik Tottenham Hotspur. Manajeman ingin membangun kembali kekuatan jelang musim selanjutnya.

Mengapa penggemar El Barca tidak menyukai caon pelatih satu ini?

Pasalnya, sang pelatih di tahun 2017 pernah mengucapkan suatu kata yang menghina tim El Barca.

Dalam sebuah wawancara, Poch sempat mengatakan bahwa secara pribadi dia mengucapkan terima kasih kepada Espanyol atas nilai-nilai yang diberikan. Baginya, nilai-nilai tersebut lebih dari suatu klub sepak bola dan dia bisa memahami kepemilikan nilai dari klub.

Selanjutnya, ada kata yang membuat penggemar tidak menyukainya,”Saya sangat senang tinggal di Barcelona dan Catalunya adalah kota paling berkesan hingga saat ini. Tapi ketika ini menyangkut terkait tim, saya justru memiliki penilaian yang jauh berbeda,”

Poch sendiri memang pernah melatih Espanyol, rival sekota Barca di liga domestik. Apalagi dia juga pernah menyatakan diri lebih tertarik untuk berkarir dan menjadi pelatih di Real Madrid setelah Zinedine Zidane mengundurkan diri tahun lalu.

2. Roenald Koeman

Selain pelatih Argentina, ada juga pelatih asal Belanda, Ronald Koeman yang disebut bakal menggantikan Setien.

Meski Koeman sendiri masih terikat kontrak melatih Tim Nasional Belanda hingga 31 Desember 2022, dia tidak menutup kemungkinan berada di Barcelona.

Ada klausul di dalam kontraknya dengan Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) yang unik. Koeman diijinkan pindah ke Barcelona asalkan manajeman Barcelona yang memberikan tawaran terlebih dahulu.

Koeman dikabarkan tidak akan menolak bila hal tersebut benar-benar terjadi.

Berdasarkan pantauan media setempat, pelatih berusia 57 tahun terlihat sudah tiba di Bandara Kota Barcelona (El Prat), sehari sebelum pengumuman resmi pemecatan Setien. Kemungkinan keberadaannya di kota ini adalah untuk diperkenalkan sebagai pelatih di klub Blaugrana.

Jika Koeman benar-benar menjadi pelatih El Barca, berarti dia akan merangkap jabatan. Dalam sepakbola, hal ini sebelumnya pernah terjadi pada Guus Hiddink yang melatih Timnas Rusia dan Chelsea secara bersamaan.

Selain kedua nama di atas yang santer disebut akan menggantikan Setien sebagai pelatih Barcelona, beberapa eks pemain sendiri dikabarkan ada kemungkinan menduduki jabatan tersebut. Namun, kemungkinannya sangat kecil untuk digunakan di musim ini.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments