Thursday, February 2, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga SpanyolSevilla, Klub Spanyol yang Mecetak Rekor di Liga Eropa

Sevilla, Klub Spanyol yang Mecetak Rekor di Liga Eropa

Sepak bola memang sering kali menghasilkan kejutan. Pemenang dan pemain bintang tidak dapat selalu diperkirakan. Banyak faktor yang mempengaruhi permainan di lapangan sehingga berbeda dengan di atas kertas. Begitu pula dengan Sevilla, klub Spanyol yang mencetak rekor di Liga Eropa.

Sevilla memang semalam membuat kejutan dengan mengalahkan Inter Milan, raksasa Italia di final laga Liga Eropa. Kemenangan yang membuat klub ini mencetak rekor. Los Palanganas, julukan Sevilla, kembali naik tahta setelah musim 2015-2016 dan mencatatkan diri sebagai peraih Piala Eropa sebanyak enam kali. Selain itu, mereka juga mencatatkan diri sebagai grup yang tidak pernah terkalahkan di final Liga Eropa. Enam kali mencapai final, enam kali pula mereka meraih trofi.

Di Laga Final musim ini, Sevilla membungkam Inter Milan dengan skor 2-3 di stadion Koeln, Jerman.

Kemenangan pertama Sevilla di raih di musim 2006-2007. Saat itu melalui adu penalti, klub mengalahkan tim Spanyol lain, Espanyol. Selanjutnya, tiga kali berturut-turut di musim pertandingan 2013-2014, 2014-2015, dan 2015-2016, tim negeri matador ini menang mengalahkan lawan tangguh: Benefica, Dnipno, dan Liverpool.

Dua gol diperoleh tim merupakan hasil sundulan Luk de Jong. Sementara 1 gol lainnya adalah gol bunuh diri Romero Lukaku yang membelokkan tembakan Salto Diego Carlos tetapi tidak dijangkau kiper.

Inter Milan sendiri berusaha mengejar ketinggalan dengan gol penalti dari Romero Lukaku dan lesakan Diego Guldin. Namun, sampai pluit babak kedua berakhir, kedudukan tidak berubah.

Dengan kemenangan tersebut, Sevilla langsung mendapat posisi sebagai tim unggulan di Liga Champions bersama 7 klub juara kejuaraan lokal tiap negara. Klub yang dimaksud, yaitu Real Madrid (Spanyol), Liverpool (Inggris), Juventus (Italia), Bayern Muenchen (Jerman), Paris Saint German/PSg (Perancis), Zenit St Petersburg (Rusia), dan FC Porto (Portugal).

Pengamat juga menyebutkan, bahwa kemenangan Sevilla kali ini membawa angin segar pada klub Spanyol lain yang terpuruk terlebih dahulu, seperti Real Madrid dan Barcelona. Di partai Semifinal, tim ini mengalahkan grup besar lain Manchester United.

Kiprah Sevilla di Pertandingan Klub Spanyol Musim Ini

Sevilla, entah kenapa, meski sebelumnya lima kali meraih trofi Piala Eropa, supremasi sepak bola benua biru, tidak terlalu diperhitungkan dalam pertandingan.

Namun, sejak pertandingan antar klub di negaranya sendiri, Spanyol, prestasi tim asuhan Julen Lopetegui ini terbilang stabil meski tidak luar biasa.

Di pertandingan awal Liga Spanyol, Sevilla sempat menduduki peringkat pertama, jauh di atas klub papan atas negeri yang juga dikenal dengan sebutan Andalusia, Real Madrid dan Barcelona.

Hasil di atas diperoleh karena dia berhasil memenangkan dua pertandingan awal. Mereka berhasil memperoleh tiga poin ketika melawan Espanyol dan tiga poin diperoleh dengan kemenangan atas Granada. Sementara, Real Madrid dan Barcelona hanya mampu menahan imbang masing-masing lawan.

Namun, di beberapa pertandingan pertengahan, Sevilla sempat mengalami kekalahan dan posisinya terus melorot.

Posisi Sevilla kembali meningkat ketika musim yang ditunda karena pandemi kembali dibuka. Lopetegui berhasil membawa anak asuhnya bermain dengan lebih baik. Meski tidak menduduki peringkat pertama klasemen, Sevilla berhasil memenangkan 12 kali pertandingan terakhir dan memperoleh tiket ke Liga Champions di musim depan.

Kiprah Sevilla di Copa del Rey tidak jauh berbeda. Di musim pertandingan kali ini, mereka gugur di pertandingan awal.

Penampilan terbaik Sevilla di Copa del Rey adalah musim pertandingan 2009-2010 ketika laga masih menggunakan sistem dua leg.

Di leg 1 babak 16 besar, Sevilla berhasil mengalahkan Camp Nou, peraih trofi Copa del Rey terbanyak sepanjang masa.

Kekalahan 1-2 Barca dari Sevilla tidak dapat membawanya ke babak berikut mesi di leg II, tim berhasil menang.

Sevilla saat itu tidak terbendung. Untuk kelima kalinya dalam sejarah, Sevilla berhasil memenangkan laga Copa del Rey.

Secara keseluruhan, baik dari pertandingan internasional dan di negaranya, Sevilla termasuk klub Spanyol menengah. Sampai saat ini , klub resmi meraih 7 gelar yang sama. Enam gelar diperoleh tim dari Liga Eropa dan satu dari Piala Liga Piala Super Eropa. Di liga domestik, mereka pernah meraih satu gelar Liga Spanyol, lima gelar Copa del Rey, dan satu raihan dari Piala Super Spanyol.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments