Thursday, February 2, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga SpanyolSetelah Drama Panjang, Keputusan Lionel Messi Bersama Barcelona Semusim Lagi

Setelah Drama Panjang, Keputusan Lionel Messi Bersama Barcelona Semusim Lagi

Bursa transfer Lionel Messi belum bisa dilakukan musim panas ini. Setelah melewati perdebatan pelik dengan pihak Barcelona akhirnya di umumkan mengenai keputusan Lionel Messi. Jumat 4/9 kemarin ia telah resmi memberitahukan kepada publik jika ia memilih untuk bertahan di Barcelona selama satu tahun hingga kontraknya berakhir.

Pada Kamis 8/9 lalu, ia memang sempat bertemu dengan sang ayah, Jorge di kediamannnya yang berada di Castelldefels, Barcelona. Pada perjumpaan itu, mereka berdiskusi mengenai upaya yang akan mereka lakukan untuk bisa hengkang dari Barcelona. Setidaknya Jorge dan Messi menghabiskan waktu satu jam untuk saling berbicara.

Dari pertemuan itu, muncul kabar yang menyatakan jika Lionel Messi akan melanjutkan sisa kontraknya bersama Barcelona selama satu tahun lagi. Rupanya keputusan tersebut ia ambil setelah melalui drama panjang bersama Barcelona. Hingga kini drama tersebut tetap menjadi PR besar baginya dan Messi merasa jika ia seperti disandera.

Drama Keputusan Lionel Messi

Pertama kali berita mengenai Messi terus bersama Barcelona telah mencuat seperti yang dituliskan oleh media Argentina, Sphera Sports. Media tersebut memang telah mengklaim sebelumnya jika peluang Messi untuk bertahan di Barcelona sangat tinggi yakni mencapai 90 persen. Mereka juga mengatakan jika Lionel Messi telah merekam pernyataannya sebagai konfirmasi jika ia akan terus bersama Barcelona.

Setelah Messi mengungkapkan pernyataannya tersebut, Jorge justru merespon rilis La Liga pada 30 Agustus lalu tentang situasi kontrak sang mega bintang di Barcelona. Pada rilisnya tersebut, Jorge selaku wakil Lionel Messi memberikan bantahan adanya klausul pelepasan sebesar 700 juta euro pada kontrak itu.

Dua poin utama pernyataan yang sampaikan oleh ayah Messi yaitu.

1. Kami tidak mengetahui kontrak mana yang sedang mereka bicarakan, dan dari mana mereka bisa menarik kesimpulan jika kontrak itu menjadi klausul penghentian yang berlaku apabila pemain ingin berhenti sepihak dari kontrak yang sama.

2. Satu lagi mengenai klausul pelepasan 700 juta euro, itu merupakan kesalahan pihak La Liga. Seperti yang tercantum didalamnya 8.2.3.6 kontrak yang ditandatangani kedua pihak baik klub dan pemain.

Kemudian dari pihak La Liga merespon segera pernyataan ayah Messi tersebut. Mereka tetap mempertahankan tentang klausul pelepasan Messi sebesar 700 juta euro. Keputusan itu masih valid dan mengatakan jika interpretasi Jorge Messi terlalu kejauhan.

“Klausul 700 juga memang benar-benar ada dan valid, interpretasi mereka menganai kontrak itu didekontekstualisasikan terlalu jauh dari literalitas kontrak yang telah mereka lakukan,” tulis La Liga di akun resminya.

Tidak lama kemudian, mucul pemberitaan dari media Argentina. Tepatnya TyC Sports mengklaim jika mereka mendapat informasi ekslusif mengenai keputusan Lionel Messi untuk bertahan di Barcelona hingga 2021.

Berita sebenarnya akhirnya muncul tepat pukul 18.00 waktu Spanyol. Lionel Messi secara resmi mengumumkan jika dirinya bertahan di Barcelona hingga 2021 secara eksklusif kepada Goal.com.

Walaupun begitu, Messi menyampaikan secara terbuka blak-blakan jika dirinya tidak menyukai Bartomeu. Keputusannya memang menjadi keterpaksaan sebab dirinya merasa tidak betah berada di Barcelona namun ia memilih tetap bertahan selama satu musim lagi.

“Saya telah berbicara kepada klub, terutama bersama presiden, jika saya akan keluar. Saya berbicara mengenai hal ini sepanjang tahun,” ungkap Messi kepada Goal.

Messi merasa yakin jika klub saat ini membutuhkan lebih banyak pemain muda berbakat, para pemain baru tepatnya. Ia juga berpikir waktunya berada di Barcelona sudah berakhir dan ingin mengakhiri karirnya sesegera mungkin. Pengakuan mengejutkan juga muncul saat ia mengatakan bahwa dirinya menjalani musim yang sulit.

Messi merasa berat dan sulit disetiap latihan, ketika bertanding bahkan di ruang ganti. Sehingga dirinya memiliki pertimbangan baru, tujuan baru dan udara baru. Keputusannya untuk keluar dari Barcelona rupanya bukan karena hasil Liga Champions saat berhadapan dengan Bayern Munchen. Namun ia telah memikirnya sejak lama.

Messi mengatakan kepada presiden hingga akhir musim ini, namun kenyataannya saat ini ia belum bisa melakukannya. Keputusan Lionel Messi untuk tetap bertahan bersama klub Blaugrana selama satu musim dianggap paling tepat. Setelahnya ia bisa hengkang dari Barcelona dengan cara yang ia inginkan sendiri.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments