Thursday, February 2, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga IndonesiaPSSI Sambut Jadwal Baru Piala AFF 2020

PSSI Sambut Jadwal Baru Piala AFF 2020

Piala AFF 2020 akan segera digelar bulan April 2021 nanti. PSSI sangat anusias dengan kabar tesebut dan berharap Timnas Indonesia bisa keluar sebagai pemenang.

Pengumuman ini diterbitkan melalui rilis resmi pada hari Jumat (25/9/2020). Dengan waktu yang relatif panjang ini, semua tim dan pihak terlibat diharapkan bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa tampil impresif.

PSSI juga menyambut baik hal tersebut. Ada waktu yang lebih banyak bagi Timnas Indonesia untuk mempersiapkan penampilan di lapangan menjadi yang terbaik.

“Setelah ada pengumuman tersebut, kami berharap Timnas bisa mempersiapkannya sebaik mungkin, apalagi kami berharap pasukan Shin Tae-yong bisa juara di kompetisi tersebut,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam rilis federasi.

“Sekarang, kami tinggal menunggu jadwal terbaru untuk sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Piala Asia U-19 di Uzbekistan, dan Piala U-16 di Bahrain yang katanya akan diselenggarakan awal tahun 2021,” ujarnya menambahkan.

Setelah mengumumkan waktu penyelenggaraan, Piala AFF 2020 masih akan menggunakan format sebelumnya. Pada edisi 2018, Timor leste adalah tim yang dikecualikan dari permainan dua laga kandang dan dua laga tandang pada fase grup.

Format dua leg kandang-tandang juga akan diberlakukan pada babak penyisihan semifinal dan final. Namun, format turnamen di Piala AFF kali ini belum ada keputusan resminya, melainkan masih berupa rancangan dan ekspektasi saja.

“Kami berharap pemain bisa tetap disiplin, semangat, dan bekerja keras untuk memberikan performa terbaik untuk Timnas Indonesia,” ucap Iwan Bule, sapaan Mochamad Iriawan.

Sejak ikut serta di kompetisi Piala Tiger pada 1996, Timnas Indonesia belum pernah keluar sebagai pemenang Piala AFF. Dari 12 kompetisi yang diikuti, Timnas Indonesia berhasil keluar sebagai semifinalis alias runner-up sebanyak lima kali.

Piala AFF 2020 Akan Segera Dimulai April Nanti

Setelah sebelumnya ditunda, AFF akhirnya menerbitkan jadwal terbaru Piala AFF 2020 yang akan digelar pada 11 April hingga 8 Mei 2021 nanti.

Tidak hanya itu, AFF juga berencana akan melangsungkan turnamen ini dengan format penuh persis seperti edisi-edisi sebelumnya. Format pertandingan kandang-tandang akan tetap diberlakukan AFF.

“Kami sangat bersyukur adanya dukungan positif dari para Asosiasi Anggota, sehingga penentuan waktu yang tepat bisa segera diterbitkan untuk menyelenggarakan turnamen yang sangat dinanti-nanti ini,” kata Presiden AFF Khiev Sameth dalam rilis resmi.

Sistem pertandingan sebelumya sudah dihapus. Sejak edisi 2018, sistem tuan rumah untuk fase grup dihapus AFF. Untuk altenatif lainnya, setiap tim kecuali Timor Leste akan bermain dalam dua laga kandang dan tandang pada fase grup.

Sementara itu, babak penyisihan semifinal dan final akan diselenggarakan dua leg. Sistem tersebut kabarnya akan diterapkan pada kompetisi Piala AFF tahun depan meskipun kemungkinan besar kompetisi akan dilagsungkan dalam masa pandemi Covid-19.

Pada awalnya, AFF mengubah format tersebut dan memilih Vietnam sebagai tuan rumah Piala AFF yang sebelumya akan diselenggarakan pada 23 November-31 Desember 2020. Karena situasi yang tidak memungkinkan, Vietnam mengundurkan diri karena adanya gelombang ke dua Covid-19, sehingga AFF terpaksa menunda Piala AFF 2020 menjadi tahun depan.

“Kami tahu bahwa pandemi Covid-19 ini belum surut. Tapi kami optimis kompetisi bergengsi ini akan diselenggarakan dengan format penuh karena kami sangat ingin menampilkan yang terbaik untuk melangsungkan ajang sepakbolan terbaik di kawasan ASEAN tahun depan,” ujar Khiev Sameth menjelaskan.

Sejak adanya pengumuman ini, AFF berharap semua pihak yang terlibat bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Apalagi bisa dibilang ini adalah waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan semuanya.

“AFF juga berharap dengan adanya pengumuman ini, perencanaan untuk mitra komersial kami akan semakin jelas dalam kondisi yang sedang gawat ini, termasuk sponsor dan penyiar media,” katar Khiev Sameth asal Kamboja.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih pada semua pendukung, pelatih, pemain, petugas, media, sponsor, dan mitra lain. Dengan adanya dukungan dan komitmen mereka di tengah pandemi seperti ini, kami sangat berharap Piala AFF bisa dijadikan sebagai pemersatu seluruh Asia Tenggara saat nanti kita bisa berkumpul lagi,” ucapnya mengakhiri pernyataan seputar jadwal teranyar Piala AFF 2020 itu.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments