Tuesday, January 31, 2023
No menu items!
Google search engine
HomePiala DuniaMomen Besar Dunia Sepak Bola di Tahun 2022

Momen Besar Dunia Sepak Bola di Tahun 2022

Momen Besar Dunia 2022 telah berlalu dan begitu banyak sepakbola terjadi dalam 12 bulan. Bahkan, dengan puncak Piala Dunia 2022 di Qatar, tahun 2022 bisa disebut sebagai tahun sepakbola. Virus corona 2022 masih ada di seluruh dunia, tetapi bukan lagi pandemi karena manusia telah beradaptasi dengannya. Tidak diragukan lagi kehidupan akan kembali normal dan masyarakat sudah tahu apa yang harus dilakukan jika terpapar Covid – 19. Menanti tahun 2022 lalu dan menyambut tahun 2023, BolaSkor merangkum tujuh momen besar sepakbola dunia di tahun 2022:

Juara Baru Afrika

Piala Afrika 2021 akan diadakan di Kamerun dari 9 Januari hingga 6 Februari 2022. Di turnamen ini telah muncul juara baru yaitu timnas Senegal binaan Aliou Cisse yang beranggotakan pemain – pemain seperti Sadio Mane, Kalidou Koulibaly dan Edouard Mendy. Senegal menghadapi Mesir yang diperkuat Mohamed Salah di final yang digelar di Stadion Olembe. Pertandingan itu tanpa gol dalam waktu reguler, dengan Senegal menang 4 – 2 melalui adu penalti. Diketahui bahwa Mesir telah tujuh kali menjuarai Piala Afrika dan menyandang status raja Piala Afrika.

Status Paten Raja – Raja Eropa

Pada Mei 2022, final Liga Champions UEFA musim 2021 – 2022 akan diadakan di Stade de France di Prancis, dengan pertandingan antara Liverpool dan Real Madrid. The Reds bertarung di empat laga berbeda, sementara Real Madrid juga bertarung di La Liga. Laga tersebut disaksikan oleh penonton dan stadion dipadati suporter untuk pertama kalinya sejak final 2019, yang keduanya terkena dampak pandemi virus corona. Pada menit ke – 59, Vinicius mencetak satu gol dan Real Madrid memenangkan pertandingan dengan skor 1 – 0. Madrid juga meraih status raja Eropa dengan 14 gelar Liga Champions UEFA.

Dominasi Manchester City

Manchester City terus mendominasi Inggris di bawah Pep Guardiola. Usai merebut gelar Liga Inggris pada musim 2020 – 2021, The Citizens kembali mempertahankan gelarnya pada musim 2021 – 2022, sekaligus menggagalkan impian quadruple crown Liverpool. Pasukan Merah memang sempat mengejutkan Manchester City, hingga laga terakhir yakni pekan ke – 38, selisih kedua tim hanya terpaut satu poin. Manchester City menang dengan 93 poin dari 38 pertandingan, sedangkan Liverpool mencetak 92 poin dari 38 pertandingan.

Akhiri Penantian Gelar Liga AC Milan

berumur 11 tahun. Itulah penantian panjang para fans AC Milan untuk menunggu tim kesayangannya kembali meraih gelar liga atau gelar Serie A. Di bawah arahan Stefano Pioli, semuanya akan menjadi kenyataan di musim 2021 – 2022. Rival lintas kota AC Milan Inter Milan dengan keras kepala melawan dalam pertarungan gelar liga, dan pada akhirnya selisih kedua tim hanya 2 poin.

Milan di peringkat pertama dengan 86 poin, dan Inter Milan di peringkat kedua dengan 84 poin. Kesuksesan Milan tak lepas dari peran penting Pioli dalam mempersatukan tim. Milan tidak mengandalkan satu pemain, terlihat dari daftar pencetak gol Serie A, tidak ada pemain Milan yang masuk sepuluh besar.

Era Baru Bagi Chelsea

Telah terjadi perubahan tak terelakkan dalam kepemilikan Chelsea menyusul bentrokan sengit antara Rusia dan Ukraina. Roman Abramovich, seorang pengusaha asal Rusia, terpaksa menjual klub tersebut pada Maret 2022 dan melepaskan Chelsea setelah 19 tahun. Pada Mei 2022, The Blues memulai era baru ketika pengusaha Amerika Todd Boehly membeli saham besar di klub. Boehly langsung merevolusi Chelsea dengan menggantikan Bruce Buck, Marina Granovskaia, Petr Cech, dan Thomas Tuchel.

Momen Besar Dunia Sepak Bola di Tahun 2022

Piala Dunia 2022, Timnas Argentina dan Lionel Messi

Qatar 2022 adalah anomali dalam sejarah Piala Dunia. Tak hanya menjadi yang kedua kalinya di Asia sejak Jepang dan Korea Selatan pada 2022, namun digelar pada November – Desember yang seharusnya masuk dalam jadwal Euroleague. Liga Europa “mundur” dan memasuki offseason selama Piala Dunia 2022.

Pada akhirnya, timnas Argentina menjadi juara untuk pertama kalinya sejak 1986, saat tim tersebut juga memiliki Diego Maradona. Setelah bermain imbang 3 – 3 di waktu normal, Albiceleste memenangkan trofi Piala Dunia ketiga mereka dengan mengalahkan juara bertahan Prancis 4 – 2 melalui adu penalti.

Kesuksesan timnas Argentina juga mengikuti kesuksesan menjuarai Copa America 2021, dan nama pelatih timnas Lionel Scaloni tercatat dalam sejarah sepakbola dunia. Tak hanya itu, Lionel Messi juga dipastikan akan bermain bersama para legenda sepak bola usai menjuarai Piala Dunia, melengkapi karirnya dengan menjuarai Liga Champions, La Liga, Ligue 1, dan tujuh Ballon d’Or.

Drama Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022

Momen Besar Dunia Sepak Bola di Tahun 2022
Momen Besar Dunia Sepak Bola di Tahun 2022

2022 berakhir dengan drama superstar Timnas Portugal Cristiano Ronaldo. Mulai dari wawancaranya dengan Piers Morgan yang sempat membuat heboh dengan menyinggung beberapa orang, hingga kontraknya yang dilepas oleh Manchester United, kemudian semuanya berakhir di Arab Saudi. Usai Portugal tersingkir di perempat final Piala Dunia 2022, Ronaldo menangis.

mereka khawatir karena di usia 37 tahun, dia mungkin akan mewakili Portugal di Piala Dunia untuk terakhir kalinya. Saat itu, Ronaldo masih berstatus free agent. Ronaldo akhirnya meninggalkan Eropa setelah berkarir selama 20 tahun setelah skandal yang banyak dibicarakan di sekitarnya, di mana dia menikmati kesuksesan besar.

Ronaldo dilaporkan telah menandatangani kontrak dengan klub Arab Saudi Al – Nassr dengan kontrak dua setengah tahun. Di sana, gaji tahunan lima pemenang Ballon d’Or mendekati 200 juta euro, menjadikan Ronaldo sebagai atlet dengan bayaran tertinggi di dunia. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments