Thursday, February 2, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga ChampionsManchester City Jadi Tumbal Lyon Lolos Ke Semifinal

Manchester City Jadi Tumbal Lyon Lolos Ke Semifinal

Akhirnya Lyon lolos ke semifinal berkat kemenangan setelah menghancurkan Manchester City. Klub asal Prancis tersebut berhasil menaklukkan Manchester City dengan skor akhir 3-1 dan melenggang ke babak semifinal.

Maxwel Comet berhasil membawa Lyon unggul lebih dulu di babak pertama. Kevin de Bruyne sempat mencetak gol penyama kedudukan di babak kedua. Moussa Dembele yang masuk sebagai pemain pengganti, langsung memborong 2 gol dan memastikan Lyon lolos ke semifinal.

Pertandingan yang dilaksanakan di Estadio Jose Alvalade, berjalan dengan tempo yang tidak terlalu tinggi. Manchester City tampak mendominasi jalannya pertandingan. Sedangkan Lyon tampak seperti mengandalkan serangan balik cepat.

Manchester City yang tampak menguasai jalannya pertandingan, terus menekan barisan pertahanan Lyon. Namun sayangnya mereka tampak sangar kesulitan dalam menciptakan kesempatan dan mencetak gol. Pertahanan solid dan tangguh menjadikan Lyon sulit untuk di tembus.

Terus fokus dan bertahan dari serangan yang dilancarkan Manchester City tak membuat Lyon hanya terus bertahan saja. Berkat taktik ini, Lyon berhasil mencetak gol pertama di menir 24.

Toko Ekambi yang mendapatkan umpan dari pertahanan sendiri, berhasil menahan bola. Maxwel Comet langsung menyambar dengan tendangan melengkung dan masuk dalam ke gawang Manchester City yang dijaga oleh Ederson Moraes.

Wasit sempat memeriksa gol ini melalui VAR, karena wasit berasumsi bahwa Maxwel Comet berada di posisi offside terlebih dahulu sebelum menerima umpan. Namun hasil dari VAR juga tidak membuktikan bahwa Maxwel Coment berada di posisi offside. Posisi 1-0 untuk Lyon masih bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, keadaan masih tidak banyak berubah. Manchester City masih mengontrol permainan. Dominasi permainan Manchester City makin kuat dan intensitas serangan juga meningkat. Begitu juga dengan Lyon yang juga semakin memperkokoh barisan pertahanannya.

Melihat anak asuhnya tidak ada perkembangan dalam permainan, Pep Guardiola memutuskan untuk menarik Fernandinho di menit ke 56 dan digantikan oleh Riyad Mahrez. Pergantian ini juga diikuti dengan pergantian strategi Manchester City. Formasi yang awalnya dihuni tiga bek, kini menjadi empat bek.

Sejak masuknya Mahrez, serangan Manchester City menjadi lebih bervariasi. Hingga kesempatan untuk Manchester City datang dari tendangan melengkung Kevin de Bruyne pada menit ke 60, berhasil ditepis oleh Lopes, kiper Lyon. Kemudian enam menit kemudian, Kevin de Bruyne mencoba mengulang menciptakan peluang untuk membobol gawang Lyon. Namun usaha Kevin de Bruyne tersebut masih bisa di hentikan oleh Lopes.

Percobaan menjebol Lyon masih terus dilakukan oleh Manchester City. Namun gol tersebut baru datang pada menit ke 69. Gol tersebut bermula dari dribel Raheem Sterling yang berhasil melewati bek Lyon. Lalu memberikan umpan kembali ke belakang yang langsung disambar oleh Kevin de Bruyne. Akhirnya skor berubah menjadi 1-1.

Melihat Manchester City bangkit, Rudi Garcia, pelatih Lyon langsung melakukan tiga pergantian pemain. Bruno Guimare, Leo Dubois, dan Memphis Depay digantikan oleh Thiago Mendes, Kenny Tete, dan Moussa Dembele.

Sepertinya keputusan memasukkan Moussa Dembele adalah sebuah keputusan yang tepat yang telah diambil oleh Rudi Garcia. Baru tiga menit masuk, ia langsung memberikan dampak positif bagi tim dengan mencetak gol melalui skema serangan balik.

Dan sepertinya wasit masih tidak yakin dengan gol tersebut, wasit pun melihat tayangan ulang melalui VAR. Ada dugaan offside di proses serangan balik tersebut. Saat Aouar memberikan umpan, terlihat bola mengenai Toko Ekambi yang berada di posisi offside. Namun VAR tidak menyatakan offside. Karena menurut VAR tidak menyentuh Toko Ekambi dan Moussa Dembele menerobos masuk ke pertahanan Manchester City dari belakang, sehingga tidak offside. Dan skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Lyon. Harapan Lyon lolos ke semifinal kembali terbuka.

Di menit 85, Manchester City kembali mendapatkan peluang emas. Gabriel Jesus memberikan umpan mudah untuk Raheem Sterling yang sedang berdiri tidak terkawal di depan gawang. Umpan tersebut harusnya menjadi gol mudah, namun bola malah melambung tinggi.

Setelah gagalnya Sterling memanfaatkan peluang tersebut, Lyon langsung melakukan serangan balik. Moussa Dembele kembali mencatatkan namanya di daftar pencetak gol. Gol tersebut tercipta setelah tendangan Aouar berhasil di tepis Ederson Moraes dan bola muntah tersebut langsung disambar oleh Moussa Dembele.

Hingga akhirnya pertandingan berakhir dengan skor 3-1, dan membawa Lyon lolos ke semifinal. Dan Lyon juga sudah dinanti raksasa Bundesliga, Bayern Munchen di babak semifinal.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments