Wednesday, February 1, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga IndonesiaLatihan Timnas U-19 dari Shin Tae-yong Dianggap Berat

Latihan Timnas U-19 dari Shin Tae-yong Dianggap Berat

Latihan Timnas U-19 dari Shin Tae-yong Dianggap Berat – Shin Tae-yong memberikan sejumah materi latihan untuk skuad Garuda Muda untuk persiapan TC nanti. Kabarnya, latihan tersebut dianggap berat, salah satunya oleh pemain muda milik Borneo FC, Arya Gerryan.

Arya sebenarnya merasa enjoy saat berlatih bersama Shin Tae-yong. Menurutnya, latihan di Timnas Indonesia U-19 tidaklah semudah yang dibayangkan.

“Kami mengikuti latihan disini dan itu sangat berat. Bahkan kami latihan sampai tiga kali sehari. Mau tidak mau, pemain harus mengikuti arahan dan peraturan latihan yang diarahkan langsung oleh Shin Tae-yong. Gimanapun juga, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Saya sendiri merasa tidak keberatan dengan latihan ini,” kata Arya seperti dilansir laman resmi Borneo FC.

Arya berharap masih bisa menjadi bagian dari timnas Indonesia U-19 dalam waktu yang lama. Apalagi tim Garuda Muda akan segera diberangkatkan ke Spanyol untuk melanjutkan program TC.

Pemusatan latihan Timnas U-19 ini juga diselenggarakan sebagai persiapan skuad Shin Tae-yong untuk berpartisipasi di ajang Piala AFC U-19.

Selain ajang Piala AFC, Timnas U-19 juga dipersiapkan untuk bergelut di ajang Piala Dunia U-20 2021. Untuk kali ini, Indonesia akan menjadi tuan rumahnya.

Pendapat Arya Gerryan Terkait Latihan Timnas U-19 yang Berat

Arya Gerryan menganggap latihan Timnas U-19 sangat berat. Meskipun demikian, striker 19 tahun itu tidak mempermasalahkan hal tersebut dan tetap menikmati suasana latihannya. Menurutnya, latihan fisik yang diberikan oleh pelatih Shin Tae-yong bisa membuat pemain menjadi lebih kuat, baik secara fisik maupun mental.

“Latihan yang diberikan tidak main-main dan kami sebagai pemain harus nurut apa-apa saja yang diperintahkan oleh pelatih. Meskipun tidak mudah, latihan ini pasti bisa membuahkan hasil,” ujar bintang muda Borneo FC itu.

Arya dan pemain Timnas U-19 lainnya sudah menjalani latihan hampir satu bulan. Arya dan tiga rekannya dari Borneo FC, yaitu Komang Teguh Trisnanda, Pualam Bahari dan Fajar Fathur Rahman harus tetap latihan sampai 15 Desember mendatang karena masa latihan diperpanjang oleh PSSI.

“PSSI sudah memberikan kabar terkait perpanjangan masa pemusatan latihan empat pemain Borneo FC. Kami tentu merasa bangga karena pemain kami masih diandalkan dan terus mendapat latihan di tengah masa latihan klub yang belum diselenggarakan,” tutur manajer Borneo FC, Farid Abubakar terkait perpanjangan izin latihan Timnas U-19.

Keberangkatan Timnas U-19 ke Spanyol merupakan persiapan untuk menghadapi ajang Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan. Selain itu, mereka juga dipersiapkan untuk barpartisipasi di Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Shin Tae-yong Perdana Pimpin Latihan Timnas U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong langsung memimpin latihan Timnas U-19 pada, Sabtu 12 Desember 2020, setibanya ia dari Korea Selatan. Menurutnya, pemain harus berlatih lebih serius dan keras lagi agar bisa mempersembahkan hasil terbaik di Piala Asia U-19 awal tahun depan.

Di latihan perdana ini, tim pasukan Shin-tae-yong mendapatkan materi internal game di Lapangan D (Panahan), Senayan, Jakarta. Sebanyak 33 pemain kemudian dibagi ke dalam dua grup, yaitu tim baju warna biru dan ungu.

Pemain terlihat sangat antusias, dan bekerja keras dengan tempo permainan yang tinggi. Bahkan tidak sedikit pemain yang mengalami cedera ringan, sehingga mereka harus ditangani tim medis di pinggir lapangan.

“Saya sendiri yang memimpin latihan perdana Timnas U-19. Suasananya tentu saja berbeda dibandingkan saat saya memantaunya secara virtual kurang lebih satu bulan kemarin,” kata Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan juga mengatakan bahwa masih ada yang harus dievaluasi dan diperbaiki dari penampilan pemain. Shin tae-yong akan memboyong anak asuhnya ke Spanyol untuk melanjutkan program pemusatan latihan berikutnya.

“TC kali ini masih banyak kekurangannya, khususnya pada fisik pemain. Fokus kami adalah gimana caranya agar fisik pemain tidak loyo. Kekuatannya harus meningkat. Selain fisik, mental dan performa mereka juga harus ditingkatkan,” tutur Shin Tae-yong.

Pemusatan latihan Timnas U-19 ditujukan sebagai rangkaian persiapan menghadapi ajang Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan. Selain ajang tersebut, Timnas U-19 juga akan diikutsertakan di Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Jadi, mereka harus dipersiapkan dari sekarang.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments